Saturday, April 12, 2014

Pengalaman Kuliah di Kelas Karyawan Mercu Buana

Halo readers... apa kabar? Lama tak nulis lagi di blog ini, hehehe. Kira2, ada kali 1 tahun lebih ga nulis pribadi di blog ini. Harap maklum dan terima kasih aja deh, soalnya lagi sibuk kerja dan kuliah, hehehe. Oke deh, tanpa banyak apologies, gw akan nulis pengalaman gw kuliah di Program Kelas Karyawan Mercu Buana, atau yang biasa disebut PKK UMB :). Sekadar sharing pengalaman dan info buat temen2 yang dari D3 mau lanjut S1.

Jadi gini bro ceritanya.... gw lulusan tahun 2010 jurusan D3 Jurnalistik. Emang dari awal niatnya lanjut S1 Ilmu Komunikasi. Nah, berhubung ga ada duit, akhirnya gw kerja dulu, sambil cari2 info tempat lanjut S1 (Malu dong, mau sampai kapan kuliah dibayarin ortu, he-he-he). Pas duit udah terkumpul lumayan banyak, akhirnya gw cari2 info tempat ekstensi S1 FIKOM. Nah, ketemulah Mercu Buana. Semua infonya jelas, baik di brosur, web, dan Facebook. FB-nya juga aktif menjawa pertanyaan2 kita semua. (Ke depan gw baru tahu kalo ekstensi S1 FIKOM bisa di UP, InterStudy, Moestopo). Yang gw tulis ini, biaya kuliahnya ga terlalu mahal dibanding kampus2 yang udah punya nama, plus kuliahnya malam dan Sabtu Minggu.

Rumah gw Depok. UMB ada di Meruya-Jabar (Pusat), Menteng-Japus, Depok, dan Bekasi. Dan kita bisa mendaftar di kampus mana pun. Gw daftar di Depok, berharap bisa kuliah di Kampus Depok. Tapi apa daya, Kampus UMB Depok, termasuk gedung baru. Dan tempat kuliahnya Mahasiswa S1 & S2 Manajemen. Akhirnya gw milih Kampus Bekasi. Kata Penerimanya sih, FIKOM ada di sini. Eh ternyata, pas briefing kuliah, dikasih tahu dosennya kalo FIKOM cuman ada di Meruya dan Menteng. Dan jurusan Broadcast (yang gw ambil) cuman ada di Meruya, huff :(. Jadilah NIM gw ga terdaftar di Meruya. Dan gw harus bolos 1 hari kuliah cuman buat ngurusin NIM gw yang dikonversi dari UMB Bekasi ke Meruya T__T

Secara garis besar, di UMB ada 6 Jurusan. Semua bisa dilihat di brosur, hehehe. Di Fikom, ada 4 Prodi: Penyiaran, Periklanan, Markom, dan Public Relations. Untuk yang dari D3 ke S1, sks kita akan dikonversi di sini. Umumnya, lanjut 1,5 tahun dari Prodi yang sama, 2 tahun dari Jurusan yang sama, dan 2,5 tahun dari non-prodi atau non-jurusan yang diambil. Pembayaran kuliah di UMB termasuk fleksibel, kita bisa mencicil sampai lulus loh. Dan tiap semester, UMB selalu buka kelas, ini yang membuat UMB dan PKK-nya selalu penuh dengan mahasiswa baru. Menurut gw ini keunggulan UMB dibanding Kampus2 lain.

Untuk kuliah, di brosur tertulis PKK boleh ambil Senin-Jumat malam, atau Sabtu-Minggu seharian. Nah, di sini banyak para mahasiswa baru yang kecewa dan memutuskan untuk berhenti. Kenapa? Karena PKK pasti kuliah di hari biasa malam (tapi ga tiap hari) dan kuliah tiap hari Sabtu-Minggu. Tapi untungnya, kuliah yang di hari Senin-Jumat itu, dinamakan kuliah "E-Learning" atau online. Jadi, selama satu semester, mahasiswa cuman Tatap Muka di kelas selama 5 kali aja, sisanya online. Kelas ini sangat membantu gw banget dan para karyawan yang sudah cape kerja 8-5 sehari-harinya, hehehe. Dan maksimal, kita cuman bisa ambil 3 kuliah E-Learning dalam seminggunya. Oh iya, kita cuman boleh absen 5 kali tiap mata kuliah.

Kurang enaknya kuliah di UMB... hhmmm.... pertama, jumlah mahasiswa yang buayak. Bisa sampai 50 >.< kebayang kan, ramenya gimana, harus kenalan satu2, dan lama pas baca absen. Kedua, yang lulusan D3 digabung sama mahasiswa lulusan SMA, Mahasiswa Jurusan lain, Mahasiswa Profesional dibidangnya, dan Mahasiswa Senior (bapak2 atau ibu2 yang baru lanjut kuliah). Ketiga, lebih banyak teori dari pada praktik, bikin kita harus belajar sendiri atau nanya2 yang ahli. Dan terakhir, parkiran motornya yang ruame abis. Kalo mau pulang, antreannya mengular bro (parkir di UMB bayar loh), hal ini bikin banyak parkiran liar di luar kampus. Dah hampir setahun gw kuliah, baru itu aja sih nyebelinnya. Nanti kalo nemu, gw tambah lagi, hehehe.

Kalo kalian emang mau kuliah di UMB, kalo boleh saran, apa pun jurusan kalian dan di mana pun kalian tinggal, sebaiknya (sebaiknya loh), pilih kuliah di Kampus Mercu yang di Meruya aja. Karena ini Kampus Pusat, semua informasi bersumber di sini. Semua fasilitas lengkap, baik untuk praktikum, tempat futsal, basket, voli, manjat tebing, dan sepak bola lapangan besar, ataupun perpus elit serta kantin 2 lantai. Dan konon katanya, kalo kelas di kampus lain ga tercukupi kuotanya, mahasiswanya bakal digabung di Kampus Meruya. Dan di Meruya ini, sering banget ngadain acara dan jadi tempat shooting film. Jadi rutinitas di kampus ga monoton.

