Thursday, December 6, 2012

E-Working, Kantor Bisa Jadi Sahabat Bumi

sumber: leanadmin.com
Electronics Working atau yang biasa disebut E-Working atau E-Work menurut The American Heritage® Dictionary of the English Language, edisi ke-4 adalah bekerja di rumah menggunakan komputer yang terhubung ke jaringan internet. e-Working sendiri mulai diterapkan di berbagai negara di seluruh dunia dengan tujuan utama, yaitu mengurangi Global Warming dan Penghematan Energi.

Sejarah e-Working
Di Irlandia, Inggris, e-Working sudah dimulai sejak 15 tahun yang lalu. Dicetuskan pertama kali oleh Riona Carroll, seorang anggota Pemerintah Irlandia Nasional Penasehat Dewan Teleworking (NACT). Ia pun membentuk perusahaan bernama New Ways of Working atau Cara Baru Bekerja pada 1997, yang dipimpin langsung olehnya. Perusahaan Riona ini memberikan penjelesan tentang manfaat serta mengalaman dalam menerapkan e-Working. Perusahaan ini juga dapat membantu menilai efektivitas dalam e-Working. Serta memberikan saran untuk pekerjaan dan bidang apa yang cocok untuk kliennya yang ingin menerapkan e-Working.

Definisi e-Working
e-Working dianggap sebagai metode bekerja dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di mana pekerjaan yang dilakukan tidak terikat di lokasi tertentu. Cara e-Working meliputi:
  • Bekerja di rumah pada waktu penuh atau paruh waktu
  • Bekerja paruh waktu di rumah dan sisanya di kantor
  • Bekerja saat bepergian, dengan kunjungan sesekali ke kantor

Fungsi e-Working lainnya
  • Mengurangi kemacetan lalu lintas
  • Mengurangi stress di kantor
  • Memungkinkan para penyandang cacat untuk terus bekerja
  • Mengurangi ketidakhadiran (Absen)
  • Peningkatan produktivitas
  • Peningkatan motivasi karyawan
  • Fleksibilitas kerja dan menambah intensif di keluarga
  • Mengurangi Carbon Footprint (Jejak Karbon) di lingkungan udara
sumber: blog.altosec.com.ar
e-Working di Indonesia
Belum ada sumber yang pasti, kapan tepatnya sistem e-Working masuk ke Indonesia. Di Indonesia e-Working lebih dikenal dengan sebutan Kerja Online (bukan bisnis online loh), atau bekerja di mana saja tanpa perlu datang ke kantor, yang terpenting komputer kita harus tersambung dengan internet dan bekerja langsung di tempat kita berada (bisa di rumah, warnet, atau pinjem komputer teman). Namun, menurut berita yang beredar, ada beberapa perusahaan di Jakarta yang mulai menerapkan sistem kerja e-Working untuk mengurangi kemacetan. Kemacetan sendiri mengakibatkan pemborosan energi, karena pada kecepatan rendah kendaraan, konsumsi bahan bakar lebih tinggi.

Fungsi e-Working di Indonesia
Sebagai salah satu fungsi mengurangi kemacetan, e-Working juga dapat membantu negara menghemat energi. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, masuk ke dalam 20 negara penghasil emisi CO2 terbesar di dunia. Emisi CO2 memiliki dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Untuk itulah pemerintah perlu menerapkan langkah-langkah jitu untuk mengurangi pemakaian energi yang berlebih, justru boros dan terbuang percuma akibat kemacetan. Minimnya kenyamanan transportasi masal, membuat orang-orang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi. Meningkatnya pengunaan kendaraan pribadi membuat PT. Pertamina, sebagai salah satu perusahaan penyedia bahan bakar negara, harus menyediakan banyak stok BBM tambahan per tahunnya. Bahkan sempat beredar isu bahwa BBM dari Pertamina akan habis sebelum akhir tahun 2012. Untuk menghemat energi dan dampak polusi di Jakarta, ada baiknya sistem e-Working segera diterapkan. Coba bayangkan bila ada 1 kantor yang menerapkan e-Working, dan jumlah karyawannya 50 orang. Wow! Akan ada 50 orang sudah menjadi sahabat bumi... mantap.

Sobat Bumi
Semakin sulitnya kita menemukan sumber daya alam seperti energi minyak bumi, yang semakin lama semakin berkurang terjadilah penipisan sumber daya minyak bumi. Sementara kebutuhan yang tetap tinggi dapat memicu krisis energi. Untuk itulah, dimulai dari diri kita sendiri, mari mengubah perilaku kita dalam gaya hidup dan konsumsi energi. Sayangi lingkungan dan bumi ini, jadilah sobat bumi segera dengan melakukan tindakan-tindakan nyata untuk menghemat energi dan mengurangi efek global warming. Sehingga di masa depan, anak dan cucu kita dapat merasakan hidup yang lebih baik lagi.
Terima kasih.

Selamat Ulang Tahun Pertamina 
sumber: science-project.osnpertamina.com















Sumber:
http://www.www-org.com/index.html
http://www.revenue.ie
http://www.klikgogreen.com 
http://www.eworking.com


Tulisan ini saya sertakan dalam kontes Blog:  
Blogger Contest PT Pertamina #SobatBumi

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)