Wednesday, June 15, 2016

ANTARA JOBSTREET DAN JOBSDB

Saat gw nulis di blog ini, gw sedang dalam posisi mencari kerja. Jadi, gw akan share pengalaman gw sebagai pencari kerja dengan menggunakan 2 website terbesar pencarian kerja yang sering di gunakan di Indonesia, yaitu Jobstreet dan JobsDB. Sebenernya gw udah lama sih langganan info lowongan kerja dengan 2 jasa ini. Tapi, baru sekitar 1 bulan yang lalu gw memaksimalkan layanan ini.

Entah kenapa hingga hari ini gw menggunakan JS dan JDB, semua respons apply lowongan gw hanya dari JS. Baik itu respons langsung (via email atau telepon Perusahaan), atau tidak langsung (automatic reply). Gw ga tahu yah, apa ada yang salah, ada data yang ga gw isi, atau ada syarat2 tertentu supaya surat lamaran kita mendapat respons dari Perusahaan??? Kalo ada yang punya pengalaman positif atau info menarik supaya lamaran kita mendapat respons banyak dari JDB, tolong bantu saya yah di kolom komen :D

Oke lanjut, walaupun kedua layanan ini mempunyai cara kerja yang mirip-mirip, tapi semua lowongannya 80% berbeda loh. Cuman ada beberapa poin yang ingin gw sampaikan tentang perbedaan antara JS dan JDB dalam merespons lamaran penggunanya:
1. jobstreet.co.id
Untuk melihat status terbaru lowongan kita, dapat dilihat di http://myjobstreet-id.jobstreet.co.id/. Nanti ada 2 tabel, jumlah Lamaran Yang Aktif (xx) dan Semua Lamaran (xx). Keterangan status lamaran kita yaitu, DITERIMA, DILIHAT (ada jumlah berapa kali dilihat oleh perusahaan), dan TIDAK SESUAI. Sayangnya di JS, bila lamaran kita ditolak, kita ga bisa hapus infonya. Hanya bisa di-TARIK Surat Lamarannya. Jadi lumayan menuh-menuhin sih, hehehe. Normalnya, iklan lowongan minimal 30 hari. Bila sudah lewat 30 hari, kita akan dapat email dari JS bahwa iklan tersebut sudah tidak tersedia. Kekurangan JS kita hanya dapat upload 1 CV saja. Ini agak merepotkan bila kita mendaftar dengan beberapa CV yang berbeda. Jadi harus di upload ulang untuk CV yang berbeda.
2. id.jobsdb.com
Untuk melihat status terbaru lowongan kita, dapat dilihat di link My jobsDB. Infonya hanya DITERIMA, DILIHAT, DITOLAK (tidak sesuai), dan LOWONGAN SUDAH TIDAK TERSEDIA. Tidak ada jumlah berapa kali CV kita di-LIHAT. Sama seperti JS, iklan lowongan minimal 30 hari. Kelebihannya JDB, kita bisa hapus status lowongan kita. Dan bisa upload 5 CV beserta Surat Lamaran atau Cover Letter. Dan bisa fleksibel sewaktu-waktu kita mau ganti data informasi pribadi dan gaji saat melamar.


Demikian kelebihan dan kekurangan JS dan JDB. Tapi gw pribadi sangat mengandalkan JS, karena selama ini gw dapat panggilan interview hanya dari JS :D. Mungkin karena JS udah pemain lama yah, koneksi banyak, dan sistem untuk pencari kerjanya lebih rapi, jelas, dan tepat sasaran. Ya, gw juga masih berharap dapat panggilan dari lowonga di JDB, jadi kesempatan kita pencari kerja lebih banyak lagi, hehehe. Kalo ada situs pencari kerja yang menurut pembaca atau temen2 rekomen, mungkin bisa kasih gw saran yah di komentar bawah ini. Sekian dan terima kasih.

53 comments:

  1. Cara liat status di JOBSDB gimana siihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://id.jobsdb.com/id/id/MyJobsDB => Sejarah Lamaran

      Delete
  2. mau nanya dong, kalo di JS kan biasanya disuruh tulis 300 huruf untuk meyakinkan perusahaan, kita harus nulisnya kayak gimana sih biar mereka yakin? thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw ga pake bro. Saat ini untuk perusahaan yang bernama aja, yang aply bisa 1000 orang lebih. Menurut gw ga bakal dibaca sama HR-nya. Mereka cuman lihat profil singkat sama cv aja.

