Sunday, December 16, 2012

5cm. The Movie

Pada 5 Januari 2013, Film "5 cm" 2.000.000 penonton nomor 1, Novel "5 cm" nomor 1 di Toko Buku, dan OST  "5 cm" by Nidji nomor 1 di iTunes. Sumber: @5cmthemovie

  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Cast: Fedi Nuril (Genta), Junot (Zafran), Raline Shah (Riani), Igor Saykoji (Ian), Denny Sumargo (Arial), dan Pevita Pearce (Arinda)
  • Tayang: 12 Desember 2012
  • Durasi: 126 Menit
  • Genre: Humor, inspiratif, nasionalis
  • Penghargaan:  








”Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh disini, di depan kening kamu jangan menempel, biarkan dia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu”. - Zafran

 
Kekuatan Mimpi dan Persahabatan, Taklukan Gunung Tertinggi di Jawa

Novel laris 5cm. karya Donny Dhirgantoro akhirnya diangkat ke layar lebar. Sebelumnya, buku ini juga pernah diadaptasi menjadi novel grafis (komik) yang juga mendapat tanggapan positif dari pembaca. Mulai diputar serentak di seluruh bioskop pada 12-12-2012, film ini selalu rame oleh penonton. Saat gw nonton di hari ke-4, beberapa jadwal tayang sudah full. Ga perlu khawatir buat penonton yang belum baca novel 5cm., karena film ini easy learning dan menghibur :)
Cover Buku "5cm," | Klik di sini
Film dibuka dengan perkenalan 5 tokoh utamanya, yaitu Zahfran, Arial, Riani, Ian, dan Genta dengan masing2 sifat dan kelakuan mereka yang unik2. Dan ditengah persahabatan mereka ini, Genta mengusulkan agar mereka berpisah dan tidak menjalin komunikasi selama 3 bulan. Selama berpisah dari sahabatnya, masing2 para tokoh utama memulai kehidupannya sendiri2 yang mengundang decak kagum dan tawa dari penonton. Ada kisah tentang Ian dan skripsinya, Arial dengan perkenalannya dengan seorang cewe, Pedekate Zahfran dengan Arinda-adiknya Arial, Riani yang kangen dengan sahabat2nya, serta Genta dengan pekerjaanya di kantor. Kehadiran Anum, pianis Hitam Putih Trans 7, sebagain bintang tamu juga sangat menghibur penonton bioskop.
sumber: http://jakartavenue.com
Tiga bulan pun berlalu dan kelima sahabat itu berkumpul kembali dengan satu tujuan… menaklukan gunung tertinggi di Jawa, Gunung Mahameru. Dengan kehadiran Arinda yang ikut dalam rombongan, lebih meramaikan suasana kelima sahabat ini. Memulai perjalanan dengan kereta api hingga tiba di Malang, mereka pun akhirnya tiba di Gunung Mahameru. Petualangan dimulai, pendakian yang berliku dan melelahkan dijalani oleh kelima sahabat itu untuk mencapai puncak Gunung Mahameru tepat pada tanggal 17 Agustus. Perjalanan mereka tidak mulus, kelelahan fisik dan beberapa kecelakaan menerpa rombongan ini saat perjalanan menuju puncak gunung.
Menuju Puncak Mahameru
Walaupun ada beberapa film yang diadaptasi dari novel dinilai gagal, tapi menurut gw untuk film 5cm. Rizal Mantovani berhasil menvisualisasikan kisah tersebut ke dalam sebuah film. Film yang bergenre humor ini akan membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal setiap saat, karena kekocakan para pemainnya. Sisi romansa dan inspiratif tidak kalah juga dengan humor yang disuguhkan dalam film. Eksplorasi terhadap keindahan Gunung Mahameru dalam film ini juga menjadi salah satu nilai tambah. Yang menurut gw kurang adalah beberapa penokohan yang kurang kuat, dan ending yang agak berbeda dengan bukunya :D Namun semua tertutup dengan kedahsyatan film ini serta soundtrack yang diisi oleh Nidji akan menambah semangat saat menonton.
Keindahan Ranu Pane
Dengan menonton film 5cm., dapat menambah rasa nasionalis terhadap negara, takjub akan ciptaan Tuhan, dan kekaguman kita akan alam Indonesia yang sangat kaya serta indah ini. 

Watch The Trailer!


No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)