Wednesday, December 12, 2012

Blogging Workshop Mengakhiri Kontes Blog "Enjoy Jakarta" dari Viva.co.id

Masih berbekas di ingatan saat gw dapat telepon dari Viva, bahwa gw masuk ke dalam 10 Besar Nominasi Kontes Blog Enjoy Jakarta yang diselenggarakan oleh Viva dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Kontes blog yang dimulai dari tanggal 7 November dan ditutup pada tanggal 7 Desember 2012, mengangkat tema pariwisata di Jakarta dan dituliskan di dalam blog pribadi. Blogger dan traveler yang berpartisipasi juga wajib join di Viva.log. Vlog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog melalui website ini. Dan nominator yang masuk ke tahap finalis, harus datang di acara "Blogging Workshop & Award Presentation Enjoy Jakarta", di Planet Hollywood, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2012.

Karena kantor gw di Kebagusan, Jakarta Selatan, seharusnya cukup mudah dan cepat gw bisa sampai di Planet Hollywood. Tapi karena gw nyasar, yang seharusnya peserta sudah harus sampai di sana sebelum jam 2 siang, gw malah sampe sana jam 3 siang :(. Beruntung, ternyata acaranya ngaret juga, hehehe. Acara baru mulai jam 3 siang, dan karena acara akan berakhir jam 4 sore, maka acara terkesan dilakukan buru2. Setelah pembuka oleh MC, peserta dihibur oleh tarian khas DKI Jakarta, yaitu Lenggang Nyai. Setelah itu, Bapak Karaniya Dharmasaputra selaku CEO PT VIVA Media Baru memberikan kata sambutannya. Beliau menerangkan bahwa dalam 2 hari, workshop ini sudah diisi oleh 150 peserta hingga kapasitasnya full. Dan peserta kontes blog diikuti oleh lebih dari 200 blogger. Di kesempatan ini juga beliau mengharapkan peran lebih blogger dalam memajukan wisata Indonesia, karena 80% online travel masih dipegang oleh asing yang total omsetnya hingga 2 triliun rupiah (hotel booking only). Pak Karaniya juga memperkenalkan online travel milik Viva, yaitu GONLA.com

sumber: @donzniel
Berikutnya, giliran aktor Tio Pakusadewo yang memberikan kata sambutan dan mengharapkan peran blogger dalam mengembangkan informasi tentang Rumah Teater Seni di Jakarta sebagai salah satu tujuan pariwisata. Selesai Bang Tio memberikan kata sambutan, dimulailah acara Blogging Workshop dengan pembicara:
1. Cucu Ahmad Kurnia, Bidang Promosi Dinas Pariwisata kebudayaan DKI Jakarta
==> Peran blogger dalam menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri untuk wisata di Jakarta
2. Tio Pakusadewo
==> Destinasi tempat wisata yang jelas dapat membantu wisatawan asing mendapatkan kenyamanan
3. Barry Kusuma, blogger dan penulis
==> Mengarahkan traveler untuk pergi ke destinasi pariwisata yang unik dan jarang dikunjungi
4. Riyanni Djangkaru, Editor in Chief Majalah Dive Indonesia
==> Tips2 meningkat mood dalam menulis
5. Agnes Agastia dan Risanta Darmawan dari Opera Software Indonesia
==> Menjelaskan Mobile Blogging dengan menggunakan Opera.
Dan Suwarjono salah satu Redaktur Pelaksana dari VIVA.co.id, menjadi moderatornya.
Tidak hanya mendengarkan, peserta juga dapat berinteraksi dengan ke-5 pembicara. Tentunya setiap penanya juga mendapatkan bingkisan menarik dari Kidzania. Setelah workshop dan tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Arief Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta. Dan setelah itu lah, acara berikutnya yang bikin gw deg deg serrr :-s: Pengumuman 3 pemenang Kontes Blog Enjoy Jakarta. Dan MC pun mengumumkannya: "Juara 3...." (deg deg deg),
Juara 2...." (ga deg deg-an, karena dah dibilang saudari), Juara 1...." (deg deg deg).
Dan selamat kepada:
Juara ke-2: Sitti Rasuna Wibawa dengan artikel berjudul "Gotik Estetik Sajian Katedral Jakarta." 
Juara ke-3: Eri Kasman G, SE, yang menulis "Berburu CD Bekas Premium di Jalan Surabaya". 
Dan ternyata gw tidak menjadi juara utama... tapi puji Tuhan, gw masuk ke dalam 10 blogger terbaik dalam kontes ini. 10 finalis mendaptkan hadiah utama: Sertifikat, Modem AHA, dan 2 tiket gratis Kidzania.
sumber: @thedaelami
Acara pun ditutup dengan tarian Lenggang Nyai dan door prize. Akhir kata saya ucapakan terima kasih kepada Viva.co.id., Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Kidzania, Gonla.com, semua pembicara, dan tentunya semua pihak dan peserta yang ikut meramaikan Blogging Workshop kemarin.
Sukses selalu... keep blogging... maju terus pariwisata Jakarta dan Indonesia! God bless.
sumber: @donzniel
Ini artikel blog gw yang menjadi "Finalis Kontes Blog Enjoy Jakarta":
[Enjoy Jakarta] Taman Spathodea: Oase di Tengah Perkotaan #enjoyjakarta @JakartaTourism @VIVA_log

4 comments:

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)