      Delete
  3. caranya tahu lamaran kita itu diacc atau diterima gimana kalau melalui jobsdb ? apakah akan dikirim jawaban via email atau bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di:
      https://id.jobsdb.com/id/id/MyJobsDB
      Sejarah lamaran

      Delete
  4. maaf mau tanya kalau ngapply itu file nya cmn cv aja atau ad file lain? soalnya yang diunggah kan cmn cv kalau di akun job seperti itu tolong bantuannya terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hanya CV saja. Klo JS hanya bisa upload 1 cv sja. Kalo JDB, bisa upload banyak CV.

      Delete
  5. maaf mau tanya, klo dalam data lamaran jobsdb dalam status lamaran kerja ada keterangan diterima, biasanya apakah pihak hrd yg menghubungi kita baik lewat email atau tlp? atau kita harus mendatangi tempat perusahaan yg kita tuju dengan membawa berkas lamaran kerja (hardcopy)? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan HRD yang menghubungi kita. Diterima itu hanya terima. Belum dilihat atau dibaca. Begitu.

      Delete
  6. Klo keterangan sudah si baca.apkah perusahan kita akan menghubungi.soalnya punyaku keterangan udah di baca 3 kali tpi belum ada respon..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya cuman di baca doang kak. Belum tentu cocok sama mereka kan.

      Delete
    2. Mau tanya cara tau CV kita di baca brp kali gimana caranya?

      Delete
  7. Disitu ada keterangN lamaran samapo tanggal sekian..klo udah riwayat lamarn kita udah sampai tanggal tersevut.tpi belum dibaca ato di panggil berarti gak ditrima ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Bisa jadi itu hanya tanggal kadaluarsa iklannya juga.

      Delete
  8. Biar lamaran kita dibaca, ada cara lamarnya kaya gimana? Udah banyak apply tp status nya receive doang..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saran saya, langsung apply dengan segera dan cepat. Karena menurut pengalaman saya, CV paling banyak dilihat cuman yang awal2 masuk aja.

      Delete
  9. Mas, aku pernah dapet panggilan interview dari js. Tapi status lamaran saya cuma di terima mas.
    Kalo di js resumenya di lampirkan file lain kayak ijazah gitu ga bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp. Artinya pihak perusahaan langsung manggil pelamar tercepat. Ada beberapa orang biasanya.

      Ijazah ga perlu di lampirin.

      Delete
  10. Mas,saya malah kebalik pengalamannya pas di js malah ga ada respond, selama apply di js sm jdb yg pemanggilan interview itu yg dr jdb, ngga tau salahnya dmn apply di js 😂

    ReplyDelete
  11. Mas mau tanya dong kalo status di JS "Perusahaan sedang memproses lamaran" itu artinya gimana?,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikira saya lamarannya memang lagi diproses....soalnya statusnya kebanyakan seperti itu. Jadi bingung.

      Delete
    2. Sm dong aq pikir di js sdg proses lamaran kt utk tahap interview hehehe

      Delete
    3. Sedikit nambahin, pengalaman dulu jadi plt HRD. Kalo statusnya perusahaan sedang memproses lamaran itu artinya kalo perusahaan lagi aktif buka akun JS buat cek CV dll, cuma biasa HRD cuma random sampling 5-10 (biasanya) jadi ada faktor gamblingnya juga.

      Delete
  12. Sy ingin nanya dong udah berulang2 kirim lamaran via iya online .. Tp kayanya ga yakin krn banyak akun2 yg ga jelas.
    Mau nanya situs resmi JS dan JDB yang benar donh ... Untuk mengirim lamaran agar tau diterima atau dibaca nya , mohon infonya .tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Web resminya saya taro di atas itu linknya. Diterima pasti kak, tapi kalo dibaca kemungkinan kecil, karena yang masuk ratusan bahkan ribuan CV untuk perusahaan TOP.

      Delete
  13. Mas mau tanya status di JS "Perusahaan telah selesai memproses lamaran" itu artinya apa ya?..thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Status "Perusahaan telah selesai memproses lamaran" artinya sdh di lihat mas? Tp tidak ada status "view xxx time" dilamaran tersebut. Bagaimana mas? Apa cv kita sudah selesai diproses atau seperti apa?

