Sunday, September 2, 2012

Journey to Jogja Part 1

Libur tlah tiba… libur tlah tiba. Hore… hore… hore!!! Hatiku gembira :) Ga kerasa sob, libur yang paling panjang dalam setahun, yaitu libur Lebaran telah tiba. Di liburan Lebaran, orang-orang yang ga Mudik, biasanya menggunakan kesempatan ini untuk berlibur. Kantor gw pun mendapat libur selama 10 hari. Dan gw pun merencanakan untuk berlibur ke Jogja. Tapi mengingat harga2 akan naik pada libur Lebaran, gw pun memilih liburan setelah orang2 selesai Lebaran. Yah kira2 H+8 lah ^^

Oke… sebelum gw ceritakan perjalanan gw selama 4 hari 3 malam di Jogja, ada baiknya, gw ceritakan persiapannya sebelum berangkat:
1.   Pastikan dahulu penginapan, tempat kuliner atau belanja, dan wisata yang akan kamu kunjungi sebelum berangkat. Untuk Jogja sendiri, gw punya rekomendasi link website, untuk kalian searching sendiri. Seperti: http://www.yogyes.com atau http://www.jogjatrip.com. Dan setelah selesai, pastikan kamu cari tahu arah atau naik angkutan apa untuk ke sana (biar ga nyasar atau dibohongi orang nantinya di sana, hehehe).
2.    Booking penginapan. Pastikan ada kamar kosong atau engga saat kamu sampai di sana. Perhatikan juga jadwal check-in dan check-out penginapan kamu, yang nantinya disesuaikan dengan jadwal kamu tiba. Cari tahu fasilitas yang tersedia dan wilayah penginapan kamu dekat dengan pusat kota atau bagianmana dari pusat kota (memudahkan kamu untuk berpergian nantinya).
3.    Beli tiket. Karena gw naik kereta, jadi gw cek dulu jadwal kereta. Caranya cukup mudah, kunjungi web resmi PT. KAI di http://www.kereta-api.co.id . Di kolom "Info Jadwal & Reservasi - Pilih perjalanan Anda", masukkan tanggal nama Stasiun Asal dan Stasiun Tujuan. Untuk Jakarta ada 3 stasiun: Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jatinegara. Untuk Jogja sendiri ada 2 stasiun: Stasiun Yogyakarta (Tugu) dan Stasiun Lempuyangan. Setelah isi jumlah tiket yang diinginkan, nanti akan muncul daftar lengkap Nama Kereta, Jam Berangkat dan Datang, kelas (ekonomi AC, Bisnis, Eksekutif, dan Wisata), dan Tarif. Saran gw biar tenang, beli tiketnya untuk pulang-pergi aja. Tiket bisa langsung dibeli loh, di Indormart. Jadi ga takut kehabisan. Dan bukti pembeliannya, bisa ditukarkan dengan tiket asli di Loket No. 7, di semua stasiun di Jakarta.

Keberangkatan gw pun dimulai dengan naik Kereta Bogowonto (Ekonomi AC-duduk semua) dari ST. Pasar Senen pukul 18:40 dan tiba di ST. Lempuyangan pukul 04:05. Gw sengaja ambil jam malam, agar gampang cari kendaraan ke Senen. Rumah gw di Depok. Gw naik kereta ke Stasiun Juanda selama 45 menit. Abis itu, jalan ke depan dan naik Busway menuju Halte Harmoni. Transit di Harmoni dan turun di Halte Senen. Naik busway menghabiskan waktu 15 menit. Dan busway-nya penuh orang, ada yang AC-nya mate juga (panas banget sob, banyak bau keringet lagi). Gw naik metromini cukup 5 menit aja.

Gw sampai di ST. Senen jam 5 sore. Dan di sana dah banyak pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya (mungkin juga ada yang mau liburan kaya gw). Sangking penuhnya, stasiun ini dipasang tenda, tempat duduk tambahan, kipas angin, dan posko kesehatan). Banyak juga Televisi yang on-air langsung di sini untuk menyiarkan berita mudik. Penjagaan stasiun sangat ketat. Penumpang baru boleh masuk 1 jam sebelum kereta berangkat. Dan karena sekarang naik kereta memakai sistem boarding pass (nama tiket sesuai dengan nama identitas), penjagaannya pun berlapis.
Mau tahu review gw tentang ST. Senen, klik di sini

Doc. Pribadi

Kereta pun tiba 10 menit sebelum keberangkatan dan langsung berangkat on time menuju Jogja. Kereta pun cukup ramai, banyak yang bawa keluarga dan anak2. Tapi ada juga bangku2 yang kosong. Perjalanan terbilang cukup lancar, walaupun sering berhenti dibeberapa stasiun (karena kereta ekonomi, jadi harus mengalah sama yang bisnis dan eksekutif). Berhentinya juga cuman 5 menit aja kog. Kalo berhenti di stasiun, banyak juga tukang makanan yang masuk dan menjajakan jualannya ke penumpang. Gw tiba sekitar jam 4-an pagi di ST. Tugu. Karena boleh turun di sini, dan banyak juga penumpang yang turun, akhirnya gw memutuskan untuk turun di ST. Tugu.