Saturday, January 19, 2013

Mengenang A. Rafiq

Innalilahi Wa’innailaihi Roji’un... Dunia musik Indonesia kembali kehilangan salah satu penyanyi terbaiknya. Penyanyi dangdut era 70an, Ahmad Rafiq hari ini (19/1) telah tutup usia. Pedangdut yang terkenal dengan lagu Pandangan Pertama ini, sempat mendominasi panggung hiburan Indonesia bersama Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih di masanya. Ciri khas yang selalu melekat didirinya adalah kostum panggung yang mirip-mirip kostum Elvis Presley.


A. Rafiq, panggilan dekatnya, merupakan salah satu pendiri Persatuan Artis Musik Melayu-Dangdut Indonesia (PAMMI) dan memperjuangkan dangdut di Indonesia. Pria kelahiran Semarang, 5 Maret 1948, telah menelurkan lebih dari 20 album dengan lagu hitsnya, antara lain Pengalaman Pertama, Insyaflah, Karena Dia, Termenung, Kecewa, Pergi Tanpa Pesan, dan lainnya. Struktur lagunya sangat dipengaruhi musik India. Dengan suara tenornya, lagu-lagu A. Rafiq selalu mendapat tempat di hati penikmat musik dangdut.


Pria berdarah India-Pakistan ini sempat menjadi aktor dalam film yang berjudul Si Gondrong (1971), Pengalaman Pertama (1977), Pandangan Pertama (1978), dan Karena Dia (1979). Kesuksesan A. Rafiq dalam dunia akting, yang biasanya menyanyi, karena saat zaman kuliah, dia mengambil program studi Akting di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (sekarang IKJ). Juga menjadi sutradara dalam sinetron berjudul Si Miskin Bercinta.


Sebelum menjadi penyanyi TOP, A. Rafiq sempat tergabung dalam Orkes Melayu Sinar Kemala (era 60an) dan Kelompok Srimulat Surabaya. Lagu Pandangan Pertama, di arasement ulang oleh Alm. Chrisye (2002) dan duet Nirina Zubir bersama Slank dalam sountrack film Get Married (2007). Meninggalkan 3 anaknya, Fadila A Rafiq, Farhad A Rafiq, dan Fairuz A Rafiq, Alm. A. Rafiq tutup usia ke-64 tahun. Beliau wafat akibat penyakit diabetes dan jatung yang sudah lama dideritanya.

Selamat jalam A. Rafiq

Mari bernostalgia =)

5 comments:

  1. Innalillahi.. slmt jln om A. Rafiq. smg amal ibadahx diterima di sisi Allah SWT. serta karya"x akan terus dikenang. Amin :'(

    ReplyDelete
  2. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un..
    http://nuniekmiliantialmela.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. semoga di terima di sisinya dan karyanya yang terbaik tetap ada sampai nanti cucuku besar :)

    ReplyDelete
  4. Semoga amal and perbuatanya diterimah disis ƔαηҨ maha kuasa اَللّهُ SWT

    ReplyDelete
  5. Innalillahi wa-innailaihi Raaji'un...

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)