Thursday, October 20, 2016

PENGALAMAN TES KPK

Waktu itu gw lihat lowongannya di harian Kompas, Sabtu, 27 Agustus 2016. Dengan tajuk Indonesia Memanggil 11, KPK membuka lowongan besar-besaran untuk lulusan D3 dan S1. Untuk rekrutmen kali ini, KPK bekerja sama dengan EXPERD Consultant. Karena gw lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi, jadi spesifikasi bagian yang cocok untuk latar belakang gw itu adalah Spesialis Hubungan Masyrakat Muda. Posisi yang dibutuhkan itu hanya 2 orang, sementara yang ngelamar ada lebih dari 200 orang untuk posisi ini. Dan pelamar hanya bisa mengisi 1 posisi saja. Semua proses lamarannya menggunakan e-recrument, dan setelah isi semua data, gw berhasil daftar di tanggal 30 Agustus 2016.

Pengumuman tes pertama untuk administrasi atau seleksi berkas itu tanggal 15 September. Ditanggal itu gw cek terus laman Pengumumannya, eh tapi lum keluar-keluar. Besok malemnya gw dapat email dari Pansel KPK, kalo gw lolos tes pertama dan berhak ikut tes kedua, Tes Online. Ini salah satu pencapain terbesar gw selama ngikutin e-recrument, dari OJK, BPJS, KAI, sampai BI, gw ga pernah lulus Tes Administrasi. Sampe terbesit pikiran, jangan2 ijazah kampus gw ga ngangkat, hehehe. Maklum bro, kita kan anak swasta... jangan2 didahulukan yang lulusan negeri.

Tes kedua itu, Tes Online. Diselenggarakan pada Sabtu, 17 September pukul 13:00-13:30. Peserta diharapkan mencari tempat ternyaman dan kualitas internet terbaik (ada poin-poin untuk tes kualitasnya). Karena modem gw suka ngaco, jadi gw nyari warnet. Tapi sekarang nyari warnet susah banget bro. Kalo di daerah perumahaan, udah ga ada. Jadi gw pergi ke Pondok Cina Depok. Dapet sih warnet, tapi tepatnya rental komputer dengan akses internet. Tempatnya terbuka langsung depan jalan, udara panas, hawa kipas angin, mouse-nya suka ngadat, dan tukang rental yang menyetel lagu melayu dengan suara keras. Di sanalah gw mulai Tes Online KPK... di warnet kecil, melawan ribuan pelamar dari seluruh Indonesia.

Tes Online rekrutmen Komisi Pemberantasan Korupsi 2016 terdiri dari 2 tes. Tes Kecerdasan dan Tes Kepribadian. Tes Kecerdasan ada 4 Tahap dengan durasi mengisi masing-masing + 4 menit.
Subtes 1: PERCEPTION (36 soal, 2 menit)
Menemukan angka yang hilang dari 0 sampai 9. Dan menemukan huruf yang muncul 2 kali.
Contoh: 123467890 jawaban  a.5  b.7  c.3
              EFGHIJKFT  jawaban  a.T  b.L  c.F
Tahap ini, gw ga selesai, soalnya banyak dan waktunya sebentar :-(

Subtes 2: LOGIC (9 soal, 7 menit)
Pada subtes ini, terdapat informasi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan. Anda diminta untuk berpikir logis dan membaca dengan cermat informasi yang diberikan sebelum memilih jawaban.
Contoh: Joan lebih tinggi dari Meri, Meri lebih tinggi dari Janet. Janet lebih pendek dari Helen. Helen lebih tinggi dari Joan. Anna lebih pendek dari Bobi. Manakah kesimpulan yang benar?
a. Meri lebih tinggi dari Bobi
b. Bobi lebih tinggi dari Janet
c. Joan lebih tinggi dari Anna
d. Meri lebih pendek dari Helen
e. Jawaban a, b, c, dan d salah

Subtes 3: NUMERICAL SEQUENCE (13 soal, 3 menit)
Pada subtes ini, terdapat deretan angka yang memiliki pola tertentu. Tugas Anda meneruskan pola tersebut untuk mendapatkan angka selanjutnya.
Contoh: 27, 24, 21, 18, 15, ...

Subtes 4: CREATIVITY (18 soal, 3 menit)
Mencari 1 kata yang sama dan dapat digunakan untuk membentuk kata majemuk saat digabungkan (di awal atau akhir) dengan tiga kata yang ada pada soal.
Contoh:  Hamil  Tanggal  Orang  jawaban  a.M  b.K  c.T
Kenapa jawabannya T? Karena dari huruf T itu kita bisa bikin kata yang cocok dengan soal, menjadi Hamil Tua, Tangal Tua, Orang Tua. Setiap hurufnya, kita harus membayangkan sebuah kata yang bisa digabungkan dengan soal tersebut.

