Tuesday, February 28, 2017

PENGALAMAN PSIKOTEST DI PT. EKA SARI LORENA (ESL EXPRESS)

Gw apply di PT. Eka Sari Lorena (ESL Express) untuk posisi Customer Service Supervisor via email recruitment@esl-express.com tanggal 9 Januari 2017. Informasi lowongan ini gw dapat di harian Koran Kompas edisi Sabtu, 7 Januari 2017. ESL Express sebagai salah satu lini perusahaan PT. Eka Sari Lorena sedang membuka banyak lowongan, dari tim bisnis, SDM, keuangan, komunikasi, hingga IT dengan tingkatan level yang berbeda (staf, spv, manajer, director).

Hampir sebulan, 7 Februari 2017, gw dapat telepon dari ESL Express Cabang Depok (021) 77801495. Mereka mengatakan bahwa hari ini akan dikirim surat informasi panggilan psikotest. Agak jadul ya menurut gw, di era modern saat ini, masih menggunakan surat. Pengalaman gw, biasanya panggilan itu menggunakan SMS atau email. Ya itung2 paperless-lah. Atau mungkin juga ini sebagai penegasan bahwa mereka adalah perusahaan shipping logistic. Surat gw dianter pake uberMOTOR. Seperti umumnya surat panggilan biasa, jangan lupa bawa cv, surat lamaran, alat tulis, dan datang 15 menit sebelum tes.

Kator pusat ESL Express di Jl. RA Kartini No. 16, Cilandak, Kalo yang biasa lewat sini, sering lihat pool bus Lorena, ya di situ kantor pusat mereka. Seperti biasa Jakarta macet, ditambah jalanan sempit akibat pengerjaan proyek MRT, membuat gw nyampe mepet banget. Rumah gw di Depok dan menghabiskan waktu tempuh lebih dari 1,5 jam! Nyampe di tempat, langsung lapor ke satpam dan naro KTP. Gw dan para pelamar lainnya disuruh nunggu di kantin yang biasa sopir bus Lorena untuk nongkrong. Karena pool bus, tempatnya luas banget, banyak parkiran bus, jalanan rusak, ada tempat service bus, dan mess untuk keluarga sopir. Kantor pusatnya hanya 1 lantai dan tidak besar. Menunggu lebih dari setengah jam, baru kami dipanggil dan dibawa ke sebuah ruangan di daerah mess sopir. Jalan dari depan ke dalam lumayan jauh. Staf HR-nya aja naik motor ke situ :D.

Psikotest dimulai. Ada 3 jenis tes yang diberikan kepada pelamar dengan metode pilihan ganda dan waktu pengerjaan 5-10 menit. Tiga tes itu: Lead by Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard, CFIT, dan Tes Intelligence Umum. Waktu tes sekitar 30 menit, dan dilanjutkan untuk tes ke pelamar sesi beirkutnya. Para pelamar dipersilakan pulang dan menunggu panggilan interview dengan HRD via telepon 1-2 minggu dari sekarang. Sempet ngobrol dengan staf HR, yang mengatakan bahwa ESL Express memprioritaskan pelamar yang diterima untuk ditempatkan sesuai domisili mereka. Namun, bila Pusat membutuhkan, harus siap untuk pindah. Hingga hari ini gw lum dapat telepon dari ESL.

Pesan moralnya,
Psikotest merupakan tahapan yang kita, sebagai pelamar, tidak pernah tahu hasilnya. Salah atau benar. Jadi kita tidak punya kesempatan untuk mengkoreksinya, bila ada yang tidak sesuai dengan kepribadian yang diinginkan perusahaan pada tes-tes berikutnya. Untuk tes intelligence, perasaan gw udah isi dengan teliti dan yakin jawaban gw bener semua (pake perasaan sih). Dan untuk psikotest kepribadian, gw udah isi secara konsisten dan positif. Tapi, apa gw harus isi psikotest dengan the real kepribadian gw, walaupun ada beberapa sifat negatif didalamnya? Hmm....


=END=

2 comments:

  1. Saya juga baru tes kmaren hari rabu,hari jumat dapet telpon dari esl buat interview user . Gak begitu lama ko

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)