Sunday, February 3, 2013

Bogor Berbatik, Indonesia Berbatik


Bogor, sebuah kota di daerah Jawa Barat, memiliki beberapa ikon wisata, seperti Istana Kepresidenan, Kebun Raya Bogor, Tugu Kujang, Taman Sari, Puncak, dan kekayaan kuliner (toge goreng), flora (bunga bangkai, bunga teratai, daun talas), serta faunanya (rusa tanduk). Kota yang berpenduduk + 1 juta jiwa ini, sepanjang jalanannya masih di dominasi pepohonan rindang yang membuat udara kota Bogor selalu sejuk. Didominasi oleh masyarakat Sunda, Bogor mempunyai sebutan yang khas, yaitu Kota Hujan. Setiap tahunnya, Kota Bogor dikujungi rata-rata 3,3 juta wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Namun, siapa sangka, dibalik keindahannya itu, Kota Bogor masih menyimpan potensi besar lainnya. Yaitu Industri Batik Bogor.
sumber: http://bogist.com
Kota Bogor dapat berpeluang menjadi pusat kerajinan batik yang baru. Pasalnya, Batik Bogor mempunyai corak dan ragam khas yang diproduksi perajin di kota itu. Bisa dibilang, motif pada batik itu “khas Bogor” banget. Selain memiliki keunggulan yang komparatif dan kompetitif, Batik Bogor tidak diproduksi secara masal. Jadi jangan takut, akan ada batik yang sama dengan punya Anda. Cukup memesan secara offline maupun online, Batik Bogor sudah bisa Anda dapatkan. Produk yang ditawarkan oleh Batik Bogor bermacam-macam, seperti kain, pakaian, jaket, sandal, tas, topeng, dan berbagai aksesoris bermotif batik lainnya. Motif batik yang diproduksi pun dapat melalui proses tulis, cap, maupun printing.
Sejarah Mencatat:

Teknik membatik sudah ada sejak abad ke-4 SM, ditemukan di Mesir, untuk pembungkus mumi yang dilapisi malam dan membentuk pola. Di Indonesia, batik sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX
Industri Batik Bogor sebenarnya sudah dimulai sejak Januari 2008. Siswaya Syamhudi, orang pertama yang mendirikan usaha batik khas Bogor. Dia telah membangun tradisi baru kerajinan batik di Bengkel dan Butik Batik yang diberi nama "Tradisiku". Batik khas Bogor mengusung gambar rusa, prasasti, bunga talas, dan lainnya sebagai motif batik. Adalan Batik Bogor adalah Kujang-Kijang dan Hujan Gerimis. Ciri khas motif inilah yang membedakan Batik Bogor dengan batik dari daerah lainnya.

Proses pembuatan Batik Bogor hampir sama dengan pembuatan batik pada umumnya. Mulai dari tekhnik pewarnaan hingga pembuatannya tidak jauh berbeda. Namun yang membedakan Batik Bogor adalah motifnya yang khas dan unik, serta umumnya batik ini berwarna ungu. Kualitas warnanya pun dijamin tidak akan luntur atau memudar. Batik Bogor juga dapat membuat batik sesuai pesanan atau keinginan pelanggan.
Sejarah Mencatat:

UNESCO telah menetapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Untuk memperingati hari Batik, masyarakat Indonsia diharapkan berbatik saat beraktivitas di luar.
Di Bengkel dan Butik Batik "Tradisiku", Siswaya membuka pelatihan dan kursus membatik untuk konsumen yang tertarik mempelajari batik. Pelatihan ini mengajarkan segala hal tentang batik, dari cara menggunakan canting, menggambar, hingga memberikan warna. Lengkapnya, mengikuti proses produksi bahan mentah hingga menjadi batik yang siap dijual. Semua teori dan praktik tentang batik bisa Anda dapatkan di sini. Hal itu menjadi alternatif wisata sekaligus pendidikan yang baik untuk anak sekolah ataupun umum yang datang untuk membeli Batik Bogor di tempat ini.

Dr. Ifan Haryanto pemerhati batik yakin, Batik Bogor memiliki prospek yang sangat cerah. Bahkan, toko Batik Bogor dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata baru kebanggaan Kota Bogor. Potensi Bogor dapat dikembangkan sebagai kota batik, terlebih didukung dengan jarak yang sangat dekat dari Jakarta dan tingginya tingkat kunjungan wisatawan ke kota ini. Faktor tersebutlah yang menjadi daya saing Batik Bogor. Untuk itu, dirinya berkomitmen akan membantu kerajinan batik agar terus tumbuh, menggeliat, bahkan menjadi buah tangan khas Kota Bogor.
sumber: http://bogist.com
Meski belum sepopuler batik yang berasal dari Jogja atau Solo, Batik Bogor memiliki motif yang tak kalah dari segi kualitas, harga, dan keindahnya dengan batik-batik lainnya. Dengan menggunakan sistem pembelian batik online, Batik Bogor menerima pesanan dari seluruh Indonesia. Pemerintah Kota Bogor berharap Batik Bogor dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Sehingga dapat memperkuat batik sebagai khasanah budaya Indonesia yang turun-temurun.

Bangga berbatik, cinta Batik Indonesia!

Sumber:

http://bogist.com | Batik Bogor Tradisiku: Tak Sekadar Berbelanja Batik
http://en.wikipedia.org/wiki/Batik
http://www.republika.co.id | Ngintip Batik Bogor Khas Kota Hujan Yuk
http://www.batikbogortradisiku.com/ 

2 comments:

  1. Daerah Bogor sangat unik dan mempunyai nilai yang kuat dalam kerajinan tangan khususnya pengerjaan batik, saya suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak... setuju. Motif2nya unik. Semoga bisa lebih dikenal lagi :)

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)