Tes Kepribadian durasinya 30 menit. Terdiri dari 48 pasang pernyataan. Anda diminta untuk memilih 1 dari 2 pilihan pernyataan yang diberikan di masing-masing soal, yang Anda rasa paling mendekati gambaran diri Anda atau yang paling mengekspresikan bagaimana perasaan Anda. Saran tes ini adalah, jawabannya harus konsisten! Walaupun banyak jawaban yang artinya mirip, atau katanya dibolak-balik, tetap cari jawaban yang pernah kamu pilih. Soalnya, kalo jawaban kamu beda-beda, bisa-bisa dikira kepribadian kamu bermasalah, hehehe.

Puji Tuhan gw lolos Tes Online KPK, yang artinya gw udah hampir setengah jalan. Masuk ke Tes Ketiga, Tes Potensi. Tesnya diadakan 2 hari dan 2 sesi dalam sehari, Sabtu dan Minggu di Universitas Indonesia. Gw dapat Bacth 1, Minggu, 2 Oktober 2016 di Fakultas Ilmu Keperawatan. Sebelum hari-H, selalu sempatkan untuk cek lokasi tes. Hal ini sangat berguna, karena gw baru tahu kalo FIK udah pindah gedung, hehehe. Sebelum tes kita juga harus menyiapkan beberapa dokumen untuk dibawa dan diverifikasi saat tes nanti, seperti KTP asli dan kopi, Ijazah asli dan kopi+legalisir, CV KPK sebanyak 5 lembar, surat pernyataan, pas foto 4x6, sertifikat, dan surat akreditasi.

Tes gw itu dimulai dari jam 7 sampai jam 12. Dan peserta disuruh datang 30 menit sebelum ujian. Fakta di lapangan, tes dimulai jam setengah 8. Tes gw di ruangan 304-306, yah kira2 ada 100 orang peserta di situ. Tes pertama dimulai, soal pertama dan kedua, menggambar pohon dan manusia dengan pensil HB. Untung gw udah pernah lewati tes ini. Tips-tipsnya bisa cek di cerita gw sebelumnya di sini. Soal ketiga dan keempat menjawab pertanyaan seputar karier peserta, seperti pekerjaan yang paling menantang dan pekerjaan yang paling tidak disukai, yang pernah dikerjakan.

Lajut tes kedua dan ketiga dengan kode V dan P, menggunakan lembar jawab komputer yang cukup disilang aja (X) dengan pensil 2B. Soal-soalnya antara lain:
-          Ilmu pengetahuan
-          Padanan Hubungan (Sinonim)
-          Intelijensi Numerik Umum
-          Bayangan Gambar / Cermin
-          Urutan Gambar
-          Menemukan Komponen Gambar yang Hilang (Essay)

Setelah tes ini selesai, peserta dikasih kesempatan ke toilet selama 5 menit. Pas banget, gw salah satu yang nahan pipis dari awal tes. AC dingin banget, perut lapar, dan peserta hanya duduk doang, berasa banget capeknya kan. Padahal masih pagi tuh waktu tesnya.

Tes berikutnya, Tes Pauli. Lembar kerjanya sebesar kertas koran bolak-balik. Lebih besar dan metodenya agak berbeda dari yang pernah gw kerjakan. Inti tips mengerjain Kreplin, yang pasti tenang dan jangan terburu-buru. Karena yang dinilai adalah konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosi dan daya tahan yang prima.

Lanjut lagi tes terakhir. Ini tes yang dikasih tahu durasi waktu mengerjakannya, yang mana tes-tes sebelumnya, hanya pengawasnya yang tahu waktu selesainya, dengan menunggu instruksi “Selesai” dari pengawas.

Tes terakhir ini durasinya hanya 1 jam, dengan 2 bagian. Bagian pertama, Tes Sifat-sifat pribadi (positif dan negatif), ada 3 soal, ga ada jawaban benar atau salah, karena semua tergantung kepribadian kita dalam mengisi jawaban. Bagian kedua, EPPS, dengan 225 soal yang jawabannya hanya ada 2 pilihan, yang paling mewakili diri sendiri. Tips untuk mengerjakan soal ini, cukup baca cepat saja dan langsung pilih yang jawabannya menurut lo “gw banget”. Jujur aja dalam menjawab, ga perlu bohong, karena nanti bakal ketahuan. Dengan waktu yang singkat dan soal yang banyak, peserta ga punya banyak waktu untuk mikir, jadi langsung aja jawab dengan cepat dan pasti yah!

