Friday, January 11, 2013

Miracle of Water: 7 Keajaiban Air yang Tidak Disadari



“Air adalah kekuatan pendorong dari seluruh alam.”
-Leonardo da Vinci

Sob… pernah nonton film box office yang berjudul “War of the Worlds”? Pemain utamanya itu Tom Cruise, Dakota Fanning, dan Justin Chatwin. Film ini sempat laris di tahun 2005 dengan pemasukan kurang lebih U$ 550 juta. Film ini menceritakan invansi sekelompok alien ke bumi, mereka menyerang dan menculik orang-orang di seluruh kota. Situasi saat itu carut marut, orang-orang dari seluruh kota berusaha mengungsi ke tempat yang aman. Para tentara negara kesulitan menghadapi alien yang bernama Tripod, pasukan tersebut malah dipukul mundur oleh para alien. Tidak ada teknologi yang ampuh untuk memusnahkan alien tersebut. Hanya satu yang dapat mengalahkan mereka. Air.

Dalam akhir film itu, alien berusaha mengisap mineral yang ada di bumi. Saat mereka menyedot banyak air, tiba-tiba badan mereka mengering, tidak terkendali, dan hancur dengan sendirinya. Sesuatu yang tidak diduga-duga, bahkan oleh penonton sekali pun, sebuah air dapat memusnahkan alien tersebut. Apa alasan sang sutradara memasukkan unsur air ke dalam film ini? Berikut komentarnya, bahwa ciptaan Tuhan yang paling kecil sekalipun mempunyai kekuatan untuk melindungi bumi. Dan manusialah yang mendapat hak, di antara organisme yang tak terbatas di planet ini, untuk menjaga segala hal yang terdapat di bumi ini.

Seperti air yang telah melindungi makhluk bumi dari serangan alien dalam “War of The Worlds”, begitu juga air yang telah memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita, juga semua makhluk di bumi ini. Tanpa kita sadari atau tidak, air selalu memberikan dampak positif untuk penerimanya.

Penelitian menyebutkan, manusia hanya dapat bertahan hidup hanya 3-5 hari saja,
bila tidak mengkonsumsi air. Karena setiap harinya manusia kehilangan cairan
hingga 1,5 liter per hari.

Air Mempunyai Jiwa
Dalam buku The True Power of Water, Masaru Kinomoto sang penulis melakukan riset dengan menuangkan air yang sama ke dalam 2 gelas. Gelas pertama diberi label “Terima Kasih” (tulisan dengan kata positif) dan gelas kedua diberi label “Kamu Bodoh” (tulisan dengan kata negatif). Hasil yang diperlihatkan adalah air dalam wadah yang diberi label dengan kata positif memberikan bentuk kristal yang lebih indah dari pada air dalam wadah yang diberi label dengan kata negatif. Sama seperti manusia, air juga memiliki jiwa. Bila selalu berpikir positif, hidupnya akan lebih indah dan tenang, dibanding bila selalu berpikir negatif, yang akan membuat hidup tidak tenang.

Air dari Langit
Air tidak egois. Ia selalu berguna untuk yang menerimanya. Saat ia diturunkan dari langit, air selalu jatuh dan menyebar ke tempat yang membutuhkannya. Tanah yang mendapatkan air akan menghasilkan air tanah yang berfungsi menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air untuk kepentingan rumah tangga maupun industri. Tanaman yang mendapatkan air akan menghasilkan H dan O2 dalam fotosintesis, mempertahankan suhu, pemacu respirasi, dan sebagainya.  Air yang turun ke bumi, akan mengalir menuju laut, hingga menguap kembali menjadi hujan.
sumber: hdw.eweb4.com
Air adalah Kekuatan
Setetes air tidak berpengaruh untuk makhluk hidup, tapi setetes air dapat menghancurkan sebuah batu. Begitu kuatnya benda cair ini, hingga dapat menghancurkan benda padat dengan tetesannya. Kekuatan air yang besar dapat menggerakan sebuah pembangkit listrik (PLTA). Sebuah kumpulan air dengan dorongan gelombang permukaan dan hembusan angin, menghasilkan ombak di pantai. Kumpulan ombak akan menghasilkan tsunami, yang dapat meluluhlantahkan sebuah kota (Aceh, Desember 2004).
 
Air Bersih
Di zaman yang modern ini, sangat miris bila mengetahui bahwa ketersediaan air bersih menjadi masalah di setiap kota di dunia. Ada yang meramalkan tahun 2025 akan menjadi kiamat air bersih di dunia. Cukup mengherankan bahwa makhluk hidup: manusia, hewan, dan tumbuhan, hanya manusia yang sangat memerlukan air bersih untuk keberlangsungan hidupnya. Air bersih yang dimaksudkan itu tidak berwarna, tidak berbau, tidak mengandung bakteri, dan sebagainya. Artinya aman dikonsumsi oleh manusia. Karena manusia yang paling membutuhkan air bersih, maka ada baiknya manusia jugalah yang menjaga, menghemat, dan melestarikan ketersediaan air bersih di bumi.

Air itu Menyehatkan
“Minumlah air 8 gelas sehari”, “Rajin-rajin minum air yang banyak”, “Minum air yang banyak setelah makan, minum obat, atau sehabis berolah raga.” Mungkin kalimat-kalimat di atas sudah tidak asing di telinga kita. Yup, orang sehat harus banyak minum air putih. Untuk orang sakit, selain obat, penyakit juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi banyak air. Tubuh memerlukan 2-3 liter per hari untuk melarutkan zat-zat yang diserap dalam tubuh dan mengeluarkan zat yang tidak berguna untuk tubuh. Begitu banyaknya manfaat positif air untuk tubuh kita. Konsumsilah air yang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Selain fungsinya untuk kelangsungan hidup, air sangat penting untuk organ-organ
dalam tubuh agar bisa bekerja dengan baik.

Air Ada Di mana-mana
97% permukaan bumi adalah air. Yang artinya, kita selalu berada di dekat air dan tidak dapat dipisahkan dalam perjalanan hidup ini. Makhluk hidup di bumi akan selalu di dampingi oleh salah satu keajaiban ciptaan Tuhan, air, hingga kapan pun dan tak akan pernah habis. 

Hari Air Sedunia
Hari Air Dunia direkomendasikan oleh PBB di Konferensi tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED) tahun 1992 di Rio de Jenero, Brazil. Majelis Umum PBB menyetujuinya dan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai Hari Air Dunia pertama kalinya. Dan pada 22 Maret 2013 mendatang, Hari Air Dunia akan mengangkat tema “Water Cooperation” atau “Tahun Kerjasama Air Internasional”.

Begitu banyak kebaikan yang diberikan oleh sebuah air untuk kehidupan kita, yang sepertinya bila ditulis akan menjadi sebuah buku yah :) Semoga kisah tentang air di atas dapat memberikan inspirasi untuk kita semua, agar lebih menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam ciptaan Tuhan yang tak terbatas ini dengan sebaik-baiknya.
Terima kasih.

 “Semua air memiliki memori yang sempurna
dan selamanya mencoba untuk kembali ke tempat itu.”
-Toni Morrison

Tulisan ini saya sertakan dalam kontes Blog:   
"Anugerah Jurnalistik Aqua 2012"
Anugerah Jurnalistik Aqua 2012

3 comments:

  1. Replies
    1. Oke Gan... silakan. Cantumkan sumber link-nya yah =)

      Delete
  2. tolong di koreksi kembali nama sang penulis the tru of water

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)