Oke deh, sekian pengalaman gw kuliah di Mercu Buana. Semoga bermanfaat.
Terima kasih sudah membaca. Salam sejahtera :)

=================================================================

UPDATE Oktober 2015

Pertama-tama gw ucapkan terima kasih kepada pembaca postingan gw ini yang udah nyampe hit 4.000 ++! Ga nyangka, ternyata pengalaman gw ini mendapat respon positif dari temen2 ^^

Untuk perkuliahan di Mercu mulai Semester Genap 2015/2016 dan seterusnya, kuliah untuk PKK hanya di hari Sabtu untuk Tatap Muka di kelas, dan Tatap Muka E-Learning di hari Minggu. Jam kuliah hari Sabtu di mulai dari pukul 7 pagi hingga selesai di pukul 10 malam. Kuliahnya pun dibagi menjadi Jalur Pagi dan Jalur Sore.

Dan good news-nya adalah, mulai semester ini juga Jurusan FIKOM UMB sudah Terakreditasi A loh. Jadi untuk lulusan semester ini dan seterusnya, di ijazahnya sudah tercantum huruf "A" :)


183 comments:

  1. sorry ka, gue mau nanya. emang di umb bekasi ga ada broadcast ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada... jurusan broadcast hanya tersedia di Kampus utama, UMB Meruya.

      Delete
  2. Ka gw mau tanya deh, itu kalo lu ada tugas kelompok brooadcasting itu gmna ?
    ribet atau tidak?
    dan tugas kelompoknya sering atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang namanya tugas udah pasti ribet bro, hehehe. Apa lagi kita kelas karyawan.
      Tiap matakuliah pasti selalu ada tugas individu dan kelompok. Makanannya shooting, shooting, shooting. Saran gw, cari temen2 yang terbaik dan bisa bekerja sama hanya pas tugas kelompok. Jadinya, semester2 depan lo sama mereka aja terus. Gud luck.

      Delete
  3. ohh gtu, biasanya kalo tugas-tugas kelompok gtu sering atau nggak? udh smester brapa lu ka?
    boleh mnta pin bb gk? mau tanya sputar broadcast.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung matakuliahnya sih... Rata2 1-3x tugas kelompok dalam 1 matkul. Ada yang tiap pertemuan tugas kelompok juga. Gw udah semester 3. Gw ga pake BB. Via email aja atau message FB.

      Delete
  4. Bang, di brosurnya gue baca kuliah bisa di hari sabtu atau minggu. Apa itu artinya kita bisa ngambil kelas satu hari di hari sabtu atau minggu aja?. Gue mau daftar di UMB dan gue kerja bisa nyampe 6 hari seminggu. Kalo kuliah satu hari di hari minggu misal, bisa nggak ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya bisa aja. Temen gw ada yang kaya gitu. Kuliah 1 hari full di hari Minggu atau Sabtu. Tapi yang perlu diperhatiin, mau ga mau, di semester depan lo harus ambil kuliah di hari itu. Karena matkulnya, harinya ga bakal berubah. Yah pandai2 lo atur waktu sih. Pas semester 1, kuliah dipilihin langsung sama TU-nya.

      Delete
  5. bang, mau tanya, gue mau ambil S1 Manajemen, kampusnya ada dimana ya? terus gue sempet baca2 di kaskus, katanya e-learning pun harus tetep dateng ke kampus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manajemen yah... kalo ga salah, kalo ga salah ini ada di Depok, Meruya, sama Menteng. Tapi coba tanya ke pusat aja. Jangan mpe salah kaya gw, hehehe.

      Kalo masalah e-learning, dalam 1 semester cuman tatap muka 4 kali dan 2 kali pas UTS dan UAS. Sisanya online. Meringankan banget bagi gw.
      Sukses selalu.

      Delete
  6. Assalamualaikum,bang mau tanya kerjanya shift ga? Ane kerja shift nih bang,pengen ngambil kuliah karyawan mercubuana,ada solusi ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum'assalam... gw ga kerja shift. Senin-Jumat. Kalo lo ada shift Sabtu-Minggu yang selalu ada, susah mas kuliah di Mercu. Karena justru hari2 itu kuliah umumnya. Temen gw ujung2nya yang kerja mpe Sabtu, dia harus pindah kerjaan dulu baru bisa lancar kuliah.

      Delete
  7. Kak mau nanya, tadi katanya kalo yg kuliah sabtu-minggu, itu juga ada jam kuliah di hari biasa ya?
    Jadi kalo pilih yg sabtu minggu aja, hari biasa juga tetep masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam kuliah hari biasa di jam 19:00-21:30. Tapi kuliah hari biasa itu e-learning. Jadi tatap mukanya cuman 5-6 kali per 1 semester. Sabtu-Minggu itu kuliah initi, yang hari biasa kuliah pelengkap, walaupun harus tetep diambil juga.

      Delete
  8. permisi gan jurusan apa aja sih yg kuliahnya di UMB Meruya alias pusat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PROGRAM SARJANA (S1)
      A. FAKULTAS TEKNIK
      a. Teknik Mesin (Akreditasi BAN-PT. B)
      b. Teknik Elektro (Akreditasi BAN-PT. B)
      Konsentrasi:
      - Teknik Elektronika
      - Teknik Telekomunikasi
      - Teknik Tenaga Listrik
      c. Teknik Industri (Akreditasi BAN-PT. B)
      Konsentrasi:
      - Teknik Industri
      - Manajemen Idustri
      d. Teknik Sipil (Akreditasi BAN-PT. A)
      Konsentrasi:
      - Struktur
      - Transportasi
      - Manajemen Konstruksi
      e. Teknik Arsitektur (Akreditasi BAN-PT. B)
      Konsentrasi
      - Teknik Arsitektur
      B. FAKULTAS ILMU KOMPUTER
      a. Teknik Informatika (Akreditasi BAN-PT. B)
      b. Sistem Informasi (Akreditasi BAN-PT. B)
      Konsentrasi:
      - E-Business
      - Teknologi Informasi
      - Komputer Akuntansi
      C. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
      a. Manajemen (Akreditasi BAN-PT. A)
      Konsentrasi:
      - Manajemen SDM
      - Manajemen Keuangan
      - Manajemen Operasional
      - Manajemen Pemasaran
      b. Akuntansi (Akreditasi BAN-PT. A)
      Konsentrasi:
      - Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
      - Sistem Informasi Akuntansi
      - Akuntansi Umum
      D. FAKULTAS SENI DAN KREATIF
      a. Disain Grafis dan Multimedia (Akreditasi BAN-PT. B)
      b. Disain Interior (Akreditasi BAN-PT. B)
      c. Disain Komunikasi Visual (Akreditasi BAN-PT. B)
      E. FAKULTAS ILMU KOMUNKASI
      a.Marketing Communications & Advertising (Akreditasi BAN-PT. B)
      b. Public Relations (Hubungan Masyarakat) (Akreditasi BAN-PT. B)
      c. Broadcasting (Akreditasi BAN-PT. B)
      F. FAKULTAS PSIKOLOGI
      a. Psikologi Umum (Akreditasi BAN-PT. B)

