Friday, August 18, 2017

BIKIN E-KTP BAYAR 1 JUTA BESOK LANGSUNG JADI

Gw lahir dan besar di Purwokerto, Jawa Tengah. Selesai kuliah, gw merantau kerja di Jakarta. Tinggal di Depok, Jawa Barat. Lima tahun yang lalu gw menikah, istri KTP Banyumas, dan gw masih KTP Purwokerto. Kami tinggal di Bogor dan punya anak 1. Tahun 2016 yang lalu, gw ditugaskan kantor untuk dinas ke luar negeri. Yang artinya gw harus bikin paspor, sementara untuk bikin paspor harus di Kantor Imigrasi sesuai domisili. Gw harus bikin KTP Bogor. Gw pun mendatangi kantor kelurahan terdekat, yang maaf, gw ga bisa nyebutin dimana, demi keamanan masing2 :). Di situ gw ketemu seorang PNS, yang gw ga tahu jabatannya apa, tadi dia duduk dengan meja yang ada alat foto dan printernya. Beliau PNS bilang, blangko E-KTP sedang kosong, dan prosesnya bisa sampai 3 bulan. Padahal gw harus segera bikin paspor untuk tugas ke luar negeri. Udah sempet pasrah nih, dan gw menghubungi kantor untuk bilang berangkat aja deh tanpa gw. Beliau PNS itu pun memberikan kode ke gw, “mau dibantu ga mas?” Sontak, gw pun mengiyakan. Beliau PNS bilang, silakan siapkan 1 juta rupiah cash hari ini. Besok KTP mas langsung jadi! Tanpa pikir panjang gw pun langsung bergegas ke ATM untuk ambil duitnya. Kenapa gw setuju dengan harga segitu? Karena sudah 5 tahun nikah, gw belum punya Kartu Keluarga. Urusan bikin Surat Pindah aja ribet banget dan duit2 terus. KTP domisili suami-istri juga belum punya ^^

Gw pun langsung menyerahkan duit 1 juta itu ke Beliau PNS, pastinya dengan diem2, hehehe. Setelah itu gw dan istri langsung disuruh foto untuk bikin E-KTP. Besoknya gw dateng lagi ke kelurahan. Apa yang gw dapet dengan bayar 1 juta? 2 KTP suami-istri dan Kartu Keluarga! E-KTP nya itu asli loh, karena Beliau PNS langsung menunjukkan sebuah program di komputer mejanya untuk menunjukkan bahwa NIK di E-KTP gw asli dan terdaftar. Akhirnya gw punya KTP domisili setelah bertahun2, hehehe. Thx buat Beliau PNS di sana yang telah “bantu gw”. Emang salah sih... tapi mau gimana lagi, susah bro urus apa2 di negara ini. Mau jujur aja diribetin --__--.  Asal ada fulus, semua mulus :)


==END==

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)