Setelah melihat mengumuman di website, ternyata gw dinyatakan tidak lolos dalam Tes Potensi dan tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya :) Btw, yang ingin tahu tentang Tes Asesmen Kompetensi dan Bahasa Inggris KPK IM11, seperti ini:

Tempat tes dilaksanakan di Dinas Psikologi Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Tes pertama yang dilakukan adalah Tes Bahasa Inggris, dimana soalnya terdiri dari 30 soal. Soalnya itu seperti Tes TOEFL. Ada reading, structure, dan grammar. Durasi tesnya hanya 1 jam saja. Setelah selesai Tes Bahasa Inggris, peserta diberikan semacam Essay dengan pertanyaan berkaitan dengan pengalaman kerja peserta. Setelah mengisi Essay peserta akan dipanggil satu per satu untuk melakukan Tes FGD (diskusi grup) dan Interview (wawancara awal). FGD masuk di dalam kelompok yang berjumlah 8 orang. Lokasinya di sebuah ruangan kecil yang terdapat 1 orang psikolog dan 2 orang pengawas yang menilai seluruh aktivitas peserta melalui video yang direkam yang terdapat di sudut ruangan. Soal FGD terdiri dari 2 soal tentang kasus tindak pidana korupsi. Waktu membaca 5 menit dan menuliskan apa solusi pelamar mengenai kasus tersebut. Setelah waktu habis, peserta harus mendiskusikannya secara bersama selama 15 menit. Saran, jangan sampai peserta diam terpaku dan tidak mengemukakan pendapat. Setelah FGD selesai, peserta akan melakukan Interview. Hal yang dipertanyakan adalah memperkenalkan diri dan hal-hal seputar pekerjaan yg tengah peserta jalani saat ini. Dan pertanyaan pamungkasnya adalah, "Apa motivasi pelamar ikut KPK?"
Sumber: Sopian Hadi & Vegya Jafirenita

Gud luck buat temen2 pelamar di IM11 dan IM12.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
PROGRAM INDONESIA MEMANGGIL 11
Registrasi Online: 29.804 pelamar 
Seleksi Administrasi: 2.966 pelamar
Tes Online: 1.680 pelamar
Tes Potensi: 423 pelamar
Tes Asesmen Kompetensi dan Bahasa Inggris: 298 pelamar

387 comments:

  1. Mau tanya untk tes kecerdasan masing2 4 menit dg 4 soal yang berbeda, untuk 1 tesnya kira2 berapa soal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 ada 20 soal. Masing2 tabnya ada 5 soal.

      Delete
    2. Berarti gak ada antonimnya sama sekali ya kemarin?
      Terus buat tes kata majemuk,bisa dikasih satu contoh gak seperti apa, soalnya browsing2 gak nemu, dibuku2 psioktesy juga gak ada ,adanya tes analogi gitu, yang nyari kata yang paling beda diantara beberapa kata.
      Terimakasih

      Delete
    3. Iya, ga ada soal antonim. Kalimat majemuk itu kaya waktu kita sekolah pelajaran bahasa Indonesia loh, kata khusus dan kata umum. Seperti itulah.

      Delete
    4. Iyaa terimakasih informasinya, semoga tesnya lolos sampai akhir

      Delete
    5. Sep2. Terima kasih yah. Semoga bermanfaat. Gud luck juga.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya intinya tentang pengetahuan umum sih, ada semua di situ. Untuk menguji wawasan kita.

      Delete
  3. waah. bermanfaat sekali. sukses yaaakk ! :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bermanfaat banget mas. Mau tanya dong, berarti sudah ngelewatin tes asesmen kompetisi dan bahasa inggris ya mas? tesnya di UI juga?

      Delete
    3. Saya gagal di Tes Potensi yang di UI. Updatenya ga tahu lagi.

      Delete
  5. Mau tanya dong, utk pengerjaan tes omlinenya kiat nya bgiaman soalnya aplikasi kpknya ribet, n temenku kmren gagal gara2 plugin cant load, jawab dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pengumuman tes online kan ada spek buat komputernya. Bisa di tes juga dengan klik beberapa link. Yang pasti komputer dan jaringan internetnya harus bagus. Gw aja ngerjain di rental komputer bisa kog.

      Delete
  6. Untuk tes kecerdasan hanyak ada 4 bobot ya mas
    Kalo tes kepribadiannnya gimana mas?

    ReplyDelete
  7. Makasih bgt udah share pengalamannya. Smoga lampu ijo terus yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Makasih kak :) Sukses juga buat Anda.

      Delete
  8. Mau tanya rental di pondok cina sebelah mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sepajang jalan yang masuk stasiun pondok cina. Sorry, gw ga tahu namanya.

      Delete
  9. jadi gmana gan lulus ? oiya mau tnya nih kan domisili aku di medan apa aku harus kejakarta buat tes yg ke 3 andaikan lulus tes 2? sukses selalu ya mhon djawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw kurang tahu bro. Waktu pendaftaran kan ada, mau tes di kota mana? Waktu itu lo isi dimana? Sukses juga buat lo bro.

      Delete
    2. Bro, untuk tes online, Ga ada soal matematika nya bro.
      Mohon info nya.

