Saturday, August 11, 2012

(Ceritanya) Bayar Pajak dan Perpanjang STNK Motor

Mengingat pajak motor gw jatuh tempo pada tanggal 13 Agustus 2012 dan STNK habis pada tahun 2012, maka mau ga mau gw harus (sebagai warga negara yang baik) memperpanjang kedua hal tersebut, Dan PR-nya lagi, karena motor gw masih termaksud wilayah Jakarta, jadi gw harus ngurus di Pusatnya Kepolisian (Polda Metro Jaya), Jl. Jendral Sudirman No. 55 Jakarta Selatan. Dan rumah gw, di Depok -__-

Dari rumah, gw jalan pukul 09:15. Nyampe pukul 10:40. Gw catet, ada 3 titik macet parah, padahal itu lagi jam kerja loh. 1. Jalan Pancoran 2. Deket pintu Tol Tebet 3. Jalan Sudirman (Foke mana Foke). Dan pintu masuk Polda Metro Jaya, dibelakang loh. Jadi kalo lo ga belok sebelum wilyah Polda Metro Jaya, lu harus belok di putaran berikutnya dan akan muterin tuh tempat (kaya gw) baru bisa masuk di gerbang utamanya =)

Nyampe2, karena gw baru pertama ke sini, kesan yang gw dapat, tempatnya luas, gedungnya gede, gersang atau ga ada pohon dan rame kendaraan dan orang2 (padahal hari kerja juga. Berarti pada izin kerja kaya gw). Parkiran motor letaknya di kanan bawah, luas, dan panas (tidak ada tempat teduh). Setelah tanya2 sana-sini, gw langsung menuju gedung di deket parkiran motor (nama gedungnya gw lupa, pokoknya bagian STNK). Setelah masuk, fotokopi STNK, KTP, BPKP (antre dan bayar 2 ribu, sekali kopi). Bagian motor lantai 4... et dah, bakal pegel banget nih.

Setelah naik ke lantai 4, dah banyak orang di dalem, Banyak loket, bikin bingung. Setelah antre di salah satu loket, disuruh isi folmulir dulu. Pas gw isi, agak bingung juga ngisinya. Dan ternyata banyak calo yang nawarin jasanya, Buset deh, kantor polisi, malah banyak calo. Setelah isi formulir dan antre, ternyata gw di saranin untuk cek mesin dulu yang berguna untuk perpanjang plat motor. Akhirnya gw turun, ke parkiran, dan menuju tempat cek mesin di daerah utara Polda Metro Jaya. Setelah sampai, kita ambil blangko cek mesin, anter, dan diperiksa. Periksanya pun cuman dilihat-lihat doang -__- Lalu kita antre lagi di loket, bayar 30ribu-yang katanya untuk plat baru-dan selanjutnya kembali lagi ke gedung pertama.

Setelah antre lagi, tunggu nama dipanggil, datangi loketnya, bayar pajak, tunjukin bukti cek mesin, dan kita dikasih kopian STNK baru untuk mengajukan plat baru. Setelah itu, pergi lagi ke gedung plat (sebelahan dengan gedung cek mesin). Antre lagi, petugasnya minta kita bayar seiklasnya (gw bayar 10 ribu), tunggu beberapa menit, dan akhirnya plat baru pun jadi, walaupun kualitasnya 'asal jadi'. Selesai deh segala urusan :)

Pesan dari gw, hati2 dengan calo. Karena di setiap tempat di Polda Metro Jaya, bertaburan calo yang menawarkan jasa mereka. Saran gw, mending kalian berangkat sendiri, gampang kog caranya. Kalo ga sempet, yah pake calo atau temen yang udah kenal deh =)

Semoga bermanfaat

Post: 12 Agustus 2012, siang.

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)