Tuesday, January 15, 2013

Pulau Terkecil di Dunia: Pulau Simping



Indonesia sebuah negara yang memiliki 17.508 pulau(*). Karena itu, Indonesia disebut juga sebagai negara kepulauan. Dipisahkan oleh lautan, Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu: Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya. Selain jumlah penduduknya yang banyak (nomor 4 di dunia), Indonesia juga memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Dengan semua kekayaan di atas, ternyata Indonesia juga memiliki Pulau Terkecil di Dunia, yaitu Pulau Simping.


View Larger Map
Keterangan: Pulau Simping belum Terdaftar Google Map

Pulau Simping terletak di Singkawang Selatan, Kalimantan Barat. Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia dan telah diakui oleh PBB. Sebelumnya, pulau ini disebut Pulau Kelapa Dua. Pulau Simping terdiri dari pasir, batu, dan beberapa pohon. Pulau ini memiliki Kelenteng, untuk masyarakat Tionghoa sembayang. Setelah mendapat pengakuan dari PBB, pengelola kawasan wisata Sinka Island Park, membangun jembatan beton ke pulau ini dan beberapa papan penjelasan.
sumber: http://zanu-zone.blogspot.com
Dengan luas + 1 hektar, Pulau Simping tak pernah sepi pengunjung. Kawasan ini juga termasuk dalam area konservasi dan hutan yang dilindungi.  Pulau Simping juga memiliki ke indahan Pantai Bay Mak Jantu, Laut Natuna, dan bukit-bukit kecil. Jarak dari kota Pontianak ke Pulau Simping + 2-3 Jam. Nah, buat temen-temen yang berwisata ke Pontianak atau Singkawang, ga ada salahnya mampir ke Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia. Bangga jadi anak Indonesia, mari lestarikan wisata Indonesia :)

1 comment:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)