Sunday, November 11, 2012

Journey to Jogja Part 6



Biar ga bingung, yuks baca part 5-nya dulu sob, di sini

Hari ketiga atau hari terakhir gw di Jogja, tujuan wisata kali ini adalah wisata Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Perjalanan kali ini, lagi2 gw tempuh dengan motor. Karena menurut info, untuk ke Borobudur, harus 2 kali naik bus. Gw pun bangun pagi2 sekali, sekitar jam 8 gw pun berangkat menuju Borobudur. Perjalanan naik motor menghabiskan waktu 2 jam, tanpa istirahat. Jalanan menuju Borobudur cukup lancar dan udara sedang dingin2nya. Yang patut diwaspadai adalah kecangnya angin dan banyak bus pariwisata di daerah Magelang, serta banyaknya debu sepanjang jalan pasca letusan Gunung Merapi pada Oktober 2010.
Doc. @donzniel

Setelah sampai Borobudur, ternyata motor ga boleh parkir di dalam sob. Jadinya, motor diparkirkan di sepanjang ruko2 yang terletak dekat tempat wisata ini. Untuk hitungan hari biasa, tempat ini terbilang cukup rame dan gw kira pastinya lebih rame kalo musim liburan. Banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang sudah memadati tempat wisata ini. Menariknya, dalam rangka menasionalisasikan batik, pada awal 2012, setiap wisatawan yang masuk ke Borobudur harus memakai kain batik yang diikatkan dipinggang. Kain batik ini disediakan oleh pengelola tempat wisata, jadi semuanya gratis sob. Dibalikinnya setelah turun dari Candi Borobudur.
Pengunjung menggunakan kain batik
Pasca letusan Gunung Merapi masih berbekas di candi ini. Akibat debu vulkanik yang turun, membuat lantai pada Candi Borobudur selalu dilapisi oleh debu2. Akibat peristiwa itu juga, beberapa artefak di candi ini dipugar dan beberapa diganti dengan yang baru. Saat erupsi tersebut, masyarakat Magelang dan sekitar betul-betul merasakan kekuatan alam yang dahsyat. Masih berbekas dan dirasakan oleh penduduk sekitar. Kalo kalian melintasi jalan di Magelang, kalian akan menemukan petunjuk tempat2 untuk mengungsi dan petujuk pertolongan pertama untuk menangani peristiwa alam itu. Banyak juga sungai yang “mengering” di Magelang akibat terkena lahar panas yang turun dari gunung merapi. Kalian bisa menemukan monumen peringatan erupsi merapi di pintu keluar Candi Borobudur.
Doc. @dozniel

Setelah selesai muter2 di Candi Borobudur, saatnya gw kembali ke Jogja. Namun, karena sudah siang dan perut lapar, gw pun cari tempat makan di sekitar sini. Setelah Tanya dengan tukang parkir, beliau merekomendasikan gw makan di Warung Makan Mba Sri, sekitar 1 kilometer dari Candi Borobudur. Dan tukan parkir di Candi Borobudur juga kasih tahu gw jalan pintas menuju Jogja, atau biasa disebut jalan tikus :D. Cukup 20 menit, kita sudah tiba di warung makan ini.
Lihat review gw tentang Warung Makan Mba Sri di sini

Setelah perut kenyang, gw pun melanjutkan perjalanan kembali ke Jogja. Sekitar 2 jaman juga waktu yang ditempuh dengan mengikuti jalan tikus yang diberitahukan oleh si tukang parkir. Jalan tikus itu meliputi jalan satu arah dari perumahan warga sekitar, menyebrangi sungai “mati” dengan jembatan buatan warga (kena fee lewat sob), dan jalanan sekitar persawahan. Cukup menghemat waktu hingga tiba di jalan besar Magelang. Tidak perlu takut nyasar sob, karena rambu2 di sini lengkap dan jalanan besar satu arah. Jadi perjalanan selalu lacar dan beristirahatlah bila kaliah lelah. ^^


HTM Candi Borobudur


Bersambung dulu yah sob…

13 comments:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Akhir bulan lalu saya juga kesana...
    Indah...
    tp sayang setelah renovasi tidak kelihatan betapa ajaibnya borubudur ini,, karena sudah pake semen dimana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... sudah banyak yang di semen. Dan selalu ada pemugaran terus akbibat pasca erupsi. Bekas debu vulkanik masih tersisa di Borobudur.

      Delete
  3. Thanks gan, recommended banget :D
    gw ada rencana ke jogja agustus ini. Dari mulai penginapan, sampe tempat2 wisata kayanya gw ngikutin jejak lo deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga Gan, baca dari awal sampai akhir :)
      O0o0, mau ambil libur Lebaran yah?
      Sep deh... have a nice weekend yah ^^

      Delete
  4. mao tnya donk gan, house 24 ke malioboro jauh ga yaa?? kira2 brpa jam?? thx before

    ReplyDelete
  5. Lumayan kak... House 24 di arah selatan. Kemarin saya naik motor. Sekitar 10 menitan lah.

    ReplyDelete
  6. 10 menit naik motor, kira2 klo naik mobil brpa lama yaa??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin 20-30 menit kali yah. Soalnya Jogja macet juga Kak. Banyak pasar juga dan bus+angkot+becak+sepeda yang berhenti sembarangan :D

      Delete
  7. klo naik mobil kira2 brpa menit yaa??? hehehe :D

    ReplyDelete
  8. hahahah ga beda jauh yaah sama jakarta -___-

    ReplyDelete
  9. Senengnya ketemu blog ini :D pas banget nih, ada rencana Des ini ke Jogja dan nginep di House 24 ^^ skg sih harganya udah 140rb/mlm kamar AC... thank you so much ya udah jembrengin info2nya termasuk sewa motor dan lama perjalanannya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... terima kasih juga kak. Sudah berkunjung ke blog saya. Semoga bermanfaat. Met weekend yah :D

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)