Friday, January 18, 2013

7 Tip Menjalankan Usaha Kecil



Mempunyai usaha sendiri… saya rasa itu impian semua orang. Baik pekerja, pelajar, pensiunan, ataupun pengangguran, usaha sendiri pastinya dapat menambah jumlah pemasukan kita, yang biasa disebut passive income. Kategori usaha dibagi menjadi 3, berdasarkan jumlah pemasukannya (omset), yaitu Usaha Kecil, Menegah, dan Besar. Jenis usaha juga menjadi 2, yaitu produk dan jasa. Tidak hanya modal, keberanian juga salah satu kunci untuk memulai sebuah usaha. Setelah kedua hal itu Anda miliki, saatnya melancarkan strategi-strategi bisnis untuk meningkatka pemasukkan Anda.

Setiap orang yang mulai menjalankan usaha, biasanya masuk ke dalam kategori Usaha Kecil. Lain hal bila orang itu mengambil ahli usaha, maupun membeli usaha franchise, bisa dikategorikan diluar Usaha Kecil. Nah, biasanya seseorang yang mulai usaha dari kategori Usaha Kecil, mereka harus bersabar 1-2 tahun untuk menerima hasilnya. Ingat, tidak ada yang instant di dunia ini (kecuali mie instant). Kecuali bila Anda mempunyai strategi-strategi bisnis yang jitu untuk meningkatkan usaha Anda, mungkin saja waktu 1-2 tahun bisa dipersingkat.

Berikut ini, 7 tips menjalankan usaha kecil yang saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Kumpulkan Informasi
Sebelum dan sesudah mulai bisnis Anda dari awal, kumpulkan informasi terlebih dahulu. Informasi yang dimaksud adalah mengenai penduduk, calon pembeli, dan bisnis sejenis di wilayah Anda. Setelah data-data telah terkumpul, pelajari, dan rancang strategi yang akan dilakukan, dari segi Kekuatan dan Kelemahan usaha Anda, serta Peluang dan Ancaman dari luar usaha Anda (SWOT).

2. Pembeli adalah Raja
Kepuasan pembeli adalah hal utama dalam setiap bisnis. Bila puas, mereka akan datang lagi dan berubah status menjadi pelanggan Anda. Bila tidak puas, pastinya mereka akan pergi ke toko sebelah. Jadi rencanakan strategi tersediri untuk pembeli Anda. Pastikan mereka puas dengan service Anda. Bila mereka belum puas, cari tahu apa yang mereka inginkan dari Anda. Bila pelanggan puas, tanpa mereka sadari, mereka akan mendatangkan lebih banyak pelanggan lagi untuk usaha kita (mouth to mouth promotion).

3. Harga yang bersaing
Dalam membuka usaha, Anda harus tahu harga pasar. Serta keinginan pelanggan terhadap harga yang pas dikantong mereka. Pastikan wilayah yang memiliki kemungkinan banyak pelanggan untuk usaha Anda. Sehingga Anda tidak membuang-buang waktu hanya untuk menjual di wilayah yang kemungkinan pelanggannya kecil.

4. Selalu Lakukan hal yang Baru
Sebuah usaha tidak boleh puas dengan "cara lama" atau “cara itu-itu saja”. Walaupun kita pernah sukses dengan cara A, kita tidak boleh berpuas diri atau terbuai dengan cara itu. Anda harus segera menemukan cara B. Tidak perlu takut gagal, karena kegagalan adalah guru dari keberhasilan. Luncurkan ide-ide kreatif agar dapat mendorong usaha Anda menjadi lebih baik dari pesaing.

5. Karyawan adalah Ujung Tombak
Banyak kepala lebih baik daripada satu kepala. Terkadang ide datang dari orang-orang yang berada di garis depan usaha Anda. Selalu dengarkan masukkan dari karyawan Anda. Dapatkan dan beri apresiasi untuk sebuah ide terbaik dari karyawan Anda.

6. Berpikir Masa Depan
Tentukan target per bulan dan per tahun untuk usaha Anda. Rangkaikan impian untuk usaha Anda, ingin sebesar dan seperti apa. Jangan takut terlalu muluk-muluk. Yang perlu Anda lakukan hanya berusaha semaksimal mungkin dan lihat hasilnya.

7. Evaluasi Terus-Menerus
Selalu lakukan evaluasi dari waktu ke waktu secara berkala dalam usaha Anda. Hasil evaluasi, dapat Anda gunakan untuk perbaikan dan pembaruan, serta mengetahui sejauh mana usaha Anda telah berjalan.

Demikian 7 tips menjalankan usaha kecil versi saya. Usaha-usaha kecil dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta membuka lapagan kerja baru. Fakta menyebutkan, Indonesia masih sangat kurang dalam bidang wirausaha. Jadi, marilah kita mulai membuka usaha dari sekarang :)

6 comments:

  1. Replies
    1. Setuju Gan... itu salah satu modal awal banget ^^

      Delete
  2. Kalau cuma direncanakan dan tdk ada tindakan...sia sia aja...tdk ada fungsinya yg namanya metode SWOT, 4P, POAC dan sejenisnya.

    menurut pengalaman saya. Lsg jalankan aja usahanya, jangan terlalu banyak menganalisa...nantinya malah tdk jadi. Seiring dg berjalannya usaha kita, pasti akan muncul kerikil atau batu yg tersandung...saat itulah kita baru menganalisa. Yg pasti modal harus ada dulu buat buka usaha dan subsidi kebutuhan hidup paling sedikit 1 tahun kedepannya....

    Kalau tdk ada kemampuan finansial...saya sarankan jangan buka usaha...jadi karyawan dulu...kumpulan dana ,jangan sekali kali usaha dibangun atas pinjaman bank , 100 dibanding 1 yg berhasil. Pinjaman Bank hanya untuk mengembangkan usaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan... kerja dan kerja. Setelah itu baru deh kita review hasil kita :)

      Delete
  3. masalah utama ada pada modal.... kemauan dan keinginan sudah tinggi tapi tanpa modal hemh... rieur.. tapi tetap samangat selalu buat agan2 yang mau berwira usaha.... maju terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin modal bisa pake tabungan atau pinjam temen :)
      Yup... maju terus wirausaha mandiri Indonesia ^^

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)