      Delete
  9. Assalamualaikum Bang,

    Kalau Psikologi adanya di kampus mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... Psikologi adanya di Meruya.

      Delete
  10. abang, bisa minta rincian biaya yang musti kita keluarin gak bang di UMB ini?
    Ane mau ngambil teknik informatika bang.

    Terimakasih banyak bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan langsung minta brosurnya ke nomor 08129677716. Karena tiap semester naik.

      Delete
  11. bang. kalo teknik industri & teknik sipil ada dmn bang? menteng ada ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... seperti yang saya tuliskan di atas, semua jurusan yang ada prakteknya pasti di Kampus Meruya (Pusat). Begitu juga teknik.

      Delete
  12. Klo bleh tau tiap smester biaya kuliah nya naik kisaran brapa bg??
    Oea nanti sertifikat/ijazah anak pkk ama reguler sama ga bg?? apa dibedain??
    trus masalah jmputan klo jam 19.00 -21.30 itu ada jmputan juga g?
    Mslah nya ane dari tangerang ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk semester ini:

      1. Uang Pangkal: Rp. 11.500.000,-
      - Uang Pangkal ini dapat diangsur sampai 36 kali dalam waktu 36 bulan
      - Pembayaran Minimal Pertama Rp. 2.000.000,-
      - Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 525.000,-

      2. Uang Kuliah: Rp. 6.660.000,-
      - Uang Kuliah sudah termasuk uang sks (18 sks), uang ujian, dan praktikum
      - Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)
      - Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 140.000,-

      Ada, tapi trayeknya gw kurang paham. Ribet dah, jangan andalin bus kampus hehe. Anak Mercu Meruya banyak kog yang dari Tangerang.

      Delete
  13. dapet almamater gitu gitu ga sih bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet kok bro. Almamater warna merah sama KTM.

      Delete
  14. Mas, akreditasi institusi (bukan akreditasi prodi) universitas mercu buana apa ya ? soalnya saya cek di BAN-PT ga ada ? Terima Kasih

    ReplyDelete
  15. halo kak..
    ngelanjutin d3 ke s1 yang beda jurusan itu konversi mata kuliahnya gimana ya kak?.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dikonversi cuman mata kuliah umum aja, seperti agama, kewarganegaraan, komputer, dll.

      Delete
  16. mohammad bayu harkie nugrohoAugust 31, 2015 at 4:45 AM

    bro gw kok ngambil broadcasting bisa bisa aja di bekasi?apa udah ada ya jurusan broadcasting di bekasi?bekasinya yg di kranggan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bro... menurut info emang tahun ini udah ada jurusan broadcast di Bekasi, karena studio Mercu TV dibangun di situ. Asik deh. Padahal yang Bekasi deket rumah gw, hehehe. Sukses yah bro!

      Delete
  17. Kak numpang tanya kalau psikologi adanya dikampus mana?satu lagi nih mau nanya kan bisa dicicil bulanan terus ada tulisan dibrosur yg 6.660 !jadi bayar bulanan sama semester juga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti ada di Meruya. Kalo ga salah, di Menteng juga ada deh. Iya, uang pangkal bisa dicicil per bulannya maksimal 36 bulan. Nanti semesternya otomatis juga dicicil per bulannya.

      Delete
  18. Bro mw nanya... Pendaftaran utk angkatan berikutnya kapan yah? Soalnya kmrin2 telepon ga ada yg angkat... Saya minat ambil jurusan manajemen S1 di kampus menteng ada kn yah? Rencana mw ambil sabtu minggu.. Soalnya sbtu mngu lbur kerja... Kl hari biasa itu emg jam brp bro kuliahnya? Tku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembukaan pendaftaran Angkatan 28 dibulan Oktober 2015 - Februari 2016, perkuliahan dimulai bulan Maret 2016. Kalo Manajemen itu kayanya ada deh di Kampus Menteng. Hari biasa kuliah mulai jam 19:30-22:00. Tapi ga setiap hari kok.

      Delete
  19. Bang, saya mau masuk kelas karyawan UMB .. emng sabtu-minggu masuk yaa.. klo sabtu gak masuk bisaa gk yaa soal'a saya kerja sampe sabtu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah peraturan baru bro... kuliah hanya hari Sabtu. Minggu hanya untuk kuliah online (3 di kelas, UTS, UAS, sisanya kuliah via internet).

      Delete
  20. Gan tanya dong. Kenapa dimercu tiap semesternya dibatesin cuma bisa ambil maksimal 19sks ya? Kan kalo lebih bisa lebih cepet lulusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... sory bro, gw ga tahu. Ini rahasia perusahaan, hehehe. Mungkin diakibatkan jumlah dosen yang tidak sebanding dengan jumlah mahasiswanya (mungkin loh :)

      Delete
  21. Kak mau tanya dong kuliah elearning itu gimana si ? Kalau misal 4 semester udh elearning kalau mau ganti kuliah biasa gimana ? Bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliah e-learning itu kuliah online. Jadi nanti dalam 1 minggu, dosen ngasih materi berupa word atau ppt. Ada kuis dan tes yang harus dikerjakan dalam minggu itu. Ga perlu 4 semester, di semester 2 kamu udah bisa milih2 kuliah kok, mau ambil berapa e-learning, mau ambil berapa kuliah biasa.