      Delete
    3. Ada, lebih ke Numerical Squance.

      Delete
  10. makasih ga infonya besok ane tes nih

    ReplyDelete
  11. Gan, kan tadi bilang tes kepribadian ada 100 soal. Kalo tes kecerdasan ada berapa soal sama bisa gak kasih contoh yang kayak gimana.
    Semoga lulus yah, GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contohnya ada di atas. Dibaca aja bro. Gud luck. Gbu too.

      Delete
  12. gimana kelanjutan hasil tes ketiga nya bro? hehe

    tp udah keren banget dari banyak orang lu bisa lolos sampek tes ke3, salut bro.. semangat terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Thx bro. Udah setengah jalan. Seleksinya emang ketat bro, soalnya juga susah2. Memang KPK pencari putra-putri terbaik Indonesia.

      Delete
  13. tadi aku test,,,udah login dan setelah contoh soal aku mau klik start gak bisa,,itu sama di test kecerdasan dan test kepribadian,,padahal udah oke semua peralatan pendukungnya...ada reschedule gak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ga coba pindah komp? Coba hubungi tim Experd deh. Gw kurang tahu masalah reschedule.

      Delete
  14. thankyou so much buat infonya .. sangat membantu.. :) berarti km ikut daftar yg indonesia memanggil 11 ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul kak. Sekarang juga lagi jalan yang Indonesia Memanggil 12. Sep2.

      Delete
  15. Luar biasa.. thankyou buat infonya ya.. sangat menjawab .. :)

    ReplyDelete
  16. USERNAME DAN PASSWORD HANYA DAPAT DIGUNAKAN 1 KALI UNTUK MASING-MASING JENIS TES. ANDA TIDAK DAPAT MENGGUNAKAN USERNAME DAN PASSWORD LAGI APABILA ANDA SUDAH LOG-IN...maksudnya seperti apa ya bang ? trimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, kalo udah berhasil log in, ga bisa lagi dibuka di komputer lain.

      Delete
  17. waktu mau tes kecerdasan dan kepribadian coba demo dlu ga mas ?

    ReplyDelete
  18. Kalo misalnya login diluar waktu yg ditentukan itu gimana bro?
    Pernah denger gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya biasanya sih ga bakal bisa login. Nanti dinyatakan ga ikut tes alias gagal. Mending login tepat waktu aja deh.

      Delete
  19. ya allah makasih bro atas infonya..doain biar ak juga lolos tes juga minggu depan :D aminn..sukses selalu

    ReplyDelete
  20. Thank infonya. Sangat bermanfaat. Sukses buat kita semua. Sy jg bsok tes online.

    ReplyDelete
  21. Nice information,
    Mau tanya, untuk tes kecerdasan di seleksi Indonesia memanggil 11 hanya ada 4 jenis soal ya? Dan contoh soalnya yg kamu berikan diatas?
    Untuk tes kepribadian ada soal tes pauli atau tes warteg gak ya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul. Contoh soal di Tes Online IM 11 seperti di atas.
      Tes pauli ada di Tes Potensi. Tes warteg gw ga dapet. Bisa jadi soal2 tes di IM 12 beda loh.

      Delete
  22. Terus tes terakhirnya apa ya? Ada tes kesehatannya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 6 tes, untuk IM 11 & 12 sama prosedurnya:
      1. Tes Administrasi
      2. Tes Online
      3. Tes Potensi
      4. Tes Assesment & Bahasa Inggris
      5. Tes Kesehatan
      6. Wawancara dengan KPK

      Delete
    2. Tes potensi itu tes ilmu pengetahuan bukan? Oh ya ada sejarah uud gitu ?

      Delete
    3. Tes Potensi seperti psikotes pada umumnya. Ada tentang ilmu pengetahuan umu juga.

      Delete
  23. Thanks infonya ya! semoga sukses IM11 nya.
    Oh ya, tau ga? kalau jadwal tes misal jam 8-9 berarti harus log in persis jam 8 atau harus sebelum jam 8? atau flesibel yang penting antara jam 8-9?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, fleksibel aja di atas jam 8. Sebelum itu, ga bisa login. Kalo bisa ada spare waktu yang banyak, buat siap2 dan tes komputer serta internet. Gud luck.

      Delete
  24. waduuh ketat banget ya testnya, besok aku tes nya mudah2an bisa... amiin
    akasih yah infonya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, sekelas KPK emang ketat. Karena ga tiap tahun KPK buka rekrumen. Sep, semoga bermanfaat. Gud luck ya.

      Delete
  25. makasi banget infonya, o iya untuk tes kecerdasan apa ada tips dan saran untuk mengerjakannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sep2. Semoga bermanfaat. Gud luck.
      Tipsnya: teliti, jangan panik sama waktu, fokus, ga usah ngasal-buru2, yang penting di isi sedikit tapi betul, daripada isi banyak, tapi salah.

