Friday, January 25, 2013

2013 Tahunnya Ajang Pencarian Bakat



Acara televisi dengan konsep pencarian bakat atau reality show mulai populer di Indonesia pada 2003 di acara Popstars yang ditayangkan Trans TV. Dalam acara tersebut, diadakan seleksi peserta dari seluruh Indonesia berdasarkan bakat yang dimilikinya. Peserta akan dinilai kelayakannya oleh juri utama (biasanya artis) dan juri pendamping. Setelah audisi, peserta yang lolos akan masuk ke babak utama. Saat babak utama, peserta akan dinilai oleh juri dan dipilih langsung oleh pemirsa lewat sms dan telepon. Terkadang, juri-juri dalam acara tersebut lebih menarik dari pada pesertanya sendiri. Juri-juri yang lucu, heboh sendiri, dan suka berdebat dengan juri lainnya, menjadi nilai tambah dalam acara ajang pencarian bakat saat ini. Tampilnya seorang host (MC) juga harus menjadi kekuatan tersendiri agar pemirsa tidak pindah chanel.

Begitulah konsep umumnya acara ajang pencarian bakat di Indonesia. Bakat-bakat yang dicari pun mulai variatif selain menyanyi, memasak, grup band, lawak, sulap, dan bakat lainnya. Bakat-bakat yang ditayangkan harus menarik untuk pemirsa, sehingga mendapatkan ranting acara tv dan menggaet sponsor. Pesertanya pun mencangkup semua umur, pria dan wanita. Peserta yang menjadi juara, selalu mendapatkan hadiah yang fantastis loh… dan pastinya juga langsung terkenal :) Dengan efek domino yang diberikan dari acara ajang pencarian bakat, maka stasiun televisi berlomba-lomba mengadakan acara tersebut, bahkan sampai membeli lisensi acara luar negeri. Hebatnya, acara seperti ini seolah mempunyai daya magnet yang kuat. Selalu diikuti oleh ribuan peserta yang umumnya dari kalangan masyarakat biasa. Bahkan ada peserta yang mencobanya berkali-kali agar dapat lolos dalam ajang tersebut.

Nah, di tahun 2013 gw memprediksikan akan banyak acara ajang pencarian bakat di televisi Indonesia. Baik yang sudah tayang maupun baru rencana. Berikut daftar yang gw kumpulkan:

  1. Indonesia Mencari Bakat 3 (Trans TV)
  2. Idola Cilik 4 (RCTI)
  3. X Factor Indonesia (RCTI)
  4. The Voice Indonesia (Indosiar)
  5. Master Chef Indonesia 3 (RCTI)
  6. Indonesia Idol 2013 (RCTI)
  7. The Master Season 6  (RCTI)
  8. Hijup Model Look 2013
  9. Miss Celebrity 2013 (SCTV)
  10. Dont Stop Me Now (Kompas TV)
  11. Pildacil 2013 (ANTV) 
  12. Stand Up Comedy Indonesia 3 (Kompas TV)

Kira-kira ada 12 acara ajang pencarian bakat yang gw dapatkan. Mungkin kalo temen-teman ada yang tahu selain ini, bisa ditambahkan di halaman komentar :) Dengan data yang gw kumpulkan ini, kalo dihitung-hitung, kira-kira akan ada 1 acara ajang pencarian bakat tiap bulannya di TV kita :D Bagi gw, acara ajang pencarian bakat di TV sah-sah saja. Tapi jangan keseringan dan mirip-mirip, takutnya penonton akan bosan dan bibit baru akan sedikit yang muncul. Hasil dari ajang ini juga melahirkan produk instan, yang bila tidak dipertahankan akan tenggelam dengan sendirinya. Hasil penting, namun proses jauh lebih penting. Bila para finalis dan juara tidak dapat berkompetisi dengan artis lainnya, tidak menutup kemungkinan bintang itu akan meredup dan kembali menjadi orang biasa :)

Maju terus bakat-bakat unggul dan kreatif bangsa Indonesia!

sumber: www.igcomputer.com
 

11 comments:

  1. Replies
    1. Hehehe... saya pengamat dunia pertelevisian :D

      Delete
  2. Replies
    1. Iya nih Gan... RCTI andalannya cuman sinetron sich :D

      Delete
    2. RCTI emang rajanya sinetron, dan sinetron banyak yang gak pantes dilihat dan dicontoh ma anak2

      Delete
    3. Setuju Gan... ceritanya mirip2, ga pantas, dan episodenya panjang...

      Delete
  3. Jurinya lagu lama harus ada yang berantem2 dikit sesama juri. Basi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan... seru malah komen2 jurinya :D

      Delete
  4. kapan ya indonesia idol 2013 bang ???

    ReplyDelete
  5. kapan Indonesia Idol 2013 di mulai ya bang ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu Gan... yang pasti setelah selesai X-Faktor. Biar ga bentrok =)

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)