Friday, January 4, 2013

Dadali Band: Penyanyi Indonesia dengan Viewer Terbanyak di Youtube

Youtube adalah sebuah situs yang menampilkan (view), memainkan (play), dan menyebarkan (share) sebuah video di seluruh dunia. Karena layanan ini gratis, banyak orang-orang yang dapat dengan mudah mengupload maupun mendownload sebuah video di Youtube. Youtube juga membentengi situsnya dari hal-hal negatif. Jadi jangan coba-coba deh cari video porno di sini, karena ga bakal ketemu :p Beberapa penyanyi maupun film sering melempar video terbarunya ke Youtbue (walaupun belum format asli), untuk melihat tanggapan penonton terlebih dahulu. Tak banyak juga orang-orang yang numpang eksis atau tenar dengan mengupload videonya di Youtube. Banyak yang gagal, tapi banyak juga yang berhasil dan menjadi terkenal betulan :D

Nab sob... ada yang tahu ga, viewer terbanyak penyanyi Indonesia di Youtube? Kalo dicari-cari bukan penyanyi terkenal, penyanyi dengan video unik, atau yang cuman numpang tenar. Mereka adalah sebuah band asal kota Bogor, yaitu Dadali. Band yang terdiri dari Dyrga sang vokalis, Fadel di bass, Rickarjd di gitar, Yuda di gitar, Oq di drum, dan Rix di keyboard. Band yang dalam bahasa Sunda ini berarti Burung Garuda, berdiri di bawah naungan Nagaswara. Terbentuk pada akhir 2009, Dadali mencoba mempromosikan single pertamanya yang berjudul "Disaat Aku Mencintaimu" via Youtube. Mereka pun tidak menyangka, dalam kurun waktu 6 bulan, lagu yang diunggah ke Youtube tersebut berhasil meraih 2,3 juta penonton. Prestasi yang membanggakan ini menghasilkan Penghargaan MURI untuk Band Dadali sebagai viewer terbanyak dan tersingkat di youtube di awal 2011.

Terhitung 2,5 tahun sejak kali pertama mengupload lagu "Disaat Aku Mencintaimu", Dadali mendapatkan lebih dari 18 juta viewer di Youtube. Dan angka tersebut masih terus bertambah beserta komen-komenya hingga hari ini loh :) Banyak yang mengatakan Dadali mengalami masa jayanya, karena saat itu lagu bernada Melayu sedang populer. Setelah tema lagu tersebut sudah turun, Dadali masih disaksikan oleh masyarakat Malaysia, yang memang selalu menyukai lagu Melayu. Walaupun Dadali sepertinya 'sudah tenggelam', tapi komen di Youtube selalu rame loh, komen antara yang suka atau yang ga suka. Yang penting, kita patut bangga karya anak bangsa bisa menembus viewer sebanyak itu. Serta mari kita selalu mengapresiasi karya-karya anak bangsa. Maju terus industri musik Indonesia :)

Ini video "Disaat Aku Mencintaimu" karya Dadali Band


No comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Jejak Anda Di sini... Terima kasih =)