      Delete
  26. Informasi yang berguna.. BTW hasil akhirnya bagaimana? lolos semua tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Masih terus berjalan prosesnya nih.

      Delete
  27. Oke mkasi bro, btw udh tes keberpa kpkexpert 11? Yg dtrima katanya 400 org sluruh indo, kira2 udh gabubg kpk11 sama kpk12 ga ya? Atau cuma kpk 12 aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sep. Semoga bermanfaat yah. Sekedar informasi, kalo yang 400 org itu untuk KPK 12, level staf semua. Kalo KPK 11, hanya 100an org saja, untuk level spesialis atau SPV lah.

      Delete
  28. Okeh, mkasih bnyak sukses ya.. Aku baru mau tes online nih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay. Sama2. Semoga bermanfaat. Gud luck yah.

      Delete
  29. waahh.. thanks infonya, ntar malem tes nih doain yaa bro :)

    ReplyDelete
  30. Makasi kak infonya, membantu banget.. Setelah tes potensi ada tes asesment, itu tesnya apa ya kak? trimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penilaian kompetensi pelamar yang diterapkan guna mengukur sejauh mana kompetisi yang dimiliki pelamar dengan keinginan KPK. Setiap posisi berbeda tesnya.

      Delete
    2. apa itu sama saja dengan tes bidang ? misalkan dari jurusan IT tesnya tentang IT ? mohon infonya kak

      Delete
    3. Wah kurang paham mas. Fokus ke tes2 ini aja dulu.

      Delete
    4. kalau masnya sendiri tesnya bagaimana mas? bukan tentang kpk atau pengetahuan umum gitu mas? makasi sebelumnya..

      Delete
  31. mau tanya dong, kira-kira berapa lama setelah tes online tes ketiganya diumumkan? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 mingguan. Untuk tanggal pastinya bisa lihat di Pengumuman di website

      Delete
  32. mau tanya dong, kira-kira berapa lama setelah tes online tes ketiganya diumumkan? terima kasih

    ReplyDelete
  33. mau tanya dong, kira-kira berapa lama tes slanjutnya diumumkan setelah tes online? makasiiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 mingguan. Untuk tanggal pastinya bisa lihat di Pengumuman di website

      Delete
  34. untuk tes ilmu pengetahuan soalnya kyak gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling gw inget itu, kayak: Sebutan untuk teropong untuk kapal selam? Sungai terbesar di Inggris?

      Delete
    2. oh gitu y kak, berarti seputar pengetahuan umum gitu ya kak. .ada saran gak harus pelajarin apa aja kak ?

      Delete
    3. Gw sih ga belajar, hehe. Soal2nya random banget. Yang jarang kita denger umumnya.

      Delete
  35. Gan...kalau misal ijazah asli masih di tahan di tempat krj yg skrg...
    Cuma ada legalisiran aja...
    Apa pas verifikasi dokumen boleh ya? Mksh infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti pas verifikasi dokumen di tes ketiga, lo harus nunjukin ijazah yang asli juga bro. Boleh atau engga, gw ga tahu. Karena ga nemu kasus kaya lo. Mending kalo lolos, pinjem sehari aja, heheh. Soalnya pasti kalo ada dokumen yang kurang ditanya2 sama pengawasnya. Gud luck.

      Delete
  36. Good Information.
    untuk tes online kita dikasih durasi waktu 60 menit dan ada 2 tes, jadi waktunya kita maksimalkan untuk mengerjakan 2 tes atau itu hanya waktu untuk login saja ? mohon infonya bro. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 60 menit waktu untuk login. Waktu untuk tes hanya hitungan menit saja. Sep. Gud luck bro.

      Delete
  37. TRIMA KASIH BRO, BERMANFAAT SEKALI

    ReplyDelete
  38. Maksih banget infonya sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  39. Kalau boleh tau jarak dari tes online ke tes selanjutnya berapa lama ya bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 mingguan. Untuk tanggal pastinya bisa lihat di Pengumuman di website.

      Delete
  40. banyak juga nih peserta yang nyari info kek gini gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Pas banget gw baru ngalamin. Jdi sekalian sharing pengalaman. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  41. ucapan terimakasih aja kayaknya ga cukup mas, semoga dibalas oleh Allah

    ReplyDelete
  42. wahh bagus postingan tapi saya nemunya setelah ikutin tes tadi pendahuluan online semoga sukses, Amin.
    terimaksih bro postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Sep. Sukses juga buat lo bro. Gud luck.

      Delete
  43. Bg,untuk tes online nya, ga ada soal matematika bg.??
    Mohon info nya bg?

    ReplyDelete
  44. Hai kak, mau nanya dong pas tes online ada bagian tes sinonim/antonim gitu juga ga? Thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tentang Sinonim dan kalimat majemuk, tapi versi soalnya beda yah.

