Friday, February 8, 2013

Jose Mujica: Presiden Termiskin di Dunia

"Orang miskin itu adalah mereka yang hanya bekerja untuk memenuhi gaya hidup 
yang mahal, dan selalu ingin lebih dan lebih."
-  Jose Alberto Mujica Cordano

sumber: mendindia.net
Tak banyak para pemimpin di dunia ini yang bersedia memilih gaya hidup sederhana. Salah satu dari mereka adalah Jose Alberto Mujica Cordano, Presiden Uruguay. Walaupun tetap mengambil gaji sebagai presiden, tapi dia menyumbangkan 90% gajinya untuk amal. Gaji Mujica sebagai presiden sebesar US$ 12.000 atau sekitar Rp 116.000.000. Dia beramal untuk warga Uruguay yang miskin dan pengusaha kecil yang membutuhkan tambahan modal. Mijuca, mantan revolusioner sayap kiri, mengatakan dia tidak tertarik untuk mengumpulkan uang. Gaya hidupnya yang sederhana, menjadikannya sorotan dan perhatian dari berbagai negara.

sumber: www.bbc.co.uk
Pria kelahiran 20 Mei 1935 ini memilih tinggal di rumah peternakan milik istrinya, beberapa kilometer dari Montevideo, ketimbang di Istana Kepresidenan Uruguay. Dia hanya dikawal oleh 2 polisi dan seekor anjing berkaki tiga bernama Manuela. Di rumahnya tidak ada pembantu. Semua urusan rumah tangga dan pemenuhan kebutuhan hidup dikerjakan sendiri bersama istrinya. Untuk kebutuhan air, Mujica memiliki sumur di dekat rumahnya. Mobilnya pun hanya 1, VW Kodok keluaran 1987.

Apa yang membuat Jose Mujica memilih hidup sederhana, jauh dari hingar-bingar kehidupan mewah sebagai presiden? Saat menjadi gerilyawan, Mujica sudah akrab dengan kehidupan yang keras. Pada tahun 1960 dan 1970 dia adalah bagian dari Gerilyawan Uruguay Tupamaros, kelompok bersenjata sayap kiri yang terinspirasi oleh Revolusi Kuba. Dia tertembak 6 kali dan dipenjara selama 14 tahun. Sebagai tahanan politik, dia dibebaskan pada 1985 saat Uruguay menjadi negara demokrasi. Tempaan hidup yang keras ini yang membentuk pandangan dan cara hidup Mujica.
sumber: sumber: www.bbc.co.uk
Sebelum terpilih pada 2010 sebagai Presiden Uruguay, Jose Mujica pernah menjadi Menteri Pertanian, Peternakan dan Perikanan periode 2005-2008, dan kemudian menjadi Senator. Lucia Topolansky, istri Mujica juga mantan gerilyawati yang sekarang menjadi Senator. Tahun 2012, Mujica melaporkan harta kekayaan, dan jumlahnya sebesar US$ 215.000 atau sekitar Rp 208.000.000. Kekayaan ini hanya 2/3 dari kekayaan wakilnya, Danilo Astori, dan 1/3 dari kekayaan presiden sebelumnya, Tabare Vasquez.
Jose di ruang kerjanya | sumber: elcomercio.com

Kehidupan sehari-hari Jose
Pria yang sekarang berusia 77 tahun ini adalah seorang vegetarian. Sebagai presiden berkuasa, dia memiliki kebijakan pro masyarakat, seperti Kebijakan Penggunaan Energi Angin dan Biomassa. Dan kebijakannya yang kontroversial adalah Legalisasi Ganja dan Aborsi. Pada 2015, masa jabatan Jose Mujica berakhir, dan hukum Uruguay tidak memperbolehkannya mencalonkan dirinya kembali.


"Saya dijuluki 'presiden termiskin', tapi saya tidak merasa miskin.  Ini hanyalah masalah kebebasan, jika Anda tak memiliki banyak keinginan, Anda tak perlu bekerja seumur hidup seperti budak untuk memenuhinya. Dan dengan begitu Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri."
- Jose Alberto Mujica Cordano

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)