Wednesday, March 1, 2017

MENJELAJAH BANDUNG DENGAN TAXI ONLINE - 1

Minggu kemarin adalah kali 3 gw liburan ke Bandung, Jawa Barat. Memang pada sebelumnya gw ke Bandung selalu menggunakan kendaraan pribadi. Baru kali ini gw menggunakan Kereta Api menuju Bandung. Sempet khawatir juga sih mobiliasasi selama di Bandung pake apa. Tapi gw mau coba pake taxi online aja di sana. Semoga banyak ketersediaan drivernya.

Dari rumah di Depok, gw naik Go-Jek. Sempet kesel, karena gw lagi buru-buru mau ngejar kereta, malah dapat driver yang waktu tunggunya 7 menit. Awalnya mau gw cancel, tapi ga jadi deh, kasian. Di atas 7 menit gw SMS si driver, katanya dia udah deket. Padahal dia baru jalan dari lokasinya (kan kelihatan di Map). Menunggu sekitar 12 menit, Go-Jek datang. Nada bicara gw bernada kesel, karena dia lama. Dan sang driver akhirnya ngebut sebagai permintaan maafnya. Gw turun di ST. Pondok Cina, jarak 6,2 km cuman bayar Rp 5.000. Thx to Go-Pay, membuat sistem transaksi menjadi mudah dan murah. Saran buat Go-Jek, sebaiknya ruang lingkup driver dalam mengambil order lebih sedikit. Sangat sulit bila dalam posisi seperti gw kemarin, lagi buru-buru, tapi dapat driver yang masih jauh.

Dari ST. Pondok Cina, turun di ST. Gondangdia. Langsung naik Go-Jek lagi ke Stasiun Gambir. Jarak 1,4 km bayarnya Rp 5.000 (jam sibuk). Tukang ojek online selalu nunggu 100-200 meter dari stasiun. Di situ udah banyak berkumpul ojek online (kalo kata driver-nya lahan basah). Jadi kedua pihak harus betul-betul saling mencari dengan ciri-ciri yang sudah diberikan.

Gw nyampe pukul 8 pagi dan langsung check in, karena kereta gw berangkat 8:30. Gw naik Kereta Api Argo Parahyangan, Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung, dengan harga tiket Rp 80.000. Walaupun namanya kereta ekonomi, tapi pas gw masuk kereta ini, bagus banget. Interiornya mewah, bangkunya 2-2, AC sentral, dan bagasi luas. Jauh bila dibanding kereta ekonomi AC ke Jawa. Menurut gw ini sekelas bisnis. Karena kelas eksekutifnya ada di gerbong lain. Kereta sampai di Bandung pukul 12:00. Sempet ribet si ngegoggling pake apa untuk ke hotel gw. Tapi, daripada ribet, gw langsung pesen Go-Car aja. Wow, langsung dapat. Harga tetap sama, jarak + 3 km hanya bayar Rp 12.000 dengan Go-Pay pastinya. Driver yang gw dapat ini orangnya ramah banget. Namanya Kang Nunu (karena di Bandung, gw pake sapaan khas Sunda), dia banyak memberikan saran kalo mau jalan-jalan di Bandung menggunakan taxi online. Ternyata sudah banyak wisatawan di sini menggunakan taxi online. Baik yang menggunakan argo manual ataupun via aplikasi. Banyak juga yang dibooking untuk beberapa hari. Dan ini salah satu tips yang mujarab: Bila ingin pergi ke Lembang, sebaiknya jangan lewat Dago, karena macet banget, bisa 2-3 jam lebih perjalanan. Ada jalan pintas lewat daerah bernama Paceut, bebas macet dan jalanan sudah aspal.

Gw nginep di Hotel Harmony Inn, daerah Talagabodas, + 3 km dari pusat kota Bandung. Mang Nunu si driver juga heran, sejak kapan daerah Talagabodas jadi banyak hotel. Hotel Harmony Inn ini hotel bintang 1. Tarifnya Rp. 220.000 per malam, dengan fasilitas AC, welcome drink, TV Kabel, kamar mandi di dalam, serta sarapan. Gw pesen via Traveloka. Karena waktu pesen via pegipegi.com, servernya sibuk terus, akhirnya gw ke Traveloka aja, dan harganya juga mirip-mirip. Silakan baca review gw tentang Hotel Harmony Inn di Traveloka.

Istirahat bentar, gw langsung makan siang, menuju pusat kuliner di Jalan Burangrang yang deket di daerah Talagabodas. Di sini ga cuman resto bermerek ataupun cafe instagramer, banyak juga PKL yang berjualan makanan. Selesai makan, lanjut ke Alun-Alun Bandung dan Masjid Raya Bandung. Cukup jalan kaki ke arah jalan raya, Jalan Asia Afrika. Cukup jauh sih, tapi namanya juga backpakeran kan, biar lebih berasa jalan-jalannya ^^.

Selesai main-main di alun-alun dengan karpet sintesis ini, lanjut ke Cihampelas. Dari Alun-Alun Bandung, jalan sedikit ke arah barat menuju Jalan Keutamaan Istri, lalu naik angkot warna hijau jurusan Kalapa – Ledeng, turun di Jalan Sastra dengan ongkos Rp 4.000. Wajah Jalan Cihampelas atau Ciwalk sekarang udah berubah, semua PKK-nya di taro di ‘atas’, yang bernama Teras Cihampelas. Tempatnya keren loh bro, nyaman, dan epic. Cocok untuk santai, nongkrong, dan berfoto.

Gw cuman lihat-lihat doang sih, ga belanja. Lanjut ke Jalan Riau atau Jalan RE Martadinata, dari Cihampelas naik angkot warna hijau-kuning jurusan Kalapa-Cicaheum. Di sini gw baru belanja di Factory Outlet yang berjejer di sini. Baju-baju di sini kualitasnya bagus, murah, dan produk lokal asli. Dari sekian banyak FO yang gw rekomen adalah Heritage.

Dari Jalan Riau gw lanjut ke Braga. Dari sini harus 2 kali naik angkot. Pertama, naik angkot ke BIP dulu. Baru naik angkot jurusan Kalapa-Dago. Turunnya nanti ga jauh dari Jalan Keutamaan Istri. Jalan kaki ke Jalan Braga. Jangan lupa foto di plang jalan dan monumen Braga yang epic. Jalan Braga ini kayak Kemang-nya Jakarta. Banyak pub, café, dan resto barat. Kalo duit kamu pas2an, saran gw coba wisata kuliner di PKL dan food truck yang ga jauh dari Jalan Braga. Dijamin murah dan kenyang :D. Karena udah tengah malam, gw balik ke hotel naik Go-Car.

Bersambung, lanjut ke sini.