      Delete
    2. Bang saya mau tanya nich saya rencananya mau kuliah di UMB tapi saya dari luar jawa tepatnya di palembang...di umb ada gak yg formalitas untuk mahasiswa luar jawa untuk kuliah 1 bulan 1x atau 2x aja sisanya e-learning soalnya klu PP palembang - jakarta klu tiap minggu besar bgt ongkos PPnya? tq bang infonya

      Delete
    3. Wah... ga bisa mas. Sebaiknya cari kampus di sekitar daerah mas. Karena kuliah di Mercu masih ada tatap mukanya, seperti kuliah2 inti, praktek, dan ujian. Apa lagi pas skripsi, harus sering2 ke kampus :)

      Delete
  22. Waahhh thank you banget nih kak artikelnya pas bgt sama apa yg gue cari huehuehue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sep deh... semoga bermanfaat yah. Tapi ada beberapa update baru tentang perkuliahan. Di cek lagi yah :)

      Delete
  23. Kak klo kuliah elearning itu apakah musti online pas jam yg telah ditentuin???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga kok. Dalam 1x pertemuan dikasih waktu 1 minggu full (dari Senin-Minggu) mahasiswa harus online dan isi forum. Lewat dari itu diitung tidak masuk (tidak diabsen).

      Delete
  24. Halo bang daniel, boleh minta email/fb nya gak? Mau tanya2 nih tentang PKK UMB . makasih bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Via FB boleh... silakan add di FB: Ridoni Daniel. Nanti message aja :)

      Delete
  25. Gan maaf sebelumnya jadi anonim ckck
    Mau tanya itu bener satu kelas 50? Kirain kelas karyawan justru lebih sedikit, apa di mercu beda gan malah sebaliknya? Sebanyak itu feel ente gimana?

    Ane tertarik cuman tersangkut jumlah mahasiswanya. Maklum susah fokus kalo banyak gitu. Thanks gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... jangan salah bro, karyawan banyak juga yang pengen kuliah loh :) Minimal 30 mahasiswa, maksimal 50. Emang pastinya berisik bro kalo rame, apalagi untuk anak2 yang masih pada muda2 baru lulus. Saran gw, ikutin cara gw, duduk paling depan bro. Pasti konsen deh :) Semoga membantu.

      Delete
  26. Ka mau tanya, kalo mau kuliah kelas karyawan tahun depan pendaftarannya dibuka kapan ya? Trs yg bus mahasiswa itu gratis/bayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dibuka!
      – Gelombang I : 10 Oktober 2015 – 29 November 2015
      – Gelombang II : 30 November 2015 – 10 Januari 2016
      – Gelombang III: 11 Januari 2016 – 14 Februari 2016

      Catatan: Pendaftaran ditutup jika kelas sudah penuh
      Mulai Kuliah: 5 Maret 2016

      Bus mahasiswa gratis... kalo mau kasih ke sopirnya seikhlasnya juga boleh.

      Delete
  27. Maaf gan mau nanya.untuk tesnya sendiri itu formalitas apa tidak ya gan ane rencana nya mau ngambil yg reguler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Formalitas aja bro... tapi harus lulus, jangan nilai 50 ke bawah. Kalo ga lulus, diulang kok ^^

      Delete
  28. gan kalo menurut agan pascasarjana di UMB bagus gak? ada reviewnya gak nih? hehe lagi butuh rekomendasi nih. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... kurang tahu Gan. Kalo yang akreditasi A baru Magister Manajemennya. Tapi dari fasilitasnya sih oke, gedung sendiri, ruang sendiri, ga rame, dan ada coffe breaknya juga :)

      Delete
  29. gan mau nanya enakan kampus yg dimenteng apa meruya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan Meruya lah Gan. Lengkap. Kalo di Menteng bukan gedung sendiri soalnya.

      Delete
  30. Assalamu'alaikum. Gan gw mau nanya soal tesnya :D itu seputar pelajaran SMA kan? Masalahnya gw udah lulus hampir 4 tahunan dan baru bisa kuliah tahun besok T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... hahaha. Tenang aja, bukan pelajaran SMA kog. Cuman psikotest biasa. Ada itung2an dikit juga :)

      Delete
    2. Gan itu bener Maret dst udah kuliah beneran? Kirain Maret itu masuk cuma buat acara perkenalan atau apa gitu, lha ternyata udah mulai kuliah? Bukannya tahun ajaran barunya nunggu kelar Juni apa Juli gan?

      Delete
    3. Kalo di Mercu tidak ada tahun ajaran baru. Semester ganjil dan genap, masuk kuliah baru.

      Delete
  31. Assalamualaikum, maaf ka mau tanya itu pendaftaran 2016 cuma ampe februari aja atau nanti bulan-bulan agustus-september buka lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,

      Ya, sampe Februari aja. Karena Maret perkuliahan udah mulai. Betul, nanti bulan2 itu dibuka lagi.

      Delete
  32. Mau tanya.. klw broadcast d umb matkulnya bnyk praktek gak ya?
    Rmh sya d bekasi dn smbil kerja di sunter, mau ambil jurusan broadcast umb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung matkulnya. Kalo yang praktek, yah ada prakteknya beberapa kali dalam pertemuan. Kalo teori, yah teori semua.

      Delete
  33. Ka.. mau tanya.. jurusan broadcast klw d umb bekasi bagus gak?

    ReplyDelete
  34. Ka.. mau tanya broadcast yg d bekasi itu sma aja sma yg d meruya atau bagusan yg meruya ya?
    Klw mau broadcast mendingan yg kuliah senin-jumat atau yg sbtu e-learning ya??

    ReplyDelete
  35. absen maksimal 5 x kan ya ?
    masih berlaku atau udah berubah untuk kelas karyawan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, masih sama 5x. Absen 5x aja lo udah C. Kalo mau perbaiki, harus banyak nego sama dosennya.

      Delete
  36. owh jadi bukan tiap malme senin sampai jumat itu kita kuliah brangkat kampus ya bro,
    ngampusnya cm sabtu minggu aja gitu??

    ReplyDelete
  37. Kak mau nanya, kalo misalkan nih kita pindah dari kampus A ke kampus UMB bisa gak sih? terus biaya kuliah kaya di kampus depok, kampus bekasi sama ga sama kaya di kampus pusat? Soalnya kan fasilitasnya beda gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja Gan, asal jurusan lo ada di kampus2 selain A. Biaya kuliah mah sama semua.

