Tuesday, September 6, 2016

PENGALAMAN INTERVIEW DI AR GROUP (SG) PTE LTD & BERGABUNG DENGAN GLOBAL INDONESIA VOICE-SINGAPORE

Gw melamar di  AR Group (SG) Pte Ltd untuk posisi Associate Publisher via Jobstreet.com pada tanggal 25 Mei 2016. Senin, 6 Juni 2016 gw dapat email dari HR AR Group Singapore untuk mengirimkan kembali cv gw. Rabu, 22 Juni 2016, gw kembali dapat email dari pengirim yang sama, bahwa gw masuk sebagai short list ke tahap selanjutnya.Dan di email tersebut sudah terlampir 1 file untuk tes gw, dengan subject "1605FAP01 Questionnaire".


Ada 3 soal yang diberikan dan gw harus mengirim jawabannya pada 26 Juni 2016. Soal nomor 1, "Provide minimally TWO brief anecdotes/stories that you think is interesting for the target readers. The stories can originate from any one of these three places: Bangka Belitung, Padang, Manado. Please attempt to answer as many questions (24 point) with brief and succinct answers (max 100 words for each answer)." Nomor 2, "Please briefly answer (Max 200 words) ALL of the following questions: economic/financial data relevant to Indonesia and Indonesia Stock Exchange." Dan terakhir, nomor 3, "Please compile all the latest news and information regarding the opening of Jakarta Airport’s Terminal 3 Ultimate."

AR Group adalah creative agency dan content developer dari Singapura. Beralamat di 10 Anson Road #26-04 International Plaza, Singapore 079903. Komitmen perusahaan ini menggunakan metode kreatif yang persuasif dan mudah diingat. Kenapa gw melamar di sini, pertama, job des-nya mirip-mirip dengan pekerjaan gw sebelumnya, dan kedua, sepertinya bakal enak kerja dari rumah. Yah, siapa tahu bisa bolak-balik ke Singapura juga :)

Tanggal 31 Juli 2016 (perjalanan yang cukup lama), gw dapat email balasan, kalo gw ga diterima, dan ditawari menjadi kontributor untuk Global Indonesia Voice Singapore. Ini websitenya: www.GIVnews.com. Gw pun menerima tawaran mereka. Walaupun hanya sebagai freelance, gw yakin di sini adalah kesempatan gw untuk mempelajari lebih dalam bisnis dan seni menulis.

Alur kerjanya, kita dapat menulis atau memberikan tema untuk GIV. Dalam menulis, mereka punya standar sendiri, salah satu panduannya dari The Bloomberg Ways dan tulisan harus dalam bahasa Inggris. Grammar harus benar dan no copy paste (pelanggaran berat). Setiap minggu, kontributor akan mendapat email GIV Editorial Desk, 5 tema untuk ditulis. Bayaran atau fee kontributor untuk satu tulisan yang dimuat adalah Rp. 50.000, dan satu tema yang diterima adalah Rp. 10.000.

Alasan kenapa gw ga diterima (menurut gw):
  1. Gw lemah dalam menulis artikel tentang bisnis, ekonomi, apalagi saham.
  2. Untuk soal nomor satu, gw menulis tentang Padang dan BaBel, tapi gw sengaja cari yang unik, yang jarang dibahas media.
  3. Bahasa Inggris gw belum fluent.

Pesan moralnya, setiap usaha pasti ada hasilnya. Nikmati setiap prosesnya. Hasil interview yang menghabiskan waktu 2 bulan berbuahkan gw dapat link terbaik untuk menambah ilmu dan latihan sekalian di bayar di dunia tulis-menulis.



=END=

No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)