Monday, November 28, 2016

PERPANJANG SIM C DI DEPOK

Tahun ini SIM C gw abis, per 5 tahun sekali di bulan November. Sebelum perpanjang, gw Google dulu untuk pelayanan SIM keliling di Depok. Infonya banyak tersedia dan jelas untuk setiap harinya dimana lokasi SIM Keliling. Gw inget banget, seperti yang di-posting TMC Polda Metro Jaya dan @restadepok gw baca info untuk SIM keliling hari Jumat, minggu ke 1,2,4 di Parkiran Depok Town Square, dan minggu ke 3 di Universitas Indonesia. Pas banget waktu gw perpanjang itu minggu ke 3. Menurut info, SIM Keliling mulai dari jam 8 sampai 12. Gw berangkat ke UI sekitar jam setengah 10. Sampai UI, gw nyari2 tuh mobil SIM Keliling, sampai muterin satu UI dan nanya2... hasilnya ga ada yang tahu! Kalo ada yang tahu lokasi SIM Keliling di UI, tolong komen di bawah sini yah. Thx :-)

Lanjut, akhirnya gw keluar UI lewat pintu Pondok Cina dan lewat jalan belakang DETOS. Di situlah, gw lihat ada mobil SIM Keliling di parkiran DETOS! Kesel banget, gw udah muter2in UI, eh tuh mobil ada di DETOS. Ga tahu gw yang salah minggu ke berapa, atau mereka yang salah, huff. Masuk DETOS parkir motor dulu di parkiran, baru naik menuju parkiran (sebelah tempat karoke Venus). Sehabis daftar, gw baru tahu kalo perpanjang SIM harus bawa surat keterangan sehat. Emang sih, info ini gw sempet baca di Google. Tapi gw kira ga ada, ga apa apa. Orang 5 tahunan sekali, kenapa mesti sehat atau kaga yah, hahaha. Petugasnya menyarankan untuk membuat surat keterangan sehat di dokter, puskesmas, atau klinik. Petugas memberikan gw saran untuk buat surat keterangan sehat di klinik dekat Juanda (Jalan Baru). Karena baru parkir motor sebentar, gw naik angkot aja sampai Jalan Baru terus jalan kaki. Ga berapa jauh jalan, di situ ada klinik kecil yang bernama Klinik Dawa. Gw buat surat keterangan sehat tanpa perlu diperiksa, cukup kasih KTP dan isi berat dan tinggi badan, kemudian bayar Rp 20.000.

Balik lagi ke DETOS, setelah melengkapi dokumen fotokopi KTP, fotokopi SIM, dan Surat Keterangan Sehat, isi formulir Permohonan Perapanjang SIM lalu nunggu dipanggil untuk masuk ke dalam mobil. Walaupun pendaftaran tutup jam 10, tapi petugasnya baik kog, masih nerima yang daftar, bahkan sampai jam 11. Nama gw dipanggil untuk giliran masuk ke mobil. Di mobil, ada 2 petugas, 1 bagian untuk foto SIM, dan satu lagi bagian cetak kartu SIM dan pembayaran. Untuk perpanjang SIM, dikenakan biaya Rp 105.000. Tanpa bukti atau kuitansi untuk kita. Di Internet pun gw Google lum jelas harga pastinya untuk perpanjang SIM. Gw ga berani nanya soalnya soal masalah ini, hehehe.



=END= 

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)