      Delete
    2. Mau tanya juga, yg berhubungan dengan Mahasiswa pindahan, kira2 tes tertulisnya mengenai apa ya? saya tanya katanya penerimaan mahasiswa tergantung hasil tes tulis

      Delete
    3. Tes tulis beberapa psikotest dan hitung2an.

      Delete
  38. Makasih kk ridoni informasiX., sy mau nnya kk, rencana sy mau daftar di UMB S1 Management kls karyawan tpi yg bwt pndaftaran d bln agustus-september 2016.,nah kira2 kpan udah bisa mulai daftar kk?? Saya takut klo gak buruan daftar ntar kelasX tutup lgi krn udah full., thanks before kk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini untuk semester berikutnya:
      Gel 3 : 8 Maret - 9 Mei 2016
      Gel 4 : 10 Mei - 4 Juli 2016
      Gel 5 : 5 Juli - 22 Agustus 2016

      Delete
  39. Selamat malam gan, mau tanya kan PKK mercubuana di hari sabtu saja, terus ada pilihan waktu juga ya,saya kan kerja sampai hari sabtu tapi sampai jam 13.00, jadi bisa kan saya ambil dari jam 14.30 sampai 22.00?

    ReplyDelete
  40. Malam gan, mau tanya kuliah di hari sabtu itu kan ada 2 pilihan ya? Bisa pagi bisa sore? Atau harus dari pagi sampai malam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hari Sabtu, 2 waktu untuk kuliah, Pagi dan Sore. Kalo mau ambil kuliah sore terus, silakan. Tapi di semester2 berikutnya juga harus ambil yang pagi.

      Delete
  41. Berarti bakalan susah ya gan, kalau harus sabtu pagi kayaknya gak bisa ini. Rencananya saya mau masuk teknik sipil gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari kuliah tempat lain aja bro... soalnya di Mercu emang fokus hari Sabtu untuk PKK. Hari Minggu udah ga boleh sama pemerintah buat kuliah.

      Delete
  42. Replies
    1. Sep deh. Terima kasih juga sudah meninggalkan jejak di sini :)

      Delete
  43. Assalamu'alaikum kak. Sebelumnya, perkenalkan. Saya anisa. Baru lulus SMK tahun kemarin. Insyaa Allah tahun ini mau ngelanjutin kuliah. Dan udah tertarik banget buat ambil PR. Waktu itu sempet dikirimin brosurnya sama Mercu Buana. Dan dari perincian harganya, itu bisa dicicil per-bulan ya kak. Di brosur yang baru, itu biaya nya 1.355.000 (udah termasuk cicilan uang pangkal, semester, sks, ujian, praktikum) Nah aku mau tanya dari pengalaman kakak selama di PKK ini, apa selain dari biaya tadi, bakal ada keluar biaya lagi / pungutan nggak kak? (Selain jajan dan buat beli buku)

    Rencana Saya mau ambil e-learning. Tapi kalau e-learning, dan kita mau nanya hal-hal yang kurang jelas, itu gimana kak? Apa harus menunggu tatap muka di akhir pekannya?

    Oh iya satu lagi kak, kalau dikemudian hari kita mau ganti waktu kuliah (mau ke kuliah malam) apa bisa kak?

    Sebelumnya maaf saya banyak bertanya. Semoga bisa menjadi jawaban untuk teman-teman yang lain.

    Terimakasih kak :)

    Jazakallah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Anisa... untuk kuliah udah ga ada pungutan biaya2 lagi kok, kecuali pas mau nyusun skripsi. Seperti tulisan saya di atas, TM dan e-learning satu paket. Kalo pas kuliah e-learning mau nanya, bisa pas TM atau message dosen yang bersangkutan. Ada fasilitasnya di situ. Bisa aja, yang ngatur kuliah kan kita tiap semesternya, mau pagi, siang, sore, atau malam. Terima kasih juga.

      Delete
    2. E-Learningnya ditentuin ngga kak jam-jam nya ? soalnya aku kan kerjanya tiap hari lembur sampe jam 8 an. kira2 gimana ? Thankyou kak.

      Delete
    3. Engga kok, bisa isi kapan aja. Tenggat waktunya 1 minggu per 1 pertemuan. Sep.

      Delete
  44. Halo mas Daniel. Salam kenal mas. Untuk jurusan arsitektur, kampus di menteng bisa gak ya? Terima kasih mas

    ReplyDelete
  45. hai ka bisa minta pin bb nya atau kontak yang bisa dihubungi?
    aku mau tanya2 sekitar broadcasting di umb , aku baru aja daftar kemarin.

    terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. PIN BB-nya via email aja kalo mau yah. Kirim emailmu sekarang.

      Delete
  46. Assalamualaikum mas daniel , saya mau nanya kalau diMB Depok itu hanya ada jurusan apa aja ya? Oya 1 lagi sekalian mau nanya tentang dftar diMB... Saya mau daftar rencananya nanti bulan juni/juli 2016 apa itu bisa masih bisa ya mas? terimakasih atas waktunya wassalam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... di Depok cuman ada Manajemen doang kalo ga salah.

      Ini untuk semester berikutnya:
      Gel 3 : 8 Maret - 9 Mei 2016
      Gel 4 : 10 Mei - 4 Juli 2016
      Gel 5 : 5 Juli - 22 Agustus 2016

      Delete
  47. Mas saya mau pindah kampus bisa gk yah ?
    Saya bru dftr kemarin, niatnya mau pake jmputan, emng gk bisa diandelin gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kog. Diurus dari sekarang aja, sebelum mulai perkuliahan. Jemputan ada jamnya dan cuman 1 bus doang per jamnya. Untuk jadwal busnya bisa dicek langsung di kampus.

      Delete
  48. Sistem informasi dimana mas?
    oiya kalau mau konversi jurusannya yg sama dari profesional ke umb gimana tuh ? Bisa gak ya
    perasaannya gimana kuliah e-learning, kan kalau ada yg ga ngerti gimana? Blajarnya juga gimana tuh langsung dikasih ppt, ga diajarin dulu lewat video call kayak binus gitu?

    thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya di Meruya deh. Atau coba cek di Menteng juga. Nanti matakuliah yang pernah diambil dikonversikan oleh pihak TU.