      Delete
    2. "Perusahaan sudah selesai memproses lamaran" - jadi perusahaan udh selesai bukaan dan sudah memanggil kandidat intinya job ini udh gk nerima lagi lamaran karna udh selesai.

      "Perusahaan sedang memproses lamaran" - berarti perusahaan sedang menyeleksi lamaran.

      Delete
  14. CV di JS yang kita ketik secara manual kan min? Nggak harus kita ketik dalam bentuk word atau pdf kemudian di upload kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. CV di JS itu sebenarnya hanya profil singkat tentang pelamar saja. Lengkapnya bisa langsung di upload di profil Anda.

      Delete
  15. Mas. Saya ingin bertanya untuk penggunaan js sendiri bagaimana menuliskan promosikan diri kita. Trus untuk tes JELA perlukah diisi ? Profil js yang baik itu seperti apa ?
    Thanks mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo itu saya kurang tahu. Coba deh baca tip n trick di web JS. Kalo Tes JELA, dapat di isi, karena ada beberapa perusahaan yang minta skor JELA-nya.

      Delete
  16. Kalo js, profil dibaca 2x oleh perusahaan, dan di bawahnya ada tulisan perusahaan sedang memproses lamaran, apa berarti ada kemungkinan utk dipanggil tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Di JS saya ada sampai 6 kali juga ga ada panggilan Gan. Intinya tetep doa dan usaha, cari terus. Jangan terpatok sama satu lowongan aja. Trims.

      Delete
  17. Jobstreet vs jobsdb
    Jobstreet:
    - Saya berulang kali undangan interview dr jobstreet, cuma ga pernah dpt job.
    - menurut saya, privasi pelamar tidak private, employeer bisa liat last active kita, coba liat ini:
    https://www.jobstreet.com.my/en/cms/employer/product-services/siva-recruitment-centre/screening-and-filtering/
    Saya rasa hal ini ngaruh sama mood rekruter untuk rekrut kita apa enggak.
    - dari point ke tiga, artinya jobstreet lebih memihak kepada kepentingan perusahaan dari pelamar.
    - SEMUA POINT INI BERSIFAT ASUMSI PRIBADI, BUKAN FAKTA ATAU RISET. HEHEHE

    JobsDB
    - Ini job ke tiga yang saya dpt dr JobsDB.
    - Temen saya jg lebih sering dapet kerjaan dr jobsdb.

    Kalimat penyemangat:
    - kalau mau makan nasi prosesnya banyak:
    Beli beras, cuci beras, masak, makan
    - kalau mau beli hp proses pilihnya jg lama:
    liat toko a, liat tokok b, c, d dst. Kemudian bandingin spek, kemudian bandingin harga sesuai budget, kalau cocok semua, baru beli.
    - Dari puluhan sampai ratusan lamaran, cuma beberapa panggilan interview, dari sekian interview, cuma 1 s.d. 2 aja yang mau terima (saya) kerja. Atau malah saya yang ga cocok sama perusahaannya.

    Kesimpulan:
    1. Meski saya lebih sering dapat kerjaan via JobsDB, bukan berarti lebih baik dari jobstreet.
    Jobsdb dan jobstreet hanya alat.
    2. Jangan baru 10 kali melamar terus menyerah, minder, dan merasa tidak dibutuhkan. Saya bisa sampe ratusan kali hehe.
    3. Rejeki itu diusahakan, ada yang dimudahkan, ada jg yang harus ekstra usahanya. Intinya terus berusaha, doa. Sampai dapat.

    ReplyDelete
  18. Untuk resume yg kita upload di jobsdb, yang bisa melihat hanya perusahaan yg kita lamar saja atau semua dapat melihat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu. Yang saya tahu kalo di JS, profil kita bisa dilihat oleh perusahaan lain.