      Delete
  45. saya tinggal dpalu neh, perbedaan waktu palu- jakarta 1 jam. tes jam 11.00 WIB kalau dipalu 12.00 WITA jadi sy login dijam mana ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar aman, kamu login di antara jam itu. Kan dikasih waktu 1 jam, jadi kalo salah, kamu masih punya waktu 30 menit lagi. Gud luck.

      Delete
  46. Mau tanya nih, ada perintah buat delete history segala nih buat tes online, sayang banget history di laptop, banyak yang penting, ini mesti diikutin apa gapapa ga di apus? Makasi yah, Sukses buat aplikasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah. Perintah hapus itu biar komputer kamu ga berat pake internet. Kalo sejauh ini lancar2 aja pake internet, yah ga usah diapus.

      Delete
  47. Bg kemarin dijawab semua? Atau ada yg kosong? Di instruksi disuruh pastikan, tapi karena waktu tdk cukup aku tdk isi semua. Dan gak logout setelah finish test kecerdasan, langsung kembali ke halaman pertama bg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yabg kosong bro, karena waktu ke buru habis. Ya, gpp ga logout. Yang penting tes sudah dikerjakan semua, datanya otomatis pasti masuk.

      Delete
  48. dari tes online biasanya dikirim email konfirmasi bahwa mereka sudah terima tes online kita gak sih? makasih ya, sukses juga buat pengumumannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada konfirmasi atau pemberitahuan pas kita kelar ngerjain tes online. Selesai gitu aja.

      Delete
  49. Dari yg gue baca threadnya tes potensi langsung disediakan tempat,semoga im 12 juga begitu.
    Thanks buat infonya wish us luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu isi data buat Tes Online kan disuruh milih beberapa kota untuk tes: medan, jakarta, jogja, surabaya, makassar, balikpapan.
      Sep. Gud luck for you too.

      Delete
  50. pak, kalau misalkan ntr pas abis tes kecerdasan lupa log out langsung lanjut ke tes kepribadian gmn pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya otomatis langsung log out deh kalo udah kelar semua. Ga perlu log out manual lagi.

      Delete
  51. halo kak,
    aku barusan tes online td jam 11

    ada yang disesali,
    di numerical test

    soalnya tentang pola
    misal 1,3,5,7,... (9)

    tadi itu saya ceroboh langsung ke finish

    yang ingin saya tanyakan, apakah kk jg sebelumnya ada soal seperti ini? saya masih ragu apakah itu emang kesalahan saya klik finish bukan next atau memang soal hanya 1 page dan ke tes tahap lain.

    mohon dibales k, saya bener2 lemesss :( sedih padahal tahapan lainnya bisa saya kerjakan dengan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kamu udah sempet ngerjain subtes yang numerical test lum? Setahu saya ada 2 atau 3 page gitu. Kalo langsung finish tanpa di isi, fatal sekali. Tapi tetep positiv thinking aja, pasrah. Yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin :) Gud luck.

      Delete
  52. doain saya ya semua .. nnti malam saya tes, semoga lancar ... amin :)

    ReplyDelete
  53. halo kakak mau tanya dong, untuk tes kecerdasannya itu soalnya jadi bukan seputar pengetahuan umum yah ? tapi lebih kayak mencari kata umum, kata khusus , antonim, sinonim gitu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca lagi tulisan saya di atas, ada tentang tes kecerdasan, plus contoh2 soalnya.

      Delete
  54. gan, ente dapat surat akreditas itu dari mana ya?
    apa langsung dari BAN PT nya atau dari pihak kampus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu gw wisuda dikasih kog surat akreditasi dari BAN PT.

      Delete
    2. Gan Ridoni, itu yg kasih Panitia KPK, Surat Akreditasi dri BAN PT atau Sertifikat Akreditasi Prodi dari Ban pt.. Kalo ane sih yg ada kyk bentuk Serfitikat Akreditasi Prodi dari BAN PT. Perlu dilegalisir gx ya? Mhon infonya gan. Makasih

      Delete
    3. Kalo saya Surat Akreditasi Prodi dri BAN PT, bentuknya berlembar2 gitu. Kopian. Ga perlu dilegalisir.

      Delete
    4. ooo..
      klw ga ada bisa diperoleh dimana?

      seinget ane, ane cuma dikasih ijazah dan transkrip nilai aja..
      Akreditas Jurusan tidak dapat gan..

      Delete
    5. Ga tahu bro. Coba tanya aja kampusnya. Saya sih dikasih waktu wisuda.

      Delete
  55. Mau nanya donk, pada lama ga nunggu loading nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga... lancar2 aja loadingnya. Gw ngerjain di warnet bro.

      Delete
  56. mas, dari test online sampai ke test potensi yang di UI itu, rentang waktu nya brpa lama? soalnya saya sdg bekerja dan berada di luar jkt. makasi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 mingguan. Untuk tanggal pastinya bisa lihat di Pengumuman di website.