      Kalo ga ngerti bisa email dosen atau via message di-elearning. Nanti ada forum online untuk diskusi juga kog.

      Sep.

      Delete
  49. Mas ridho, mau tanya s2 nya tau ga mas? Ada kelas reguler tapi malem ga buat s2nya?

    ReplyDelete
  50. Oh ya gue mau tanya dong yg s1 kalo komunikasi ekstensi adanya dimana?menteng adakah?emangnya ekstensi konsep belajarnya e learning?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Menteng ada PR sama Markom. Kalo ekstensi kelas karyawan 60% Kuliah di kelas, 40% E-Learning.

      Delete
  51. Kak aku mau nanya kan aku mau lulus sma rencana mau kuliah sambil kerja,pagi kerja ,malem kuliah mau ngambil kelas karyawan tapi gak mau ngambil e learning ka .kelas malem gitu ada gak ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga mau ngambil e-learning kuliah reguler aja. Kalo kelas karyawan pasti ada e-learningnya.

      Delete
  52. Assalamu'alaikum kak, mau tanya PKK & e-learning itu sama ga sih? atau e-learning itu untuk kelas reguler? aku agak bingung, maaf.

    aku kerja shifting, sebulan pagi (senin-jumat : 7AM-3PM, sabtu : 7AM-1PM), sebulan siang (senin-jumat: 3PM-11PM, sabtu : 1PM-7PM). menurut kk, klo aku mau kuliah di mercu pilih sistem yang mana ya buat aku bisa sesuain sama kerjaan juga, like seriously mentok banget. mohon sarannya ya ka. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... PKK itu Kelas Karyawan. E-learning itu metode kuliah. Reguler ga ada E-learning. E-learning cuman buat kelas karyawan.

      Kalo kamu Sabtu kerja, mending jangan kuliah di Mercu. Karena kuliah Kelas Karyawan fokus dari pagi sampe malam kuliah.

      Delete
  53. Kak aq mau tanya misalnya semester 2 ambil jalur pagi nti semester 3 ambil jalur mlm bisa ga kk,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Untuk jadwal kuliah mahasiswa sendiri yang atur. Sep.

      Delete
  54. Assalamu'alaikum kak,
    mau tanya soal Bus jemputan, kalo malem itu efektif ga sih bus mercu ke bekasi?? soalnya pas kemarin daftar minta pagi...tp setelah pengarahan dan pembagian kurikilum malah disamaratakan kelas siang-mlm (jurusan desain dibuat malem semua)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... setahu gw bus Mercu terakhir sampe sore doang. Coba dicek deh dibagian Bus Mercu.

      Delete
  55. hai...
    mau tanya donk...)gw kan baru mau mulai kuliah tgl 5 ini di UMB.
    nah KRS gw dah di input di SIA. cm ada yg tdk gw ngerti istlah2 nya.
    kyak kode EL kan berarti e learning, nah ada juga kode CA,AA,ML,BA boleh di bntu menjelaskan kode2 itu apa artinya?Thanks before.

    ReplyDelete
  56. Wah... kurang tahu saya Mba. Ga merhatiin, yang penting kuliah aja dengan baik :D Selamat kuliah yah.

    ReplyDelete
  57. Kk kalau kelas reguler malem ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo reguler mah kuliahnya sama kaya mahasiswa pada umumnya kak.

      Delete
  58. di mercu nerima mahasiswa pindahan dari kampus lain ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nerima bro. Langsung aja urus di tempat pendaftaran yah.

      Delete
  59. Kak di mercu ada beasiswa ngga? Kalau ada rincian beasiswa yang seperti gimana? Thank you ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, tapi hanya untuk kelas reguler. Ga punya rinciannya. Langsung aja cek di kampus.

      Delete
  60. bang mau nanya ane kerja di restoran sabtu minggu susah libur ,bsa ga kliah di mercu ya,katany kan 1 semester mesti tatap muka 5-6 kali berarti dlm 1 bln mesti 1 kali tatap muka atau tatp mukanya seminggu sekali ?
    mohon pencerahanya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kuliahnya ga cuman e-learning, ada kuliah tatap muka juga di kelas. Seperti gw bilang, kalo Sabtu-Minggu masih kerja, lebih baik ga usah kuliah di Mercu, Susah nanti bagi waktunya. Mending cari kampus yang hari biasa kuliah malam.

      Delete
  61. Mercubuana yang Meruya ada kelas malamnya kok untuk FEB (Akuntansi dan Manajemen). Kuliahnya tiap malam dari jam 19:00 - 21:30. Sabtu selalu libur kalau Minggu untuk tatap muka elearning. Tatap muka itu dalam 1 semester hanya 4x pertemuan yaitu minggu 1, 2, 7, 15. Setiap haripun kuliah ngga full dari Senin - Jum'at. Contohnya aku.. Aku kuliah inti cuma Selasa - Kamis jam 19:00 - 21:30. Untuk Jum'at, Sabtu, Senin hanya kelas elearning jadi tatap mukanya seperti yg aku bilang tadi 4x dalam semester.

    ReplyDelete
  62. Hallo boleh minta alamat emailnya? Saya mau tanya2 tentang progam kk mercubuana. Atau bisa email saya di dessydera.natalia@yahoo.com thankyou

    ReplyDelete
  63. Mas mau nanya dong saya kan anak mercu kranggan juga jurusan penyiaran semester 5 nah rencananya mau pindah ke mercu meruya kira kira bisa ga ya? Ohiya boleh minta kontaknya ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow... kenapa mau pindah bro? Meruya jauh loh, hehehe. Bisa kog, urus aja langsung di TU Fikom Meruya yah. Gud luck.

      Delete
  64. Kalo di depok program study nya apa aja ya?

    ReplyDelete
  65. Kak Kalo kita (broadcast) ada praktek atau tugas itu pake alat sekolah atau alay sendiri? Terus fasilitas buat broadcastnya di mercu buana apa aja ka? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas kuliah bisa pake alat kampus atau pribadi. Kalo pake alat kampus, hanya di jam kampus aja dan ga boleh keluar dari kampus. Fasilitasnya banyak, ada lab editing, ruang mcr dan studio 2, lab komputer, ruang seminar.

