Senin, 2 Januari gw ambil duit di ATM BC* Mal AEON
Tangerang. Gw ambil di Mesin Tarik/Setor Tunai sebanyak 15 lembar. Pas duit
keluar, gw cuman cek jumlahnya doang, langsung masukin dompet, dan buang struknya.
Setelah beberapa saat, pas gw mau keluarin duit, ternyata ada duit yang udah
robek-terbelah 2 yang diselotip. Selotipnya lumanya gede lagi. Dengan polosnya,
gw balik lagi ke mesin tersebut, dan masukin duit ‘cacat’ itu. Hasilnya bisa
ketebak, mesinnya nolak, gw nyoba mpe 2 kali lagi, hahaha. Uang yang gw ambil
itu 100.000, lumayan kan kalo diikhlaskan : (
Tanggal 4 nya gw ke BC* terdekat, cabang Gandaria, Jakarta
Selatan. Dah ternyata gw baru tahu… proses tuker duit ‘cacat’ atau rusak itu
ternyata ribet loh guys. Ga semudah yang gw bayangkan, gw kira tinggal tuker di
teller, selesai. Di sana gw dilempar-lempar,
dari ke CS, terus ke teller, balik lagi ke CS, dan berakhir di teller. Padahal
cuman duit 1 lembar doang loh, tapi kenapa ribet banget dah gw dibikin, kayak wracking ball T.T. Gw mulai emosi,
suasana di ruang teller mulai tegang. Ada satpam di sebelah gw. Bos si teller
turun tangan. Bosnya si bos teller juga sampe ke luar ruangan, melihat dari
kejauhan. Pihak bank mengatakan, untuk menukar duit rusak sekarang ini, harus
mengajukan proses dan tuker ke Bank Indonesia selama 14 hari. Tadinya gw
berharap ga perlu selama itu, tinggal tuker aja, apa susahnya. Tapi karena gw
ga mau panjang, gw iyakan untuk membuat surat permohonan ke BI dengan waktu
tunggu yang sudah ditentukan. Yang bikin suasana kacau adalah, pihak teller
yang (sepertinya) tidak bisa menulis surat permohonan ke BI. Si teller itu
berkali-kali salah, ada bosnya di sebelahnya, dan mengkoreksi terus si teller, “Salah
itu.” “Bukan begitu.” Si teller mulai panik, grogi. Entah karena ada bosnya,
diliatin orang seruangan, atau karena belum pernah buat surat seperti itu.
Akhirnya si teller itu menggambil selembar uang di mesin penghitung uang, dan
memberikannya ke gw. Dia bilang, “Ini saya ganti saja, ga apa apa. Saya yang tanggung.”
Satu ruangan diam. Masalah selesai.
Kesimpulan:
1. Sekarang ambil duit di ATM mesti dicek satu-satu. Ribet
banget emang, males, apa lagi kalo ambilnya banyak -_-
2. Memang nuker duit rusak itu sekarang di BI (walaupun
cuman selembar), dengan mengajukan surat permohonan melalui bank tempat kita
ambil duit. Prosesnya 14 hari (sudah ada yang ngalamin).
3. Surat permohonan harus menyertakan foto struk ATM. Kalo
perlu, duit rusaknya di foto, foto juga sama mesim ATM nya, hehe.
3. Melihat ribetnya proses nuker duit rusak, bukannya gw
berprasangka buruk, bisa jadi ada oknum bank sendiri yang memasukan duit rusak
itu ke mesin ATM. Karena ada beberapa kasus yang duitnya ada yang robek, atau
diselotip (seperti kasus gw).
4. Selalu mengecek kondisi duit yang kita terima.
==END==
No comments:
Post a Comment
Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)