Saturday, August 18, 2012

5CM karya Donny Dhirgantoro

Doc. yuiworld.wordpress.com
“… Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.”- Ian

Penerbit   : Grasindo
Terbit      : Mei 2005
Halaman : 328
Genre     : Novel

Awalnya sempet kaget juga pas lihat buku ini udah memasuki cetakan ke-17 di tahun 2011. Artinya, selama 6 tahun buku ini terbit, penjualannya jalan terus! Ga kebayang, berapa yah royalti yang didapat penulisnya, hehehe. Buku ini juga mendapat penghargaan dari Goodreads Indonesia sebagai “Buku Indonesia Sepanjang Masa”. Seinget gw, buku2 sejenis ini mulai bermunculan pada saat buku tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirarta terbit. Dan karena buku itulah, era buku pada saat itu berubah, karena dibanjiri dengan buku2 bertema Persahabatan dan Mimpi.

Bercerita tentang 5 sahabat bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta dari zaman mereka di SMA (4 pria, 1 wanita, hmmm) hingga mereka kuliah dan kerja. Mereka berlima sering nongkrong dan jalan2 bersama.
  1. Arial: Sosok pria tampan, modis, atletis, dan agak cool. Kuliah di Falkutas Hukum, tapi ga menegerti tentang hukum.
  2. Riani: Wanita yang cerdas, cantik, serius, dan suka berdebat. Bercita2 kerja di TV, karena itu dia memilih kuliah jurusan Broadcasting.
  3. Zafran: Seorang penyair, seniman, suka galau, dan nyablek.
  4. Ian: Yang paling gemuk di antara gerombolannya. Suka main game bola Play Station dan paling porno >.<
  5. Genta: Sang ketua (gw rasa penulisnya dia nih). Asisten dosen di kampusnya, dan orang yang paling dibutuhkan oleh keempat temannya.
Karena sesuatu hal (baca sendiri yach :p), lima sahabat ini, yang selalu nongkrong bersama kapan pun dan dimana pun, memutuskan untuk berpisah (sendiri-sendiri) dulu selama beberapa bulan. Di sinilah cerita mulai seru (menurut gw loh), karena masing2 kehidupan pribadi tokoh utama diceritakan satu per satu. Dari urusan percintaan, cita2, dan pekerjaan diceritakan secara inspiratif, lucu, seru, dan menghibur. Dan dari bagian inilah, pembaca akan tahu bahwa ada cinta segi empat di antara mereka.

Setelah penulis menyelesaikan urusan pribadi para tokoh utama, mereka pun dikumpulkan kembali untuk melakukan perjalanan bersama ke Gunung Bromo di Malang. Dimulailah perjalanan seru kelima sahabat ini dari Jakarta menuju Malang. Dari Malang menuju Gunung Bromo. Dari Gunung Bromo menuju puncak Gunung Bromo. Di perjalanan itu, mereka bertemu berbagai macam orang, berbagai macam kisah, dan berbagai macam perjuangan untuk meraih mimpi mereka.

Overall… salut gw sama penulisnya.  Dia memiliki wawasan yang luas (tahu film dalam dan luar negeri, tahu buku, tahu syair2 zaman dulu dan sekarang, dan karakter orang serta wilayah di daerah Jawa sana), banyak kata2nya yang inspiratif, dan gw suka banget sama ga penulisannya, yang bikin kita pengen baca terus. Serta gaya penceritaan yang gaul tapi tetap serius. Pribadi, gw suka banget sama cerita mereka saat berpisah, dibanding cerita utama mereka di Gunung Bromo. Dan ending-nya yang terduga adalah, setelah 10 tahun mereka bertemu kembali, gw rasa pembaca ga akan ada yang menyangka… si ini sama si itu, si itu sama si ini alias pasangan hidup mereka siapa2 aja dan akhir cinta segi empat tersebut.

Gw kasih ranting 4 dari 5 untuk buku ini. Walau ceritanya udah biasa, tapi sekali lagi gw kagum sama penulisnya yang pinter abiissss. Buku yang wajib dibaca untuk obat semangat meraih mimpi sambil menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Post: 18 Agustus, siang

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)