      Delete
  66. Aku kerja selama sminggu 5 hari senin-jumat slma 8 jam dan dishift , prubhn shift slma seminggu ganti dan slma sminggu ada Longshift wajib(LS)... S1= 7.30 - 15.30. Abis S1 LS 1 Sabtu : 7.30 - 19.30 dan LS 2 Minggu : 19.30 - 7.30 S2= 15.30 - 23.30. Abis S2 LS 2 Sabtu : 19.30 - 7.30 S3= 23.30 - 7.30. Abis S3 Ls 1 Minggu : 7.30 - 19.30 otomatis klo abis S1 hari sabtu itu aku longsift dari jam 7.30 pgi ampe jam 19.30 mlm kan kls kuliah sore...dan abis S2 hari sabtu.a msuk Longshit mlem jam 19.30-7.30 jdi aph bisa klh d mercui???...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Sabtu masih kerja, mending ga usah kuliah di Mercu deh. Daripada nanti keteteran.

      Delete
  67. Kak mau nanya, kalo untuk kelas regular apa disediakan mess gratis kak ?

    ReplyDelete
  68. Kak saya mau tanya kalo umb yang di meruya ada prodi baru ya namanya digicomm?
    Trus kalo boleh tanya lagi mata kuliahnya apa aja ya kak soalnya saya cari di web umb blom ada trus akreditas digicomm apa ya?
    Mohon dijawab ya kak terima kasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada Prodi Digicomm. Baru rencana saja bro.

      Delete
  69. untuk prodi manajemen yang D3, bisa di kampus depok gak kak?

    ReplyDelete
  70. Kayaknya ga ada deh Gan. Setahu gw itu cuman S1 FEB. Tapi coba tanya ke Mercu untuk lebih pastinya.

    ReplyDelete
  71. halo mas bro, bgi info dkit dong.. emng klo dimercu absennya yg bolong 4 X apa 5 kali sih,, soalnya kata dosenya klo 5 x udah pasti E... padahal kan pas pnrimaan maba kmaren ktanya maks 5 x,, jadi bingung.# setau ane klo maks 5,, absen ke -6 bru dpat E, bkan bgtu mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu gw, 4x maksimal. 5 udah pasti E atau ga lulus. Mending lo coba diskusi sama dosen pas mau UAS, minta keringanan. Biasanya yang baik, ngasih kok.

      Delete
  72. Kak danil, mau tanya dong..
    PKK tatap mukanya 4kali dlm 1semster ya? Terus senin-jumat elearning kan?
    Thankyou,
    Katrin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. 4-5 kali kalo ga salah plus untuk UTS dan UAS. Durasi e-learning itu tiap pertemuan satu minggu kok.

      Delete
  73. Kak, mau tanya dong.. masih kurang paham aja sama e-learning..hehe
    Dalam 1semester kuliah tatap mukanya 4kali kan ya? Terus senin-jumatnya elearning. Ya kan???

    Thanks before yaa..

    ReplyDelete
  74. bro mau tanya, kalau kampus Bekasi ada program S1 reguler manajemen ga? terima kasih

    ReplyDelete
  75. Kurang tahu bro, Soalnya kampus baru. Coba tanya Mercu-nya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Ridhoni Daniel ! Aku anggit,
      Kemarin minggu (tepat tgl 7 agustus) aku baru mengikuti pelatihan elearning. Overall aku mengerti dari tata cara mengerjakan elearningnya. cuma masalahnya aku masih bingung untuk akun masuk ke situs elearningnya itu. Aku coba2 praktekin dirumah (buka situs elearning.mercubuana.ac.id)
      Aku coba sign in dengan NIM & password yg dipraktekin tadi ternyata gagal masuk :'v hehe..
      aku mau nanya aja kak daniel, Kalau untuk NIM dan passwordnya kita langsung dikasih pas briefing dikampus atau gimana ya ? atau pas briefing kita hanya diberikan NIM dan selebihnya kita mendaftar sendiri
      *sebenernya tadi mau tanya langsung ke dosennya tapi malah gak fokus karna saking banyaknya yg bertanya*
      Aku bener2 kebantu banget kalo kak daniel mau jawab..
      Thanks kak :)

      Delete
    2. Coba kamu masuk ke sistem utama di https://sso.mercubuana.ac.id/. Untuk mendapatkan username atau password adalah dengan cara menggunakan NIM sebagai username dan Tanggal Kelahiran sebagai password dengan format DDMMYYYY.
      Gud luck :)

      Delete
  76. Sore ka, mau nanyaa kalau baru lulusan smk bisa ga ambil kelas karyawan? Waktu itu ditanya sih bisa kalau smk. Terus saya sudah daftar tapi sampe saat ini belum dapat kerja, nah untuk surat keterangan kerjanya bisa nyusul ga ya? Mohon jawabnyaa ya makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Kayaknya ga perlu surat deh. Temen2 banyak yang lulusan sekolah, belum kerja bisa langsung kuliah kog. Semoga berhasil :)

      Delete
  77. Selamat siang mas, izin bertanya tentang waktu perkuliahan kelas karyawan di Umb, saya karyawan dengan pola kerja shift 2 hari kerja 2 hari libur, dngan 12 jam kerja, apakah memungkinkan untuk melakukan perkuliahan di umb dgn pola shift seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya, selama lo masih kerja shift di hari Sabtu, mending jangan kuliah di Mercu. Karena fokus kuliah Mercu di hari Sabtu, full dari pagi sampai siang.

      Delete
  78. Kak daniel, boleh minta alamat email kakak ga?soalnya aku mau tanya banyak tentang elearning..

    Thanku kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini alamat email gw: daniel.ridoni@gmail.com. Email aja yah.

      Delete
  79. assalamualaikum bang numpang nanya. selama kuliah diUMB meruya jurusan broadcast. kelebihan dan kekurangannya dari segi fasilitas dan pembelajarnya bagaimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, UMB Meruya fasilitas lengkap, tapi alat hanya bisa dipinjem di jam kuliah dan harus daftar 1-2 minggu sebelumnya. Jadi kamu ga bisa eksplore di luar kampus. Pembelajarannya baik2 aja kok, tergantung dosennya, ada yang seru, ada juga yang kaku. Semoga membantu.

