Monday, November 26, 2012

OSN-PERTAMINA: Mencerdaskan Bangsa, Memajukan Negara

Sumber: seputarkampus.com
Olimpiade Sains Nasional Pertamina atau yang biasa disebut OSN-PERTAMINA adalah salah satu wujud kepedulian Perusahaan Tambang Minyak Indonesia (PERTAMINA) terhadap pendidikan di Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Sejak diselenggarakan pada 2008, setiap tahun OSN-Pertamina terus menyempurnakan program ini. Pada tahun 2012, OSN Pertamina mengambil tema besar "Mencetak Generasi Berprestasi, Sebagai Sobat Bumi". Selain masih mengeluarkan kategori Teori, OSN-Pertamina juga meluncurkan Science Project dengan hadiah total sebesar 2,8 Milyar. Hadiah tersebut diberikan untuk mahasiswa dan universitas mahasiswa tersebut, sebagai dana tambahan untuk pengembangan sains. Sebuah program yang genius untuk lebih mendekatkan lagi masyarakat terhadap sains, mengubah paradigma sains yang awalnya rumit menjadi menyenangkan, serta menambahkan satu langkah ke depan untuk para pencinta sains dalam mewujudkan cita-citanya.

Anak Indonesia Cinta Sains
Untuk OSN-Pertamina sendiri, tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa dengan jurusan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), tapi mahasiswa dari berbagai jurusan, baik dari universitas negeri dan swasta. Yang mengejutkan jumlah peserta membludak hingga 19.238 orang dari 33 provinsi di Indonesia. Padahal, target Pertamina hanya sekitar 18.000 orang*. Hal ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia sangat menyenangi sains dan ingin pengetahuan mereka dibagikan serta diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari dan pastinya semua ini dilakukan untuk Indonesia. Program OSN-Pertamina mendorong mahasiswa yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya, karena sains salah satu bidang yang dapat mempengaruhi kemajuan teknologi sebuah negara. Universitas tempat diselenggarakannya OSN-Pertamina:
Sumber: osnpertamina.com

55 Tahun Pertamina
OSN-Pertamina 2012 adalah salah satu program dalam memperingati Hut Pertamina yang ke-55. Di umur Pertamina yang sudah tidak muda lagi, Pertamina menggunakan tagline "Sobat Bumi". Sobat Bumi adalah program Pertamina untuk menjaga Bumi dengan melakukan beberapa program pelestarian lingkungan. Program itu antara lain adalah menabung 100 juta pohon dan pembangunan Sekolah Sobat Bumi**. Program-program tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia lebih sadar terhadap lingkungan sekitarnya. Tidak hanya menerima, tapi juga harus memberi tindakan nyata untuk bumi ini, yang selama ini telah memberikan kehidupan untuk kita semua.

Science Project
Tidak hanya ujian Theory, yaitu mahasiswa menjawab 120 soal pilihan ganda (A-E) yang berkaitan dengan salah satu bidang sains, yang menguji wawasan mahasiswa terhadap sains. Namun ada juga, Science Project, yang menuntut agar mahasiswa tersebut dapat menerapkan gagasan dan pengetahuannya terhadap science ke sebuah karya. Dan pastinya karya tersebut harus sesuai teori dan praktiknya, serta dapat diaplikasikan untuk kebutuhan orang banyak. Untuk pemenangnya, akan diberikan dana dan dibantu pengembangannya oleh pihak Pertamina.
  
Selamat Ulang Tahun Pertamina
Sumber: science-project.osnpertamina.com














Sumber:
(*) http://www.republika.co.id, 13 Oktober 2012
(**) http://www.republika.co.id, 24 November 2012

Tulisan ini saya sertakan dalam kontes Blog: 
"OSN Pertamina"



 

3 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih juga... sukses selalu untuk Pertamina :)

      Delete
    2. Salam OSN PERTAMINA... kira2 kapan yang pengumuman kontes blognya? Terima kasih :)

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)