      Delete
  57. untuk kata majemuk contoohnya apa ya soalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Googling aja bro. Gw lupa, karena waktu tesnya cepet banget dan di dalam pengawasan.

      Delete
  58. terimakasih banyak gan infonya

    ReplyDelete
  59. Bro kita boleh mundur jawab soalnya ngga setelah soal yg mudah terjawab dan waktu per tes itu ada berapa menit ?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mundur bro. yang peting time managemen aja yah. Rata 2-4 menit per subtes.

      Delete
  60. gan mau tanya dong..
    pengalaman dari yang sudah-sudah tes banyak yang error di cookies nya nah saya inisiatif buka link di panduannya nah ada satu link yang ketika saya buka selalu web not found yang kaya gini

    Pastikan COOKIES, CACHED dan HISTORY pada browser anda telah dibersihkan. Baca panduan menghapus cookie pada https://onlinetest8.experd.com/tutorial_menghapus_cookies.html

    nanti jadi masalah ga ya kira2 gan?
    thanks bgt infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu buka di komputer lain, internet lain, atau dengan browser lain. Saya waktu itu sih bisa buka semua.

      Ok. Thx. Gud luck juga yah.

      Delete
  61. Makasih infonya, sangat berguna. Semoga selalu sukses ya bang

    ReplyDelete
  62. Ternyata ngeri banget tes kecerdasannya..
    Gua kehabisan di waktu..
    Page-page berikutnya gak sempat dikerjain, gara2 terpaut di page 1..
    ;'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Emang susah banget tesnya. Ya sudah, yang penting sudah berusaha sebaik mungkin :)

      Delete
  63. Maksih kak info nya bermanfaat bgt :) oh iya kak td pas abis ngerjain tes kepribadian saya lupa log-out malah kembale ke menu sebelumnya itu gmna ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo semua soal sudah dikerjakan, nanti otomatis log out kog.

      Delete
    2. Terima ksih brow.. sangat membantu..
      Brow tentang berkas yang dibawa saat ujian potensi seperti akreditasi.. yang diperlukan akreditasi kampus atau akreditasi fakultas brow ?

      Delete
    3. Sep. Sama2. Akreditasi Fakultas brow.

      Delete
  64. Gak bisa nahan untuk gak komen buat bilang makasih sama lu bro. Saya besok pagi tes online. Entah hasilnya gimana ntar, tapi seenggaknya info dari lo bermanfaat banget. Tiba-tiba nemu ini blog pas udah mau tes, haha momennya kok pas. Yakin saya, banyak yg terbantu dgn post lo ini bro. Thanks banget bro infonya, semoga lo lancar deh buat kedepannya... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Di dunia ini ga ada kebetulan bro. Semua sudah diatur yang maha kuasa :). Sep, semoga bermanfaat. Gud luck yah.

      Delete
  65. tanya mas tentang Kartu Peserta seleksi, Kartu Peserta seleksi itu diperoleh dimana ya mas?saya buka aplikasi pendaftarannya ndak ada menu buat cetak kartu peserta seleksi. saya saat ini masih d tahap kedua (tes online). terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu peserta nanti ada di website, setelah lulus Tes Online dan berhak ikut Tes Potensi, tinggal print :)

      Delete
    2. oke mas. makasih
      ada beberapa yang tidak tuntas d kerjakan ini mas :3

      Delete
  66. bro, yang tes online ada jamnya ya? atau bebas jam berapa aja kita bisa tes online. thanks bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada jamnya bro ditentukan oleh KPK. Durasi waktunya cuman 1 jam.

      Delete
  67. Bg, maksi ya infonya, sngat bermanfaat kali lho bg

    semoga dilancarkan ya jalannya..

    btw bg gue mau liat contoh test gambar pohon kok gue nggak bisa masuk ke linknya ya bg? acount gue nggak bisa login katanya...

    terimkasih bnyak sebelumnya Bg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Untuk tes pohon dan orang sebaiknya lihat di Google aja bro, banyak. Gw ga bakal share, karena pasti gw pake untuk tes2 berikutnya :)

      Delete
  68. halo, mau tanya, sudah sampai tes kesehatan, belum? Untuk tes kesehatan kira2 yg dicek apa saja, ya? cek seluruh badankah? tattoo dicek juga tidak, ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum sampai tes kesehatan. Umumnya, tes kesehatan diperiksa semua bro, dari darah, urine, jantung, mata, anus, dll. Kita ditelanjangi bro depan dokter untuk cek tato atau tindikan.

