Monday, January 7, 2013

FIFA Ballon D'OR 2012

"Ballon d'Or" secara harfiah diterjemahkan sebagai "Bola Emas" atau biasa disebut sebagai Pemain Terbaik Eropa Tahun Ini. Ballon d'Or adalah penghargaan tahunan asosiasi sepak bola (FIFA), ditujukan kepada pemain sepak bola yang memberikan kontribusi terbaik untuk club dan negaranya. Penghargaan ini digagas oleh Kepala Editor Majalah France Football, Gabriel Hanot, yang meminta rekan-rekannya untuk memilih Pemain Terbaik Eropa Tahun 1956. Peraih penghargaan pertama kalinya adalah Stanley Matthews dari Blackpool.
sumber: caughtoffside.com

Pada tahun 1995, peraturan Ballon D'OR diubah. Semua pemain di luar Eropa dan yang tidak merumput di klub Eropa, boleh masuk ke dalam nominasi bergengsi ini. Dan pada tahun 2010, Penghargaan Ballon D'OR dan Pemain Pria Terbaik versi FIFA digabung menjadi Penghargaan FIFA Ballon d'Or.
 
Seperti tahun-tahunnya sebelumya, Penghargaan FIFA Ballon d'Or kembali diselenggarakan di Zurich, Senin, 7 Januari 2013. Pada tahun ini, Indonesia kembali menjadi salah satu juri dalam FIFA Ballon d'Or. Adalah Nurdin Saleh, wartawan senior Tempo, yang sudah tiga kali mewakili Indonesia memberikan suara untuk pemilihan Pemain Terbaik FIFA Ballon d'Or. Pada kesempatannya kali ini, dia memberikan suaranya untuk Lionel Messi dalam kategori Pemain Pria Terbaik.
sumber: ca.sports.yahoo.com
Inilah daftar pemain sepak bola dunia yang mendapat Penghargaan FIFA 2012:

FIFA Ballon d'Or: Lionel Messi (untuk ke-4 kalinya)
Pesepak Bola Wanita Terbaik FIFA: Abby Wambach
Penghargaan Puskas FIFA: Miroslav Stoch
Pelatih Pria Terbaik FIFA: Vicente Del Bosque
Pelatih Perempuan Terbaik FIFA: Pia Sundhage
Penghargaan Presiden FIFA: Franz Beckenbauer
Penghargaan Fair Play FIFA: Federasi Sepak Bola Uzbekistan

Tim Terbaik FIFA / FIFPro:
Kiper: Iker Casillas
Bek: Dani Alves, Gerard Pique, Sergio Ramos, Marcelo
Gelandang: Xabi Alonso, Xavi Hernandez, Andres Iniesta
Penyerang: Lionel Messi, Radamel Falcao, Cristiano Ronaldo




Selamat yah ^^

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)