      Delete
  80. Selamat Pagi kak. Maaf mau tanya, kalau di Kampus Bekasi ada prodi Manajemen kan ya ? Dan apa saat ini masih membuka pendaftaran untuk kelas PKK ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan yang ada di Kampus Bekasi adalah:

      Program Sarjana (S1):
      Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Public Relation, Marketing Communications, Visual Communication,
      Broadcasting, Design Graphis, Arsitektur, Design Interior, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro,
      Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi

      Pendaftaran udah tutup. Minggu ini udah kuliah perdana. Coba ambil pendaftaran tahun depan.

      Delete
    2. Ka daniel kalo tahun depan pendaftarannya bulan apa aja iya , makasih sebelumnya :)

      Delete
    3. Jadwal pendaftaran Angkatan 30 adalah :
      - Gelombang I : 8 Oktober - 27 November 2016
      - Gelombang II : 28 November 2016 - 8 Januari 2017
      - Gelombang III : 9 Januari - 12 Februari 2017

      Catatan : Pendaftaran ditutup jika kelas sudah penuh

      - Pembukaan dan Pengarahan Mahasiswa Baru : tgl 26 Februari 2017
      - Kuliah Perdana : 4 Maret 2017.

      Delete
  81. Info terbaru dari Mecu Buana:
    KAMPUS DEPOK TIDAK BUKA PENDAFTARAN DAN PERKULIAHAN

    ReplyDelete
  82. Mau nanya, saya lanjut dari d3 ke S1 dgn jurusan sama manajemen.. kmrn pas di konversi sks,sks yg hrs diambil sekitar 100an lagi dan rentang waktu 8 semester. Apa beneran hrs selama itu yah? Ada cara biar gak terlalu lama kah? Seperti semester pendek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konversi itu otomatis, mereka sudah punya program komputer sendiri untuk lulusan D3. Kalo untuk kamu yang jurusan nya sama, bener, seharusnya 3-4 semester.

      Nah, saran saya, pertama, kamu ke TU minta daftar semua matakuliah manajemen. Biasanya di sebut sks untuk lulusan SMA. Kedua, kamu bisa cocokin, mana mata kuliah yang belum di konversi (matakuliah di D3 sudah, tapi di S1 harus di ambil lagi), ketiga, temui kepala program studi atau wakil nya. Konsultasi dan minta Mereka konversi matakuliah yang belum diakui. Biasanya mereka bisa konversi manual melalui komputer nya.

      Delete
  83. permisi kak ,mau nanya kampus mercu di depok ada teknik informatika gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info terbaru dari Mecu Buana:
      KAMPUS DEPOK TIDAK BUKA PENDAFTARAN DAN PERKULIAHAN

      Delete
  84. Mantap bang ridoni salam kenal. Semua dijawab dengan brilian. Salam dari anak despro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bro Ujang. Sep, terima kasih sudah membaca. Sukses selalu yah.

      Delete
  85. Assalamualaikum,mas mau ikut nanya,kalo kita ambil klas reguler,udah jalan 2-4 semester,terus pindh ke PKK,boleh tdk?
    Nanya jg,prospek lulusan PR,krjany bsa jd apa sja mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, boleh sekali. Saya banyak punya temen yang koversi dari Reguler ke PKK, dari berbagai semester. Kelemahannya, kamu harus nyari temen baru lagi, hehehe.
      Prospek PR sangat baik, karena sangat dibutuhkan oleh prusahaan swasta ataupun negeri. Fungsi utama PR adalah menyampaikan segala jenis kebijakan, visi, dan misi perusahaan ke masyarakat umum.

      Delete
  86. hallo bang daniel, mau nanya juga nih gw ambil teknik sipil di mercu meruya, klo kelas PKK itu ada KKN ga ya ? misal ada jatuhnya di semester berapa tuh KKN ? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kelas PKK setahu gw ga ada KKN. Yang ada Magang. Dan lo bebas kog mau ambil di semester berapa, karena SKS kan mahasiswa yang atur. Gud luck.

      Delete
  87. Umb jakarta sama umb jogjakarta masih cabangnya kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabangan kog bro. Di Jabodetabek sendiri ada 4 kampus.

      Delete
  88. bang, saya kerja shift 2 hari kerja 2 hari libur, slama 12 jam dri jam 7 pagi smpe 7 malem dan sebaliknya, kira2 memungkinkan gk ya kuliah di umb?

    ReplyDelete
  89. Selama lo masih kerja hari Sabtu, susah buat lo kuliah. Ga usah dipaksain, daripada keteteran nanti.

    ReplyDelete
  90. kak, saya rencana mau ambil kelas ekstensi s1 sistem informasi. mau tanya beberapa hal:

    1. apakah mhsswa ekstensi boleh ikut organisasi kampus? ukm misalnya, kalo boleh tau, ukm nya apa aja ya yg di kampus Meruya?

    2. jadi intinya kita dateng ke kampus cuma di hari Sabtu aja ya ?

    3. apakah ada jam buka perpusnya? atau 24h ?

    4. lab yg ada disana boleh digunakan sama mhsswa dari semua jurusan, apa tertentu aja? misalnya kayak lab editing yg disebutin tadi apa cuma mhsswa broadcast yg boleh masuk?

    thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Boleh sekali ikut UKM dan kegiatan mahasiswa reguler. UKM banyak bro, dari yang per jurusan, sampe umum, dengan kegiatan olahraga, umum, atau keagamaan. Masalahnya kalo kelas PKK kan hari biasa kerja. Ga bakal bisa ikut kegiatan2 di hari biasanya mahasiswa reguler.

      2. Sabtu dan Minggu (yang paling cuman 4 kali)

      3. Adalah. Tapi ga 24 jam

      4. lab jurusan yah hanya boleh dipake anak jurusan tersebut. Ga bisa dipake jurusan lain.

      Sep.

      Delete
  91. kak, di mercu klo kls karyawan dpt jas almamater dan ktm ga?
    klo iya kapan bisa nerima nya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet bro. 22nya. Nanti ada jadwalnya kog.

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)