      Delete
  69. terima kasih untuk infonya, sangat membantu dalam persiapan tes besok rabu. mohon doanya semoga diberi kelancaran dalam mengerjakan. aamiin

    ReplyDelete
  70. infonya ngebantu banget bang, makasih yah.
    pas banget saya mau tes online juga nanti sore n nemu blog ini.
    doain yah biar lolos juga sama kaya abang.
    sukses selalu bang. :)

    ReplyDelete
  71. tadi saya sudah tes online,,
    saya mau tanya kalau ada Pernyataan :
    A. Saya Memahami Perasaan Orang lain.
    B. Saya mengetahui kemampuan yang perlu saya tingkatkan.

    kira2. Mas Ridoni jawabnya A atau B?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya B, hehe. Yang penting jujur aja dan konsisten :)

      Delete
    2. oh gitu ya.. sukses selalu buat mas Ridoni semoga lulus sampai diterima.. Amin.. Informasi nya sangat berguna .. membuat saya ada gambaran mengerjakannya. walau tes kecerdasan gak ada yang selesai 100%.. terus update info perkembangannya ya.. Terima Kasih

      Delete
    3. Amin. Terima kasih yah. Sukses juga buat lo bro. Gw juga banyak yang ga sempet ke isi, tapi lolos. Yang penting yang lo isi bener bro.

      Delete
  72. sy juga pernah ikut, gila yg cari angka hilang sama huruf cman bisa 2 tab selesai, gara2 ga liat waktu dan malah recheck jawaban, tapi 2 tab itu yakin sih benar semua

    terus yg logic kayaknya 4-5 doang yg yakin, sisanya ga sempet dijawab wkwkw

    yg numerical bagian 3 itu sekitar 70% terjawab, sama yg creativity kayaknya 65% wwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya yang huruf ilang sama numerical yang paling susah, setengahnya doang ke isi. Hahaha. Kalo sisanya diisi semua sih.

      Delete
  73. terima kasih bro atas pengalamannya saya hari ini ikut tes kecerdasaanya baru aja selesai buat soal yang pertama mudah hanya saja waktunya yg sedikit jadi gak selesai juga ngisinya. semoga aja lulus ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Yang penting sudah melakukan yang terbaik. Gud luck yah bro.

      Delete
  74. Thank you sudah share pengalamannya. Besok saya tes online kpk :D

    ReplyDelete
  75. punya trik khusus ga buat yg logic?kaya yg hanna lebih tinggi dari joan..soal gini ampun bgt bikin puyeng hehe.thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga punya bro. Sebenernya ada rumusnya, kaya A=B, B=C, tapi karena ada waktunya yang sangat mepet, ga bakal bisa diterapin tuh rumus. Betul2 mesti pake logika, hahah.

      Delete
  76. waaaaaaa yg tes gagal bisaa tes ulang ternyata yaa, semoga bener2 transparan yaa rekrutmennya aamiin

    ReplyDelete
  77. soree mas doni, infonya membantu banget nih. saya sabtu kemarin baru tes online. tapi pas tes kecerdasan di perception & logic saya belum selesai tapi waktunya habis dan saya belum sempat klik "Finish". kira-kira jawabannya kosong atau tersimpan yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah tersimpan kog. Banyak pelamar, termasuk saya dan temen2 yang ga penuh juga ngerjainnya. Tapi saya tetep lolos. Yang penting jawabannya benar.

      Delete
    2. oohh iyaa, terima kasih banyak infonya mas doni. sukses dan lancar terus yaa untuk IM 11 nya..

      Delete
  78. malam mas
    tadi saya baru mengikuti tes online. Saat mengisi tes kecerdasan bagian LOGIC saya pilih start, namun halaman yg ditampilkan langsung mmberi perintah utk kembali ke menu awal, padahal belum ada soal yang muncul. Kenapa bisa seperti itu ya? bagaimana dgn konsekuensi hasil akhir ujiannya?
    tolong bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu salah pencet kali bro. Jangan2 kamu malah klik Finish. Coba hubungi nomor Experd Consultant untuk info lebih lanjut. Trims.

      Delete
  79. Baik amat sih mas. Semua pertanyaan di jawab2in. Semoga selalu ada aja yg nolong mas di saat kesusahan dan selalu ada petunjuk di saat mas kebingungan. Amin 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Mumpung sempet, masih bisa bales2in kog kan, sekalian bantu temen2 :). Sep2, amin. Thx doanya ya kak. Sukses juga buat kakak.

      Delete
  80. Makasih infonya..benar2 membantu. Kebetulan hari ini nanti saya mau tes doakan semoga bisa lolos.

    ReplyDelete
  81. hasil kelanjutannya belom ada bro dr hasil tes yang kedua di UI?
    gw hari ini nih tes. spesialis muda itu memang sekelas SPV bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bro. Di UI tes ketiga. Gw ga lolos, hehehe. Iya bro, makanya posisinya cuman buat 1-2 orang.

      Delete
  82. mas ini log in dari jam 9 gak bisa2 padahal jam 0.30 tadi tes
    gimana ya :(

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)