Monday, January 21, 2013

10 Hal Yang Membunuh Kreativitas Anda



Tidak ada lagi istilah, “Saya bukan orang kreatif.”

sumber: hongkiat.com
Otak kita terbagi ke dalam dua ruangan besar, yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri diidentikkan sebagai otak yang penuh logika, perhitungan, dan eksak. Otak kiri dianggap sebagai otak kaku. Sedangkan, otak kanan adalah tempatnya berpikir bebas, seni, dan kreativitas. Kreativitas itu sangat penting untuk setiap pekerjaan di planet mana pun. Mereka yang menggunakan kreativitas, memiliki sifat berani, melangkah, dan berpikir belakangan. Mereka menjadi orang-orang yang berani tanpa perhitungan. Namun agar mendapat hasil yang maksimal, otak kanan (kreativitas) harus digunakan bersamaan dengan otak kiri (logika).

Kreativitas adalah kemampuan yang dapat melancarkan, meluweskan, dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan. Berpikir kreatif adalah sebuah proses yang kadang sangat melelahkan. Meski tak jarang juga sebuah ide muncul secara “tiba-tiba”, melainkan karena sudah menjadi kebiasaan.

Dalam proses berpikir terdapat sejumlah hal yang harus dihindari, karena akan menghambat kreativitas. Seorang penulis Roger Von Oech dalam bukunya Creative Whack Pack menyebutkan terdapat 10 hal yang menjadi pembunuh kreativitas. Hindari 10 pembunuh ini, agar tetap kreatif:

1. “Saya tidak kreatif”
Ini adalah anggapan yang paling membunuh kreativitas Anda. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki tingkat kreativitasnya masing-masing. Mulai sekarang anggaplah, “Ya, saya kreatif.”

2. Jangan Bertindak Bodoh
Banyak orang yang takut tindakannya dianggap sebagai sebuah kebodohan, gila, atau tidak masuk akal. Padahal, itu hanyalah anggapannya saja. Sebuah hasil memerlukan sebuah proses terlebih dulu. Lagi pula kalau sebuah tindakan bodoh tapi menghasilkan, kenapa tidak?

3. Salah = Gagal
Kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Jangan pernah berpikir bahwa Anda salah, Anda gagal. Kalau mau kreatif, kita tidak boleh takut dan harus berani bertindak.

4. Berpikir Jelas
Cara berpikir jelas justru akan membunuh kreativitas kita. Contoh: “Ambilkan gelas berwarna putih.” Jelas? Sangat jelas. Bandingkan dengan perintah, “Ambilkan tempat minum yang akan membuat saya tenang.” Perintahnya tidak jelas, tapi menggugah kreativitas kita.

5. Jangan Main-main
Anggapan ini amat berbahaya.  Catat kata-kata Plato ini “Jalani hidup seperti permainan.” Bermain adalah salah satu media paling penting untuk orang kreatif.

6. “Itu bukan Bidangku”
Jangan pernah mengatakan hal ini, bila tidak mau dianggap lemah oleh orang lain. Kita semua punya kemampuan dan bakat yang luar biasa. Jangan anggap enteng kemampuan diri sendiri.

7. Bersikaplah Praktis
Berpikir dan bertindak praktis tidak akan membuat seseorang menjadi kreatif. Otak kita menjadi malas bekerja karena selalu mencari yang paling mudah. Orang kreatif selalu mencari cara yang berbeda dibanding orang lain. Proses pencarian cara berbeda, tentu butuh proses dan sama sekali tidak praktis.

8. “Itu tidak Masuk Akal”
Hindari penilaian terhadap suatu ide dengan mengatakan, “Itu tidak Masuk Akal”. Dulu, ketika Wright bersaudara punya ide untuk terbang, banyak orang mengatakan, “Tidak masuk akal.” Ternyata, ide Wright bersaudara menjadi salah satu ide tidak logis yang paling fenomenal pada abad ke-20. Sampai sekarang, pesawat terbang adalah alat transportasi paling unggul.

9. Jawab dengan Benar
Kita selalu dituntut untuk menjawab dengan benar. Hal itu membuat kita berpikir kaku dan tidak kreatif. Berpikir di luar kotak (out of the box).

10. Mengikuti Aturan
Orang kreatif tidak memerlukan aturan. Aturan hanya akan membelenggu kreativitas Anda. Orang kreatif selalu berusaha mencari cara agar bisa longgar dalam menjalankan aturan.

Itulah 10 hal yang Dapat Membunuh kreativitas Anda. Jangan biarkan kreativitas Anda redup maupun lenyap. Setiap pribadi memiliki kemampuan dan bakat masing-masing dalam berkreasi. Yakinlah bahwa Anda kreatif, terdapat daya cipta yang kuat dalam kadar yang berbeda-beda. Dengan keyakinan tersebut, setiap dari kita adalah manusia kreatif.

3 comments:

  1. mungkinkah harus slalu think out of the box?
    bagaimana sarannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus Kak. Karena kalo kita berpikir biasa2 saja, sesuai pakem yang ada, maka hasilnya juga akan biasa2 saja dan mungkin akan sama dengan ide2 yang sudah ada di luar sana.
      Saran saya, coba berpikir sedikit "nyeleneh", ide gila atau nakal, yang beda dari biasanya. Tidak perlu takut salah atau tidak diterima. Karena banyak mencoba, banyak belajar, nantinya jadi bisa deh.
      Yuks, bebaskan imajinasi kita sekarang!

      Delete
    2. terapi otak
      terapi gelombang otak
      kecerdasan daya ingat
      cara cepat cerdas

      Delete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)