      Delete
  19. Saya ingin tanya, kemarin saya dapat telpon untuk hadir interview di hati senin dan status lamaran saya dibaca 8x, tapi setelah itu saya melihat status lamaran saya berubah menjadi tidak sesuai, artinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya tetep datang saja kak ke interview. Jangan terlalu fokus sama status lamran aja. Tetep cari dan berusaha. Gud luck

      Delete
  20. Selamat sore, saya ingin bertanya pada awalnya status lamaran saya "perusahaan telah selesai memproses lamaran" lalu selang bbrp hari status lamaran sy berubah kembali menjadi
    "Perusahaan melanjutkan proses seleksi pelamar". Apakah maksud status lamaran sy yg terakhir tsb ? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  21. mas mau tanya, kalau kita enggk ngelamar di perusahaan tersebut, resume saya dilihat selang beberapa hari di telp, apakah ada notif di profil saya ? saya pakai JS , terimakasih

    ReplyDelete
  22. Skrng lg nyari nyari kerjaan udah mau sebulan. Dari 107 lowongan yg coba sy apply di JS ga ada satu pun yg di panggil.. semua CV berstatus sedang dalam proses..

    Kadang udh nurunin gaji.. posisi.. masih aja ga di response :(

    Sedih deh.. ehhh akhirnya malah nyangkut di linkedin.. ada yg nge DM lowongan posisi Deputy Manager call center.. sesuai kualifikasi.. lanjut sampe proses final..

    Kira2 yg sy alamin itu knp yak.. dr 107 posisi yg di apply kok ga di response?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah rezeki aja bro. Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha. Tuhan yang menentukan :)

      Delete
  23. Sama gan, sy jg krm udh 99 apply yg direspon interview cm 1, yg diview jg cm beberapa. Bahkah posisi yg job desk nya sangat sesuai dengan pengalaman sy.

    ReplyDelete
  24. mas kalo lamaran udah dilihat dan perusahaan sedang melanjutkan proses seleksi pelamar itu artinya apa ya?

    ReplyDelete
  25. Saya mau tanya untuk mengubah kehadiran interview gimana ya ? Saya salah pencet terima kehadiran, padahal mau nolak gimana ya ? Apakah akan berpengaruh pada akun JS saya ?

    ReplyDelete
  26. Mau tanya dong, kalau upload CV di JS gimana ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  27. Bagaimana cara menarik lamaran dan CV yang sudah dikirim ke perusahaan di Jobsdb ?

    ReplyDelete
  28. halo, sebelumnya thx u/ writter. soalnya saya penyedia kerja yg tadinya bingung mao pake jobsdb atau JS, krn review penulis akhirnya sy join JS.

    masukan2 aja nih untuk pelamar online
    bbrp bahan pertimbangan perusahaan (dalam hal ini saya)
    -lokasi pelamar, saya cari yg lokasi tinngal atau kantor sebelomnya yg ga terlalu jauh sama kantor saya
    -gaji, kadang fresh graduate expected salarynya lbh tinggi sama yg pengalaman dengan jenjang pendidikan yg sama. ini jadi pertimbangan
    -pengalaman
    -lama pengalaman pekerjaan, maksudnya kadang pengalamn kerjanya di banyak tempat tapi cm 4 bulan atau 8 bulan. tentu yg 2 th keatas di satu kantor lebih keliatan loyal, bukan sekedar kutu lompat
    -keseriusan dalam menulis lamaran/cv/foto, saya pernah liat lamaran pekerja yg fotonya sambil tutup muka, samaskali ga menarik atau bikin penasaran, bikin off iya, kita kan cari pekerja bukan cari jodoh ya hehe pokoknya makin serius lebih baik lah
    - kalo lowongan tidak memerlukan ketrampilan bahasa inggris, apalg bidang pekerjaan sudah jelas ga perlu bahasa inggris, ga perlu lah lamaran di tulis bahasa inggris
    - saya appreciate sekali kalo di setiap pengalaman kerja ada penjelasan pekerjaan lama dengan detail, jadi saya bs tau sesuai atau ga dengan apa yg perusahaan butuhkan


    fakta JS:
    -sekali post lowongan kerja, yg melamar bisa ratusan, paling bagus begitu di post pelamar buru2 apply, kl sudah hari2 berikutnya sudah agak malas baca karena/atau sudah ada bbrp kandidat

    - "why hire me" tools ini di aku kepake bgt kl yg lamar sudah banyak bgt krn ga mungkin buka satu2. isilah dengan di lengkapi skill yg perusahaan inginkan
    kl menarik, biasa aku buka.

    -kadang perusahaan lebih prefer ke pekerja wanita/pria saja, jadi mgkn itu salah satu alasan kenapa lamaran ga dibaca.

    - kalo sering dilihat bisa jadi perusahaan lagi membandingkan lamaran yang satu dengan yg lainnya

    HTH!

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)