Monday, December 31, 2012

Sejarah Perayaan Tahun Baru


Sob… ga terasa bentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2012 dan memasuki tahun 2013. Ga kerasa banget sob, perasaan waktu berjalan dengan cepat yah. Malah kata temen gw, semakin berganti tahun, waktu akan bertambah cepat 4x selama terus menerus. Malah ada yang bilang, waktu akan ga terasa bila hari2 kita menyenangkan loh :). Ngomong2, tahun baru selalu kita lewatkan dengan kumpul2, jalan2, kembang api, terompet, nonton acara tv yang bagus2, dan juga tidur. Tapi, ada yang tahu ga, sejarah Perayaan Tahun Baru? Nih, gw kasih tahu buat yang belum tahu, hehehe.

sumber: prjoseiadrn.blogspot.com
Menurut sejarah, Perayaan Tahun Baru, merupakan perayaan yang memiliki umur paling tua. Dimulai pada zaman Babilonia, tepatnya 2.000 SM. Pada zaman itu, Tahun Baru dirayakan pada 1 Maret menurut tanggalan modern. Kenapa tanggal segitu? Karena awal Maret merupakan masa panen rakyat Babilonia. Jadi masyarakat sana merayakannya sebagai simboli untuk menyambut Tahun yang Baru. Sejarah juga menyebutkan Perayaan Tahun Baru adalah perayaan yang paling akhir dilakukan oleh seluruh masyarakat di dunia, karena dilakukan akhir bulan Desember, bulan paling akhir dalam 1 tahun.

sumber: american-pictures.com
Beberapa pergantian pemerintahan di Babilonia, menyebabkan pergantian tanggalan pada masa itu. Pergantian ini juga dipengaruhi oleh rotasi matahari yang berubah terus-menerus. Akhirnya, pada masa pemerintahan Julius Caesar pada 147 SM, ia menetapkan satu tahun persis 365 1/4 hari, dengan mengumpulkan ‘kelebihan’ waktu itu sehingga satu tahun menjadi 366 hari setiap tahun keempat. (‘Kelebihan’ waktu itu dikumpulkan karena jangka waktu sesungguhnya bumi mengelilingi matahari hanya memerlukan kurang dari 365 1/4 hari) Walau kalander Julian itu lebih lama 11 menit 10 detik, namun hanya dibatasi sampai masa 12 bulan. Julian juga tetap memakai 7 hari sepekan kitab Kejaclian. Dan menetapkan tahun baru menjadi 1 Januari.

Ada baiknya, sebelum merayakan Tahun Baru, yuks kita renungkan terlebih dahulu, apa saja yang telah kita lakukan di tahun lalu dan resolusi apa yang kita siapkan untuk tahun berikutnya :)

Selamat Tahun Baru 2013 ^^

sumber: katapuisi.com

 sumber: wideshot/metrotv

1 comment:

  1. ane belum pernah ngerayain tahun baru gan, tapi klo tahun baru, umur tambah habis dah

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)