Wednesday, January 23, 2013

Museum Satwa Terbesar di Indonesia

Satu lagi tempat wisata hadir melengkapi berbagai objek wisata di Kota Batu. Jawa Timur Park 2, berada di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Jawa Timur.

Pada Desember 2011, gw liburan ke rumah saudara di Malang. Selama beberapa hari, gw mengunjungi tempat-tempat wisata di kota ini. Salah satunya wisata Batu Secret Zoo yang cukup populer di Malang. Batu Secret Zoo adalah kebun binatang modern pertama di Indonesia. Berdiri pada Juni 2010 dan diresmikan oleh Presiden SBY, Batu Secret Zoo yang memiliki luas 12 hektar ini, menjadi salah satu icon pariwisata di Kota Batu, Malang. Tidak hanya Kebun Binatang, Batu Secret Zoo memiliki beberapa wahana, seperti Hotel Pohon, Cafe Istana Semut, Log Flume, dan Museum Satwa.
Berhubung saat itu sedang libur panjang, antrean masuk Batu Secret Zoo mengular. Akhirnya gw mengurungkan niat untuk masuk kebun binatang ini, dan beralih menuju Museum Satwa. Desain bangunan Museum Satwa sangat bagus dan menarik. Tidak seperti museum pada umumnya, Museum Satwa lebih terlihat seperti istana presiden. Jadi jangan lewatkan momen berfoto disekitar bangunan ini. Museum Satwa (Jatim Park 2) dibangun di atas lahan seluas 6.000 meter dengan berbagai koleksi hewan. Museum satwa ini berisi sekitar 84 aquarium  satwa dari berbagai daerah dan negara (Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika).

Dengan harga tiket masuk Rp 20.000 setiap harinya, pengunjung akan langsung melihat sangkar raksasa berisi burung-burung cantik. Di tengah museum, ada fosil dinosaurus yang terbuat dari serat fiberglas. Selain binatang pada umumnya, di museum ini juga tersedia berbagai spesies serangga dan ikan, tidak ketinggalan juga hewan zaman purbakala. Semua aquarium digambarkan diorama berbagai pemandangan alam yang membuat binatang di dalamnya lebih terkesan hidup.
Menelusuri museum ini, memang terasa berada dalam dunia satwa. Sesuai dengan tujuan didirikannya Jawa Timur Park 2, sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di museum ini berasal dari satwa yang telah mati. Museum Satwa merupakan wisata yang tepat untuk keluarga. Karena pendirian Museum Satwa didasari kenginan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran kepada pengunjung, terutama usia sekolah sebagai pendukung pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitat dan ukuran sesungguhnya.


Karena gw orang Jakarta, gw menganggap Kota Batu ini seperti Puncak-nya Bogor. Karena jalannya yang menanjak dan wilayah ini dikelilingi oleh gunung. Bagi wisatawan yang di Malang, jangan lupa ke Kota Batu. Kunjungi Museum Satwa Terbesar di Indonesia ini =)

1 comment:

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)