Monday, October 15, 2012

Kali Oyo: Grand Canyon-nya Jogja

Kali Oyo, masih terletak di Wirawisata Goa Pindul dengan alamat Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DIY. Kali Oyo merupakan tempat lanjutan untuk wisatawan yang selesai menjelajahi Goa Pindul. Setelah naik ke darat, wisatawan akan dipertemukan dengan sawah-sawah warga sekitar yang masih sangat hijau. Hamparan hijau tersebut sangat sejuk dilihat mata. Dan, sungai-sungai yang mengaliri sawah sekitar sangat jernih hingga kita dapat melihat ikan-ikan berenang dengan bebas.
Doc. @donzniel
Dengan membawa sendiri ban yang kita pakai di Goa Pindul (nanti akan dipakai lagi di Kali Oyo), wisatawan akan berjalan menyusuri jalan setampak di area persawahan. Perjalanan cukup jauh, ditambah baju dan sepatu yang masih basah serta ban yang agak berat dan besar, membuat perjalanan sedikit melelahkan :D Jalanan menurun yang cukup terjal dan banyak bebatuan untuk menuju Kali Oyo, diharapkan para wisatawan untuk berhati2. Namun, semua lelah itu akan terbayar setelah kalian melihat Kali Oyo...
Menuruni tebing
Rombongan Menuju Kali Oyo
Perjalanan menghabiskan waktu kira2 15 menit dari Goa Pindul untuk sampai ke hulu Kali Oyo. Sesampainya di hulu, wisatawan sudah dapat merasakan air sungai yang adem dan jernih. Setelah posisi siap, di atas ban, pengunjung akan mulai ditarik lagi oleh pemandu untuk memulai perjalanan air di Kali Oyo :)
Doc. @donzniel
Nilkmati perjalanan Anda dibawah sejuknya udara kota Wonosari dan keindahan tebing-tebing yang ada di Kali Oyo. Sempatkan juga untuk mengambil sudut2 menarik untuk berfoto di sini dan berbincang-bincang dengan pemandu wisata untuk mengetahui lebih lengkap tentang tempat ini :) Di tengah perjalanan, wisatawan akan menemui air terjun yang tidak terlalu deras dan tumpahan air dari tebing. Di sini perjalanan akan berhenti sebentar. Wisatawan boleh berenang sendiri dan meninggalkan rombongan (tidak usah takut tenggelam, karena pake pelampung :) dan sungainya cukup dalam loh). Ada tempat untuk uji nyali juga sob... buat kalian yang merasa berani dan tertantang untuk terjun dari tebing dengan tinggi 10m dan 4m :D
Ketinggian 10 meter
Ketinggian 4 meter
Doc. @donzniel
Kalo kata wisatawan yang lain, Kali Oyo ini ga kalah loh sama Grand Canyon-nya Ciamis, Jawa Barat. Yang dah pernah ke sana, bisa menilai. Tapi kalo yang belum, selamat menikmati dinding tebing dan bebatuan sepanjang sungai ini yang beberapa mentesekan air :)
 
Doc. @donzniel
Di ujung sungai, wisatawan akan kembali naik ke darat. Di sana ada warung kecil yang dikelola tempat wisata ini. Pengunjung dapat membeli kopi, teh, mie gelas, atau camilan untuk menghangatkan badan sembari menuju jemputan (berupa mobil bak) untuk kembali ke tempat pertama. Bagi yang tidak membawa uang (karena barang dititipkan), ga usah khawatir, karena kita bisa bayar di tempat penitipan barangnya. Pedagangnya akan mencatat nama pemandu kita dan jumlah yang kita beli. Setelah naik mobil dan tiba ditempat pertama tiba, pengunjung bisa langsung beristirahat dan mandi di kamar mandi rumah warga yang telah disediakan. Have fun :)

1 comment:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)