Friday, July 27, 2012

Laba-Laba dan Jaring Kesayangannya karya Elwyn Brooks White

Denger-denger buku ini, 'katanya' best seller. Jadi tanpa berpikir dua kali, langsung gw beli di PBJ 2012 kemarin.

Penerbit: Dolphin
Terbit: Desember 2011
Halaman: 240
Genre: Inspiratif

Pas membuka halaman pertama, cukup takjub melihat beberapa endorsement dari beberapa penulis dan orang terkenal. Pas lihat halaman copyright-nya, ternyata baru cetakan pertama -__-

Okelah kalua begitu... yang penting tetep gw baca :) Buku ini berjudul asli Charlotte's Web yang terbit pada 1952. Buku ini merupakan Buku Anak Sepanjang Masa. Telah diterjemahkan lebih dari 23 bahasa. Karya lainnya yang terkenal dari penulis ini adalah Stuart Little. Cerita fabel tentang persahabatan seekor Babi kecil dan Laba-Laba. Tokoh lainnya ada Fern, seorang gadis kecil yang dapat mendengar perbincangan para binatang di kadang ternak. Ada seekor Tikus tua, pasangan Angsa, sekelompok Domba tua dan para Sapi.

Dikisahkan, lahirlah seekor babi yang diberi nama Wilbur oleh Fern. Karena melihat babi itu lahir kecil, tidak seperti babi biasanya, maka pemiliknya memutuskan untuk memotongnya. Tapi Fern memaksa ayahnya untuk tidak memotongnya. Melainkan membiarkan Fern untuk merawatnya. Setelah beberapa bulan dirawat oleh Fern, ternyata babi itu sering mengotori rumah mereka. Akhirnya, ayahnya Fern menjualnya ke paman Fern yang mempunyai peternakan juga. Di sanalah Wilbur bertemu teman-teman barunya. Dan seekor laba-laba bernama Charlotte.

Singkatnya, melihat pertumbuhan Wilbur yang cukup gemuk, paman Fern berencana untuk memotongnya pada saat Natal. Wilbur pun panik dan ketakutan. Charlotte pun berusaha untuk menolong temannya. Akhirnya Charlotte mempunyai ide untuk membuat agar Wilbur dapat terkenal sehingga dapat menyelamatkan nyawanya. Caranya??? Baca dunk di bukunya :p

Semua usaha butuk pengorbanan... Charlotte pun mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan Wilbur :(
Overall, gw kasih ranking 3,5/5 untuk buku ini. Ceritanya mengalir dan bikin penasaran. Suka lucu melihat ilustrasi babi di buku ini. Dan tersedih bila membayangkan babi ini akan dipotong. Cerita persahabatan memang selalu menarik untuk dibaca dan selalu mengandung hikmah dari setiap peristiwanya.
Sekian...

Post: 28 Juli 2012, siang.

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)