Thursday, March 2, 2017

PENGALAMAN INTERVIEW DI PT. HANDAL GUNA SARANA (HGS)

Gw apply di PT. Handal Guna Sarana (HGS) untuk posisi SPV HR Rekrutmen (penempatan Jakarta) melalui pos. Info lowongan ini gw dapat di harian koran Kompas, edisi Sabtu, 18 Februari 2017. Rabu, 22 Februari 2017, sekitar setengah 5 gw dapat telepon dari nomor (021) 53663307, nomornya PT HGS. Panggilan untuk interview pada Kamis, 23 Februari 2017 di kantor pusat HGS yang terletak di Grand ITC Permata Hijau, Blok Saphire No. 19, Jakarta Selatan.

PT Handal Guna Sarana adalah perusahaan yang bergerak dibidang transporatasi logistik. PT HGS adalah satu-satunya distributor untuk Aqua di Jawa Barat. Kalo temen-temen pernah liat ada truk tronton yang bawa Aqua galon banyak, nah itu PT HGS. Pool truknya sendiri ada di Ciawi, Bogor. Berdasarkan info lowongan di koran, saat ini HGS akan melebarkan sayap ke bisnis café dan restaurant. Karena itu PT HGS sedang membutuhkan banyak SDM untuk ditempatkan di cabang-cabang mereka di Bogor, Sukabumi, dan Jakarta. Gw sendiri pun pinginnya ditempatkan di Bogor, biar bebas macet, hehehe.

Dari Depok gw naik motor, berangkat jam 6 ke Permata Hijau. Dengan macetnya Jakarta, gw nyampe setengah 8 lebih. Interviewnya sendiri jam 8. Jadi gw masih ada waktu siap2. Sampe di Grand ITC Permata Hijau, Blok Saphire No. 19 gw dan pelamar lainnya disuruh menunggu. Lantai 1 kantor sepertinya difungsikan sebagai gudang, karena penuh barang2 yang siap didistribusikan. Hanya beberapa menit berselang, para pelamar (yang berjumlah 6 orang), dipersilakan naik ke Lantai 3, ruangan untuk psikotes. Lantai 2 nya sendiri adalah ruangan office.

Setelah mengisi biodata, psikotest pun dimulai. Ada 3 psikotest yang dilakukan di PT Handal Guna Sarana, antara lain: Tes AQ (Adversity Quotient), adalah tes untuk kecerdasan menghadapi kesulitan atau hambatan dan kemampuan bertahan dalam berbagai kesulitan dan tantangan yang dihadapai. Ini tes yang terbilang baru sih menurut gw. Soalnya pilihan ganda, dengan 3 jawaban, waktu pengerjaan 10 menit. Tes PAPI (Perception and Preference Inventory), tes dengan 90 soal yang hanya ada 2 pilihan, yang paling mendekati atau tidak, sesuai kepribadian pelamar. Tes Warteg, tes yang udah sering gw denger, tapi baru kali ini gw dapat... dan kacau banget gw ngerjainnya, hehehe.

Selesai tes, para pelamar dipanggil satu-satu ke ruangan HRD. Urutan panggilan sesuai siapa duluan yang selesai mengumpulkan hasil tes. Tibalah giliran gw tes. Gw grogi. Perut mulai mules. Hal pertama yang dikatakan HRD membuat gw tambah down. Dia bilang, “Tolong turunkan tangan Anda dari meja saya.” Hahaha. Hal yang akan gw inget, kalo interview sama HRD, jangan taro tangan di meja mereka :-D. Seperti biasa yang ditanyakan HRD di setiap interview:
“Beri tahu saya, siapa diri Anda?”
 “Apa kelebihan Anda?”
“Apa kelemahan Anda?”
“Apa yang biasa Anda berikan untuk perusahaan?”
“Kenapa memilih perusahaan ini?”
Below gaji yang diharapkan?”
Dan sebagainya.

Selesai interview, si HRD mengatakan bahwa ini hanyalah proses skimming saja. Mereka akan melihat hasil psikotest gw untuk menentukan apakah gw lolos atau tidak untuk interview kedua. Setelah gw selesai pun masih ada gelombang psikotes berikutnya. Setelah itu gw disuruh nunggu 3 hari kerja untuk panggilan kedua. Hingga hari ini gw lum dapat panggilan itu.

Alasan kenapa gw ga diterima (menurut gw):
Gw ga bisa menjawab maksimal pertanyaan-pertanyaan di atas. Gw ga bisa meyakinkan si HRD dan merasa jawaban gw banyak yang biasa aja. Sekedar jawab. Dan gw baru sadar pas dalam perjalanan pulang.


=END=

18 comments:

  1. Mas pas interview dijelasn jam kerja operasional HGS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bro. Mungkin di interview kedua baru dijelasin.

      Delete
    2. Tenang aja kalo mau kerja dihgs pasti diterima 100%... tp anak2 yg kerja disana punya selogan... (sing sabar kalo mau kerja dihgs) KERJA 24 JAM BRO NON STOP

      Delete
    3. Besok gw dapet panggilan interview buat posisi purchasing kira kira gw datengin gak?

      Delete
    4. gw juga dapet panggilan bang untuk posisi staff purchasing ,tapi gw bingung soalnya skil gw di mesin bukan di komputer ,

      Delete
  2. Pengen ngelamar disana deh .
    Kira2 itu perusahan bagus ga sii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu, karena belum pernah kerja di sana. Tapi mereka lagi buka banyak lowongan.

      Delete
  3. mau nanya mas, ada alamat emailnya wat nglamar kesana?

    ReplyDelete
  4. Jl.alteri Grand Itc Permata Hijau Blok Sapir No.19 Kebayoran Lama jaksel Ini bukan alamatnya soalnya saya jg ada panggilan kerja d sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo pindah atau ada alamat baru saya ga tahu mas. Tapi thx infonya.

      Delete
  5. Gue ada panggilan juga interview,3 kali.Terlalu banyak interview menurut gue.bagi yg sudah memiliki skill dan sertifikat ini kurang cocok. Kecuali pemula mungkin lebih suka tantangan. Yg penting no.1 kepastian ..kerja. itu saja.

    ReplyDelete
  6. Udah pernah kerja disana bro bagian patrolman buat cek Isi bahan bakar kendaraan operasional . Awal nglamar sih jadi helper ( kenek ) tapi pas di interview malah jenjangnya dinaikiin

    ReplyDelete
  7. Maaf mas itu yayasan atau kantor pusat dari hgs? Soalnya saya dapat panggilan kesana.

    ReplyDelete
  8. Gue bru aja ditlponin pdhal udh lamaaaaaa bgt kirim lamarannya sampe lupa masukin lamaran dimana, btw gue bagian data entry ditempatin di bogor
    Tpi gue gak mau dateng, udh kerja duluan

    ReplyDelete
  9. Saya dapat panggilan interview besok tgl 21 ...apa ada jg yg di pannggil interviw.

    ReplyDelete
  10. Saya dapat panggilan interviw hari ini..

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)